Budidaya Ikan Sidat Ternyata Beromset Tinggi? Baca Ini Dulu!

budidaya ikan sidat
Ilustrasi budidaya ikan sidat. Foto: Istimewa

Usaha budidaya ikan sidat sering dianggap sebelah mata. Padahal bisnis ini memiliki keuntungan yang melimpah. Apalagi jika ditekuni dan dijalani dengan serius, maka usaha ini akan memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Ikan sidat bukan hanya populer di Indonesia, melainkan juga sudah mendunia. Ikan sejenis belut ini mempunyai ukuran yang lebih besar dan panjang. Meskipun memiliki bentuk yang aneh, faktanya dagingnya empuk dan lezat.

Untuk Anda yang tertarik, ada baiknya Anda mengetahui cara budidaya ikan sidat bagi pemula. Apalagi memulai budidaya ikan ini tidak terlalu rumit. Karena ikan yang satu ini lebih mudah dalam beradaptasi.

Yang menarik, kebutuhan pasar terhadap ikan sidat semakin meningkat. Permintaan oleh pembeli selalu ada setiap harinya. Dengan begitu usaha ini merupakan peluang bagus. Untuk itu usaha yang satu ini sangat layak untuk dicoba.

Cara Memulai Usaha Budidaya Ikan Sidat

Peluang usaha budidaya ikan sidat sangat terbuka luas. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk memulai ternak ikan yang satu ini berikut akan diulas lengkap bagaimana memulai dan menjalankan usaha ternak sidat dengan benar.

Pembuatan Kolam Ikan Sidat

Banyak orang yang ingin tahu bagaimana membangun kolam untuk ikan mirip ular ini. Ada tiga pilihan kolam ikan sidat yang bisa dipilih, yaitu kolam terpal, tanah, atau semen.

Namun untuk kolam budidaya ikan sidat yang paling direkomendasikan adalah kolam terpal karena kemudahan dalam pembuatannya. Apalagi modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Baca juga: Ingin Usaha Budidaya Ikan Patin? Ini Kunci Sukses Bisnisnya!

Sedangkan untuk ukuran dari kolam disesuaikan dengan jumlah dari ikannya. Semakin banyak ikannya, maka sudah seharusnya ukuran dari kolam tersebut lebih besar. Usahakan membuat kolam yang lebar agar lebih banyak ikan bisa dibudidayakan.

Pemilihan Bibit Ikan Sidat

Memilih bibit ikan sidat yang berkualitas sangat penting dalam usaha budidaya ikan sidat yang berhasil. Tentunya semua peternak ikan ingin mendapatkan keuntungan. Untuk itu sudah seharusnya dimulai dari memilih bibit yang berkualitas.

Pastikan Anda memilih bibit yang sehat, jangan ada cacat fisik. Seperti untuk ukurannya jangan terlalu kecil namun usahakan seragam. Selain itu pilih bibit ikan yang memang memiliki gerakan cepat.

Beberapa ciri di atas menandakan bahwa kondisi benih ikan baik. Harga bibit ikan sidat memang lebih mahal dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya. Namun ini sesuai dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Perawatan dan Pemberian Pakan Ikan Sidat

Hal penting dalam melakukan bisnis budidaya ikan sidat yaitu perawatan. Sangat penting untuk bisa melakukan perawatan dengan baik. Usahakan agar tidak ada sampah di kolam. Jika kolam sudah kotor dan berbau segera dibersihkan.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal Agar Cepat Panen

Pemberian pakan bisa dilakukan secara rutin setidaknya 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan sore. Pakan ikan sidat bisa menggunakan pelet khusus yang memiliki kandungan vitamin dan protein bagi pertumbuhan ikan.

Masa Panen Ikan Sidat

Untuk masa panen dari usaha budidaya ikan sidat ini berkisar 5 bulanan. Jika sebelumnya Anda menabur bibit yang berukuran 200 gram, maka dalam 5 bulan akan menghasilkan ikan dengan berat 500 gram.

Dengan berat tersebut sudah layak untuk dijual. Untuk harga jual ikan ini cenderung selalu naik. Apalagi kebutuhan pasar selalu meningkat setiap tahunnya. Jadi sangat menguntungkan jika usaha ini ditekuni dengan serius.

Menjalankan cara budidaya ikan sidat memang tidak mudah. Anda harus memperhatikan tahapan di atas dengan baik. Jika semuanya dilakukan dengan benar, diharapkan hasilnya memuaskan! Dijamin, keuntungannya melimpah! (R11/HR-Online)