Bangkitkan Sektor Wisata, Puluhan Bus Konvoi Ciamis-Pangandaran

Bangkitkan Sektor Wisata, Puluhan Bus Konvoi Ciamis-Pangandaran
Puluhan bus pariwisata se-Priangan Timur menggelar kegiatan konvoi dari Ciamis ke Pangandaran, Sabtu (11/7/2020).Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebagai upaya ikut membangkitkan sektor wisata, Ikatan Perusahaan Otobus Priangan Timur (IPOPTI), menggelar kegiatan konvoi ke Pangandaran dengan puluhan armada bus, Sabtu (11/7/2020).

Kegiatan konvoi tersebut sebagai salah satu bentuk sosialisasi pariwisata di wilayah Priatim, yang dilakukan 24 Perusahaan Otobus (PO).

Dari pantauan HR Online, armada bus dari Tasikmalaya datang ke Ciamis dijemput dengan Bus Gatrik, kemudian berkumpul di halaman Turis Infomasi Center (TIC) Ciamis.

Rombongan bus ini kemudian dilepas oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, menuju Pangandaran.

Yosep Purnama, Ketua IPOPTI Ciamis, menuturkan, kegiatan konvoi ke Pangandaran ini sebagai bentuk sosialisasi untuk membangkitkan kembali sektor wisata di Priatim.

Pasalnya, sudah 5 bulan lamanya, para pelaku wisata mengalami keterpurukan usaha, lantaran usahanya tidak berjalan terimbas Covid-19. Termasuk yang terdampak adalah perusahaan otobus.

“Ini sebagai upaya sosialisasi ke masyarakat, di era new normal ini aktiviatas wisata sudah bisa dilakukan lagi, dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Yosep.

Pihaknya mengaku, pelaku wisata terutama PO Bus selama pandemi hampir lumpuh. Karena PO bus mengandalkan sektor wisata dan tempat oleh-oleh yang terpaksa ditutup karena Covid-19.

Pihaknya berharap pariwisata di Priatim kembali berjalan, sehingga perekonomian bisa kembali bangkit.

“Banyak pengunjung objek wisata diantar bus pariwisata. Tempat oleh-oleh dan rumah makan juga jadi banyak pengunjung karena bus pariwisata,” jelasnya.

Tawarkan Diskon untuk Penumpang Bus Wisata

Selain melakukan konvoi, dalam rangka menarik penumpang wisata, PO Bus menerapkan beberapa strategi seperti diskon.

Selain itu, banyak pegusaha bus yang memodifikasi busnya agar bisa dipakai untuk membawa sepeda agar tetap bisa masuk bersama penumpangnya.

“Kita sasarannya masyarakat umum, bukan lagi studi tur, karena saat ini anak sekolah masih libur. Kedepan sektor wisata harus bangkit kembali, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Yosep.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyebut, kegiatan konvoi yang dilakukan PO Bus di Priatim ini, menjadi motivasi untuk membangkitkan sektor pariwisata di Ciamis.

Meski demikina, pihaknya mengimbau pelaku usaha agar tetap menerapkan protokol kesehatan, karena pandemi hingga saat ini belum berakhir.

“Pemkab Ciamis tentunya membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja yang akan berinvestasi di Ciami di sektor wisata. Ciamis sudah ada Badan Promosi Pariwisata daerah (BPPD), sehingga pengembangan dan promosi wisata akan terus dilakukan,” katanya. (Fahmi2/R8/HR Online)

Loading...