Bupati Jeje Targetkan Rekrutmen CPNS Didominasi Warga Pangandaran

Bupati Jeje Targetkan Rekrutmen CPNS Didominasi Warga Pangandaran
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dalam sebuah kegiatan.Foto:Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berharap, rekrutmen CPNS yang akan datang mesti didominasi oleh warga Pangandaran.

Sebelumnya, rekrutment CPNS di Pangandaran didominasi warga luar daerah. Akibatnya, kesempatan putra daerah untuk berkompetisi agar lulus CPNS pun masih dinilai rendah.

Hal tersebut menjadi pertimbangan Jeje Wiradinata untuk melakukan terobosan agar warga asli Pangandaran berpeluang menjadi peserta CPNS hingga lulus menjadi PNS.

“Pangandaran beberapa kali mendapat kuota CPNS, yang lulus menjadi peserta hingga lulus jadi CPNS itu kebanyakan warga luar Pangandaran,” ujar Jeje Jumat (24/7/2020).

Menurut Jeje, tujuan pemekaran Kabupaten Pangandaran itu salah satunya bisa dinikmati oleh warga Pangandaran dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Variabel kesejahteraan salah satunya masyarakat harus berpenghasilan tetap atau menjadi pegawai baik itu menjadi PNS atau pegawai swasta,” katanya.

Kata dia, selama 4 tahun menjabat Bupati, Jeje banyak mengeluarkan kebijakan dan fokus terhadap pembangunan.

“Dasar atau pondasi menuju kesejahteraan sudah saya lakukan, dari mulai sarana pra sarana hingga infrastruktur terus kita bangun,” ungkap Jeje.

Lanjutnya, agar pola kebijakan yang sudah dilakukan berkesinambungan dengan arah kebijakan yang akan dilakukan, maka harus ada titik sambung.

“Titik sambung kebijakan yang harus menjadi perhatian kedepan adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas,” paparnya.

Alasan tersebut menjadi motivasi Jeje, agar kedepan rekrutmen CPNS di Pangandaran 80% diikuti putra daerah.

“Untuk teknis agar dominasi warga Pangandaran dalam kompetisi CPNS, Pemkab Pangandaran bakal menggelar bimbingan atau pelatihan tes CPNS gratis bagi warga Pangandaran,” jelasnya.

Gagasan tersebut juga kata dia, diharapkan bisa menjadi pemutus mata rantai Sarjana nganggur yang ada di Pangandaran. (Ceng2/R8/HR Online)

Loading...