Cara Membersihkan Paru-paru dari Racun dengan Beragam Jenis Makanan

Cara membersihkan paru-paru dari racun. Foto: Ilustrasi/Net.
Cara membersihkan paru-paru dari racun. Foto: Ilustrasi/Net.

Cara membersihkan paru-paru dari racun bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Membersihkan paru-paru penting dilakukan, mengingat polusi udara yang dihirup manusia saat bernapas akan berdampak buruk pada paru-paru.

Apalagi bagi para perokok yang tidak bisa berhenti merokok, tentu kondisi paru-parunya akan semakin menderita.

Selama manfaat industri teknologi sangat terasa bagi kehidupan manusia. Di samping itu, industri juga punya dampak buruk bagi lingkungan. Seperti halnya polusi, pencemaran udara, asap kendaraan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, merawat paru-paru penting kita lakukan, salah satunya dengan cara memilih asupan makanan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beragam makanan yang dapat membantu mendetoksifikasi dan memperkuat paru-paru.

Cara Membersihkan Paru-paru dari Racun

Konsumsi Ikan Berlemak

Ikan yang mengandung tinggi lemak sangat baik untuk kesehatan paru-paru karena tingginya kandungan omega 3 di dalamnya.

Kandungan omega 3 yang tinggi sebagai asam lemak tak jenuh memiliki sifat anti karsiogenik, anti inflamasi, serta anti oksidatif.

Semua zat tersebut selain berfungsi untuk melindungi paru-paru, juga dapat menjaga kesehatannya.

Baca Juga : Gejala Paru-Paru Basah, Kenali Sebelum Terlambat

Apel

Cara membersihkan paru-paru dari racun yang berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi buah apel.

Tim di sebuah rumah sakit di London, mempelajari mengenai diet serta fungsi paru-paru terhadap 2.500 lebih pria berusia antara 45-49 tahun.

Tim tersebut menemukan paru-paru yang berfungsi baik erat kaitannya dengan asupan beta karton serta vitamin C dan E yang tinggi.

Buah Bit

Buah bit memiliki kandungan senyawa yang membuat fungsi paru-paru menjadi optimal, karena buah bit kaya akan nitrat.

Nitrat dapat membantu mengurangi tekanan darah, mengendurkan pembuluh darah, dan mengoptimalkan dalam penyerapan oksigen.

Selain itu, kandungan magnesium, vitamin C, kalium, serta antioksidan karotenoid sangat penting untuk menjaga kesehatan sekaligus membersihkan paru-paru.

Blueberry

Mengonsumsi buah blueberry juga menjadi salah satu cara membersihkan paru-paru dari racun. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya sangat tinggi.

Karena itulah blueberry dipercaya mampu memberantas kerusakan paru-paru akibat serangan radikal bebas.

Kacang-kacangan

Agar paru-paru bisa menyebarkan oksigen secara optimal, maka kadar hemoglobin sangat dibutuhkan. Untuk meningkatnya kadar hemoglobin di dalam darah, kacang-kacangan bisa menjadi solusinya.

Salah satunya kacang kenari yang mengandung asam lemak omega 3. Konsumsi kacang kenari setiap bisa membantu menyembuhkan penyakit asma, sekaligus mejaga kondisi pernapasan.

Kunyit

Cara membersihkan paru-paru dari racun yaitu rutin mengonsumsi kunyit. Karena, senyawa kurkumin di dalamnya menjadikan kunyit sebagai rempah-rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Senyawa jenis inilah yang sering membantu meredakan sakit peradangan di dalam saluran napas, hingga sesak dada akibat penyakit asma.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membersihkan paru-paru. Kadar allicin yang terkandung di dalamnya dapat melawan infeksi serta peradangan.

Selain itu, bawang putih juga efektif sebagai pereda gejala asma, sekaligus berpotensi untuk mengurangi risiko penyakit paru-paru.

Cabai Rawit

Cabai rawit juga menjadi salah satu cara membersihkan paru-paru dari racun. Cabai rawit merupakan rempah-rempah yang banyak disukai, terutama orang Indonesia.

Rasanya yang pedas akan memberikan kenikmatan pada makanan. Kandungan capsaicin di dalam cabai rawit dapat membantu tubuh untuk merangsang sekresi.

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menjaga selaput lendir yang ada pada saluran pernapasan, baik di bagian atas maupun bawah.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Radang Paru-Paru, Kenali Agar Bisa Dihindari

Brokoli

Selanjutnya ada brokoli. Sayuran jenis ini mengandung folat, vitamin C, fitokimia, dan karotenoid yang dapat mencegah teradinya kerusakan paru-paru.

Brokoli juga mempunyai senyawa aktif yang bernama L-sulforaphane. Kandungan ini bisa mengelabui sel yang mengaktifkan gen anti-inflamasi. Sehingga, sistem pernapasan pun menjadi sehat.

Air Putih

Cara membersihkan paru-paru dari racun sangat mudah, salah satunya dengan minum air putih. Sebab, penyebab paru-paru kering salah satunya akibat peradangan serta iritasi.

Dianjurkan minum air putih minimalnya 8 gelas setiap harinya untuk membersihkan paru-paru dari racun.

Teh Hijau

Selain air putih, teh hijau juga dapat menjadi minuman untuk membersihkan paru-paru karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Bahkan, teh hijau juga dapat menjaga jaringan paru-paru dari bahaya asap polusi, serta membersihkan segala peradangan pada paru-paru.

Namun, perlu diingat, semua makanan tersebut di atas tidak dianjurkan dijadikan pengganti obat-obatan medis dari dokter.

Jika Anda punya masalah paru-paru maupun sistem pernapasan, sebaiknya segera minta perawatan dokter.

Bagi perokok, sebaiknya berhenti merokok, karena percuma meskipun Anda mengonsumsi makanan tersebut kalau Anda tetap merokok. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...