Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarBank di Kota Banjar Cegah Corona Menular Lewat Uang

Bank di Kota Banjar Cegah Corona Menular Lewat Uang

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Bank di Kota Banjar berusaha mencegah virus Corona menular lewat uang kertas maupun koin.

Uang merupakan salah satu media pembayaran yang sah, yang berpotensi menularkan virus Covid-19. Hal ini disadari oleh kebanyakan orang di Kota Banjar, khususnya di Kecamatan Langensari. Meskipun begitu, setiap orang tidak mungkin untuk tidak memegang uang setiap harinya.

Ati, salah seorang pengajar di sekolah swasta wilayah Desa Kujangsari mengatakan, ia tahu bahwa uang kertas tentu dapat menularkan virus dengan mudah dan cepat. Apalagi, virus Corona dapat bertahan di uang kertas selama berjam-jam. 

Sedangkan, lanjut Ati, jika orang melakukan transaksi, maka secara langsung akan memegang uang kertas maupun koin, dan secara otomatis virus akan berpindah melalui tangan. 

“Kan kalau pemilik uang habis bersin atau flu, lalu memberikan uang kepada orang lain akan nular,” katanya kepada HR Online saat ditanyai pendapat mengenai penyebaran virus Corona melalui uang kertas, Senin (27/7/2020). 

Hal serupa dikatakan oleh Siti Rohmah yang juga pengajar. Rohmah sapaan akrabnya mengatakan, ia mengetahui jika virus Corona akan mudah tersebar melalui uang. Namun, setiap orang pasti melakukan transaksi dengan uang.

“Kalau semua orang tidak melakukan transaksi uang kan tidak mungkin,” ungkapnya. 

Bank di Kota Banjar Berusaha Cegah Corona

Sementara itu, ditemui terpisah kepala BRI unit Mulyasari, Ihat Suguhatna mengungkapkan upaya Perbankan dalam mengatasi virus Corona yang sangat mudah tersebar melalui uang kertas maupun koin. 

Menurut kepala Bank di Kota Banjar ini, pihak Perbankan telah melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona lewat uang kertas maupun koin, yaitu dengan menyediakan tempat cuci tangan di depan kantor BRI unit Mulyasari.

“Jadi setiap nasabah yang akan memasuki bank, harus mencuci tangannya terlebih dahulu,” katanya.  

Sementara itu tidak hanya nasabah, kata ihat, pegawai bank juga memakai sarung tangan agar tidak memegang uang dengan tangan telanjang.

“Dengan begitu, sedikitnya akan mengurangi penyebaran virus Corona,” ungkapnya. 

Upaya lain yaitu dengan menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan. “Meskipun angka Covid masih tinggi, namun tidak mungkin untuk tidak bekerja apalagi memegang uang setiap harinya,” katanya. (Aisyah/R7/HR-Online)