Cara Memasang Tali Gas Motor, Lakukan dengan Langkah Berurutan

Cara Memasang Tali Gas Motor, Lakukan dengan Langkah Berurutan
Ilustrasi Cara memasang tali gaas motor. Foto: istimewa

Cara memasang tali gas motor bisa dilakukan sendiri di rumah. Bagi anda yang masih awam dalam dunia otomotif, pasti masih bingung akan komponen motor.

Namun, berbeda dengan pecinta dunia otomotif, pasti mengetahui apa saja komponen motor, bahkan mampu mengatasi kendala yang terjadi. Tali gas pada motor kerap terjadi putus sendiri dan tidak mengenal waktu maupun tempat.

Hal ini bisa terjadi pada anda kapan saja dan mungkin akan membuat bingung seketika. Apalagi jika tali gas putus di tempat terpencil dan jauh dari bengkel, pastinya akan membuat bingung dan panik.

Sehingga untuk memperoleh suku cadang atau penggantinya juga cukup sulit. Jika hal ini terjadi, perlu diketahui bagaimana cara memasang tali gas motor sendiri.

Setiap kendaraan sepeda motor memiliki cara sendiri dan pemasangan masing-masing yang berbeda. Ada yang cukup mengeluarkannya tanpa membuka body dan ada yang harus membuka bodi motor.

Cara Memasang Tali Gas Motor

Tali gas motor memiliki peranan yang penting dalam laju kendaraan. Jika kabel gas lebih enteng, maka gasnya pun akan lebih ringan dan mudah melaju. Jika gas pada motor anda terasa berat, bisa ganti sendiri.

Mungkin hal ini cukup mudah, namun sebaiknya anda pelajari dulu bagaimana cara memasang tali gas motor. Mengganti tali gas motor dengan yang baru cukup mudah, sebaiknya anda persiapkan bahan dan alat untuk menggantinya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Rantai Motor yang Benar dan Efisien

Lepas bodi motor bagian kiri dan tengah bodi. Jangan lupa angkat tangki motor juga. Langkah selanjutnya baru lepas tali gas dari panel gas bagian kanan.

Lepas tali gas pada bagian pompa bensin dan skep karbu, selanjutnya lepas kabel gas lama. Bisa dilihat jika putusnya kabel gas, biasanya putus pada bagian selongsongnya.

Jika sudah terlepas kabel sebelumnya, bisa langsung ganti dengan yang baru. Pasang gas baru skep karbu dan pompa bensin, jangan sampai lupa setelan seperti saat anda membongkarnya.

Pasang garis lurus sejajar dengan indikator. Pasang gas selongsong gas, kemudian kembalikan tangki dan stel gas dengan memutar baut setelannya.

Nyalakan mesin dan stel yang enak gasnya, baut tangki, jog, dan body samping. Cara pasang tali gas pada motor cukup mudah. Hanya saja, anda perlu memperhatikan pemasangan secara teliti dan benar.

Cara Memasang Tali Gas Spontan Motor

Pemakaian gas spontan pada motor cukup baik untuk digunakan saat drag-dragan. Sebab gas spontan mampu memperpendek tarikan gas sehingga mesin mampu berakselerasi pada putaran atas.

Jika anda ingin memasang gas spontan, sebaiknya ikuti langkah berikut ini. Sama seperti cara pasang tali gas motor biasanya, pasang gas spontan cukup mudah. Pertama, siapkan bahan dan alatnya.

Siapkan gas spontan dan kabelnya. Jangan lupa gunakan kunci dan obeng untuk melakukan bongkar dan pasang kabel gas. Sebelum lakukan pembongkaran, sebaiknya posisikan motor dalam keadaan standar tengah.

Copot dan lepas kabel gas dari panel gas bagian kanan. Lepas gas di pompa bensin, skep karbu, dan lepas kabel gas lama yang menghubungkan keduanya.

Selanjutnya anda bisa langsung pasang kabel gas yang baru dengan cara menghubungkan skep karbu dan grip selongsongan gas.

Jika terlalu panjang, sebaiknya anda potong dan lilitkan benang jahit di bagian ujung bagian yang dipotong. Cara memasang tali gas motor yang terakhir, setel gas yang pas dan uji coba untuk jalan. Selesai.

Cara Memotong Tali Gas Motor Kepanjangan

Tidak semua komponen pengganti sepeda motor pas dan sesuai. Terkadang masih ditemukan yang longgar, misalnya saja tali gas spontan. Sebenarnya tali gas spontan yang berukuran panjang bisa diakali dengan dipotong.

Baca Juga : Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Pada bagian pengait tali yang terpotong, sebaiknya lilit dengan benang saja. Namun, jangan lupa gunakan lem Korea agar tambah kuat.

Jika tidak, anda bisa gunakan solder dan timah. Kemudian tambahkan lem perekat agar semakin kuat. Jika biasanya tunner hanya dikaitkan dengan benang, akan tetapi hal tersebut akan mudah copot kembali.

Kegunaan lem Korea tersebut justru dapat membuat benang lama-kelamaan akan mengeras dan tambah kuat. Gunakan cara memasang tali gas motor sendiri dengan langkah yang tepat. (R10/HR-Online)