Cara Jumper Aki Mobil dengan Langkah yang Tepat dan Aman

Cara Jumper Aki Mobil dengan Langkah yang Tepat dan Aman
Ilustrasi Cara Jumper Aki Mobil. Foto: Istimewa

Cara jumper aki mobil bisa menjadi solusi menghidupkan aki yang tekor. Terkadang kendaraan yang sering tidak terpakai justru dapat berakibat membuat aki mobil tekor. Hal ini dikarenakan mobil tidak sering dinyalakan.

Keadaan darurat saat aki mati bisa dilakukan dengan jumper. Proses jumper bisa dilakukan dengan memanfaatkan suplai arus listrik dari mobil lainnya yang hidup.

Sebaiknya gunakan kabel berkualitas bagus dengan bahan yang terbuat dari bahan yang cukup tebal. Sebab, arus listrik yang digunakan untuk memfungsikan dinamo tergolong cukup besar.

Saat kondisi aki mobil anda tekor gunakan tips untuk starter mobil dengan jumper. Anda bisa gunakan kabel jumper aki dan menggunakan mobil lain yang normal untuk membantu menyuplainya.

Mobil yang normal dapat membantu suplai listrik dengan jumper secara cepat. Proses jumper perlu menggunakan kabel khusus agar tidak beresiko konsleting. 

Cara Jumper Aki Mobil Sendiri di Rumah

Aki memiliki fungsi yang vital dalam sistem kelistrikan pada setiap kendaraan. Aki berguna untuk menyuplai daya listrik untuk komponen mobil lainnya.

Selain itu, aki juga berfungsi menyimpan daya listrik dan stabilisator tegangan. Aki yang bermasalah biasanya disebabkan karena mobil jarang dinyalakan. Sehingga lama-kelamaan aki menjadi rusak.

Baca Juga : Poles Kaca Mobil Bisa Atasi Baret dan Goresan dengan Cepat

Jika hal ini terjadi pada anda, bisa lakukan cara jumper aki mobil sendiri di rumah. Teknik ini biasa digunakan untuk mengakali agar aki mobil aktif kembali.

Sebaiknya anda yang ingin melakukan cara ini mengetahui betul urutan penggunaan dari proses awal. Jika tidak, maka justru dapat berakibat buruk. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam proses jumper aki mobil.

Pastikan Penyebabnya

Langkah awal yang bisa dilakukan saat aki mobil bermasalah yaitu ketahui penyebabnya. Jika masalah sudah anda temukan, baru gunakan cara jumper aki mobil.

Tanda aki mobil bermasalah yaitu tidak adanya koneksi remote mobil ke berbagai sistem. Misalnya sistem indikator dashboard lemah, koneksi remote ke sistem alarm, bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Siapkan Peralatan

Cara jumper aki mobil selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan peralatan. Ada beberapa peralatan yang perlu anda siapkan, diantaranya kabel jumper.

Baca Juga : Lampu Variasi Mobil, Tips dan Merk yang Berkualitas

Selain itu, siapkan juga mobil dengan kondisi aki bagus sebagai pendonor arus listrik. Selanjutnya gunakan kabel tersebut untuk menghubungkan aki mobil yang bagus dengan yang tekor.

Sebaiknya gunakan panjang jumper aki dua hingga empat meter. Kabel tersebut terdiri dari kutub negatif (warna hitam) dan positif (warna merah).

Dekatkan Kedua Mobil

Langkah selanjutnya setelah semua peralatan siap, bisa lakukan cara jumper aki mobil segera. Mobil dengan aki yang bermasalah sebaiknya diletakkan pada permukaan datar dengan posisi rem tangan aktif.

Selanjutnya letakkan mobil yang memiliki aki bagus dengan posisi berhadapan. Jarak antara bumper depan kurang lebih 30 cm sehingga bisa membuat anda bergerak lebih luas.

Selanjutnya buka kap mesin mobil. Jangan lupa pastikan rem tangan mobil sudah aktif dan transmisi keduanya pada posisi netral. Pada mobil manual posisi netral, sedangkan P untuk mobil otomatis.

Langkah berikutnya hubungkan jumper aki dan pastikan kedua katup bertemu pada sisi yang sama. Posisi negatif dengan negatif dan begitu juga bagian sisi positifnya.

Dalam cara jumper aki mobil ini, kabel jumper positif diletakkan pada bagian aki positif dan kabel jumper negatif ditempelkan pada kutub aki negatif mobil yang berfungsi.

Sementara kabel negatif lainnya dijepit pada bodi, sasis, atau bagian yang lain pada mobil aki tekor. Perlu diketahui agar lebih berhati-hati pada katup negatif, sebab sudah terisi dengan arus listrik.

Hidupkan Mesin

Jika langkah sebelumnya sudah dilakukan, kini giliran menghidupkan mobil yang memiliki aki aus. Hidupkan beberapa saat dengan sedikit injak pedal gas berada di atas 1000 rpm.

Nyalakan mobil dengan aki tekor, tunggu hingga mobil menyala. Jika mesin mobil aki tekor sudah hidup, lepaskan kabel jumper secara perlahan. Lakukan penyopotan dengan cara terbalik dari pemasangan jumper sebelumnya.

Saat mobil yang anda miliki sedang mengalami mati yang disebabkan aki tekor bisa gunakan cara jumper aki mobil. Hal ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan catatan mengetahui prosesnya. (R10/HR-Online)