Aplikasi Zoom untuk Laptop, Memperlancar WFH Selama Pandemi Corona

Aplikasi Zoom untuk Laptop
Aplikasi Zoom Untuk Laptop. Foto Istimewa

Aplikasi Zoom untuk laptop merupakan layanan komunikasi video dengan platform cloud yang cukup mudah dalam konferensi video atau audio.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk kolaborasi, obrolan, serta seminar pada seluruh perangkat seluler, dekstop, telepon, atau sistem ruang.

Sejak adanya pandemi virus Corona dan ditetapkannya program social distancing, semua kegiatan masyarakat dilakukan di rumah.

Terutama bagi para pekerja yang terkena dampak secara langsung. Para pekerja dilarang melakukan aktivitas di kantor dan harus work from home (WFH) massal yang dilakukan hampir di seluruh negara yang terinfeksi pandemi.

Oleh karena itu, untuk memfasilitasi kemudahan WFH tersebut, saat ini terdapat aplikasi perangkat lunak konferensi video yang salah satunya adalah Zoom.

Aplikasi Zoom Untuk Laptop Memperlancar WFH Selama Pandemi Corona

Meskipun bekerja dari rumah, akan tetapi tetap saja diperlukan adanya beberapa aktivitas kerja yang sama halnya seperti dilakukan di kantor, salah satunya adalah meeting.

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, semua karyawan dapat melakukan aktivitas meeting secara online dengan mudah.

Baca juga: Fitur di Aplikasi Zoom yang Memudahkan Pertemuan Online

Hal ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom pada laptop. Meeting online dengan aplikasi Zoom menjadi cukup populer saat ini.

Mengenal Aplikasi Zoom Untuk Laptop

Zoom adalah sebuah layanan konferensi video dengan berbasiskan cloud computing. Pada aplikasi ini mengizinkan anda untuk bertatap muka dengan orang lain secara virtual, baik dengan menggunakan panggilan video, suara, atau bahkan dengan menggunakan keduanya.

Hal menarik dengan menggunakan aplikasi ini adalah semua percakapan via Zoom dapat direkam yang dapat disaksikan dalam lain waktu. Keunggulan dari aplikasi Zoom diantaranya dapat menampung hingga 100 peserta dalam satu sesi.

Selain itu, adanya fitur sharing screen yang memungkinkan semua peserta untuk bisa saling melihat masing-masing ketika WFH.

Aplikasi Zoom menawarkan beberapa paket layanan bagi para penggunanya. Paket layanan tersebut diantaranya adalah layanan gratis serta layanan berbayar. Untuk layanan gratis memiliki durasi maksimal 40 menit dalam sekali sesi rapat.

Sedangkan untuk layanan berbayar, anda dapat memperoleh fitur yang lebih lengkap serta waktu yang tak terbatas. Caranya dengan mendaftar pada paket Zoom Pro atau Zoom Business.

Cara Mendownload Aplikasi Zoom Untuk Laptop

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menggunakan aplikasi Zoom pada laptop adalah dengan mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Dalam hal ini, anda dapat mengunduhnya langsung pada website Zoom. Anda perlu menunggu beberapa waktu hingga aplikasi Zoom telah selesai diunduh.

Langkah berikutnya, anda perlu melakukan instalasi yang juga memerlukan waktu yang tidak lama. Setelah berhasil diinstal, maka anda telah memiliki aplikasi Zoom pada laptop anda.

Hal Penting Dalam Menggunakan Aplikasi Zoom untuk Laptop

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam menggunakan aplikasi Zoom pada laptop anda antara lain:

Tidak Perlu Membuat Akun

Sama halnya dengan jenis aplikasi lain, anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu jika memang belum mempunyai akun.

Akan tetapi, dalam menggunakan aplikasi Zoom, sebenarnya anda tidak perlu membuat akun jika ingin bergabung ke dalam satu panggilan video.

Apabila anda bukan menjadi host meeting online tersebut, maka anda tinggal masuk ke dalam meeting melalui link yang telah diberikan. Kemudian anda dapat langsung bergabung ke dalam meeting online tersebut.

Baca juga: Cara Pakai Aplikasi Zoom, Alternatif Meeting Jarak Jauh

Akan tetapi, jika anda menjadi host tersebut, maka anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan memasukkan data diri yang berupa nama email dan password.

Selanjutnya anda dapat membuka email anda dari aplikasi Zoom untuk laptop tersebut guna mengaktifkan akun yang anda miliki. Setelah itu, anda dapat menjadi host meeting online yang akan diselenggarakan.

Siapkan Mic dan Kamera yang Layak

Hal penting berikutnya yang harus anda perhatikan dalam menggunakan aplikasi Zoom untuk laptop adalah memasukkan nama yang akan ditampilkan. Selain itu, anda dapat memasang foto profil anda dengan rapi.

Hal penting lain yang perlu anda perhatikan adalah dengan mempersiapkan mic sekaligus kamera yang layak agar suara serta visual dapat terdengar dan terlihat dengan jelas.

Pada aplikasi Zoom terdapat menu video dan suara yang dapat anda gunakan untuk mengecek kualitas kamera serta mic yang akan anda gunakan.

Aplikasi Zoom untuk laptop memiliki beragam fitur yang semakin mempermudah penggunaan aplikasi ini. Dengan adanya meeting online dengan aplikasi Zoom, dapat memperlancar pekerjaan kantor anda selama masa pandemi Corona. (R10/HR-Online)