Aplikasi Galuh Virtual, Inovasi Disbudpora Ciamis Angkat Potensi Budaya Tatar Galuh

Kepala Disbudpora Kabupaten Ciamis, Erwan. Foto: Fahmi Albartiansyah/HR.
Kepala Disbudpora Kabupaten Ciamis, Erwan. Foto: Fahmi Albartiansyah/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Aplikasi Galuh Virtual merupakan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Aplikasi tersebut sengaja dibuat untuk mengangkat potensi budaya yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Kami sudah membuat aplikasi bernama Galuh Virtual yang sekarang sedang disempurnakan. Nantinya masyarakat bisa mengakses apa saja yang menjadi cagar budaya di Kabupaten Ciamis,” kata Kepala Disbudpora Kabupaten Ciamis, Erwan, kepada HR Online, Rabu (01/07/2020).

Melalui aplikasi Galuh Virtual, pihaknya akan bekerjasama dengan beberapa provider wisata ketika ada wisawatan masuk ke Ciamis. Sehingga nantinya wisatawan akan mendapatkan notifikasi lewat SMS yang memberitahukan bahwa mereka telah sampai di daerah Tatar Galuh Ciamis.

“Dalam notifikasi itu akan ada sebuah link, jika diklik akan masuk ke dalam aplikasi tersebut. Jadi wisatawan juga masuk ke dalam konten itu dan bisa memilih tujuan mereka. Ketika diklik tempatnya akan diantar langsung oleh GPS ke lokasi yang dipilih,” terangnya.

Erwan juga menjelaskan, aplikasi Galuh Virtual ini bisa menjadi sebuah penunjang pariwisata daerah. Selain itu, juga bisa menjadi referensi pembelajaran anak.

Karena, aplikasi hasil inovasi Disbudpora Ciamis itu akan diisi pula konten-konten sejarah Kabupaten Ciamis. Sehingga bisa mengenalkan apa saja yang ada di Ciamis.

“Mungkin aplikasi ini bisa menjadi sebuah referensi pendidikan mengenai sejarah. Mudah-mudahan pembelajaran sejarah Galuh bisa tersampaikan,” harapnya.

Karena, imbuh Erwan, di dalam pelajarannya akan ada film animasi. Kalaupun mengajarkan ke anak akan lebih masuk dengan konten kekinian ini. (Fahmi/R3/HR-Online)

Loading...