Cara Membersihkan Rantai Motor yang Benar dan Efisien

Cara Membersihkan Rantai Motor yang Benar dan Efisien
Ilustrasi Cara Membersihkan Rantai Motor. Foto Istimewa

Cara membersihkan rantai motor yang efisien dan benar bisa dilakukan dengan beberapa cara. Rantai merupakan salah satu komponen penting dari motor.

Namun, ternyata membersihkan rantai motor tidak bisa sembarangan. Masih banyak orang yang melakukan hal ini dengan asal saja.

Sehingga rantai motor jadi cepat rusak hingga berkarat. Jika rantai rusak, menimbulkan suara berisik dan rasanya tidak nyaman saat dikendarai.

Kotoran yang ada pada rantai akan bergesekan dengan gear dan rantai sehingga menimbulkan efek getaran terhadap handling motor. Tidak hanya itu saja, rantai yang kotor juga mampu menurunkan daya tahan rantai.

Bisa saja terjadi, jika rantai tidak dibersihkan dengan benar, dapat berakibat putus atau aus. Oleh karena itu, gunakan cara membersihkan rantai yang benar.

Cara Membersihkan Rantai Motor

Komponen motor cukup banyak dan beragam. Setiap komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing. Semua komponen saling kesinambungan dari komponen besar hingga sekecil apapun.

Tidak terkecuali rantai pada motor. Rantai berfungsi menyalurkan tenaga dan putaran yang dihasilkan mesin ke ban.

Baca juga: Cara Mengganti Busi Motor dengan Benar dan Teliti

Pada jenis motor dengan persneleng manual, rantai membuat motor bisa bergerak. Agar komponen ini dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya berikan perawatan yang tepat.

Bersihkan rantai motor dengan efisien untuk membantu agar rantai dapat berfungsi dengan sempurna. Dibawah ini ada beberapa cara membersihkan rantai motor yang baik dan benar.

Siapkan Peralatan

Sebelum anda membersihkan rantai motor, sebaiknya persiapkan alat terlebih dahulu. Jika semua peralatan sudah disiapkan, anda akan lebih mudah saat mengoperasikannya.

Siapkan kuas untuk mengusap pembersih pada rantai. Pembersih rantai, wadah (mangkuk), bensin, pembersih piring, dan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela rantai. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan dan lakukan dengan baik.

Oleskan Bensin

Siapkan motor yang ingin dibersihkan rantainya di tempat yang luas. Lapisi bawah motor dengan kardus atau lap agar kotoran dari rantai tidak menempel di lantai.

Tuanglah bensin pada wadah tertentu dan oleskan pada rantai. Gunakan kuas untuk mengolesi semua permukaan rantai.

Baca juga: Cara Modif Motor Agar Kencang dan Keren dengan Biaya Murah

Bensin berfungsi merontokkan kotoran atau kerak yang mengeras di permukaan rantai. Lakukan dengan cepat agar bensin tidak menguap sebelum anda bersihkan rantai.

Bensin yang dioleskan hanya sebagai pelunak kotoran saja. Masih banyak cara membersihkan rantai motor hingga bersih.

Siapkan Larutan Air dan Pembersih Piring

Selanjutnya, setelah rantai diolesi bensin, siapkan air yang dicampur pembersih piring. Mengapa pembersih piring digunakan? Sebab pembersih piring dipercaya mampu mengangkat noda yang ada pada rantai.

Oleskan larutan tersebut pada rantai hingga bersih. Lakukan dengan berulang-ulang hingga rantai benar-benar bersih.

Gunakan sikat gigi atau kuas untuk membersihkan rantai dari noda membandel. Sikat gigi bisa gunakan untuk membersihkan sela-sela rantai yang sulit.

Tunggu Rantai Kering

Setelah anda melakukan beberapa cara membersihkan rantai motor, tunggu hingga kering. Pastikan rantai motor bersih dari debu dan kotoran membandel.

Diamkan motor selama beberapa jam agar rantai bisa kering dengan sempurna. Jika rantai dalam keadaan kotor, sebaiknya bersihkan kembali hingga kotoran hilang.

Semprotkan Chair Lube

Setelah rantai benar-benar kering, semprotkan cairan chair lube pada rantai. Cairan ini dapat mengangkat semua kotoran yang menempel pada rantai.

Selain itu, pelumas rantai juga bisa tersapu bersih sehingga rantai akan tetap kering. Anda bisa memilih chair lube motor segala merk.

Semprotkan Pelumas

Jika cara membersihkan rantai motor sudah selesai, gunakan semprot pelumas. Saat kotoran dan debu tidak lagi menempel, segera beri pelumas.

Pelumas ini bisa disemprotkan ke seluruh bagian rantai. Jangan biarkan pelumas tidak anda semprotkan dengan sempurna.

Tidak kalah dengan yang lain, rantai termasuk komponen vital. Jika rantai kotor atau bahkan aus, motor tidak nyaman saat digunakan. Apalagi jika terus-menerus dapat berakibat rantai aus hingga putus.

Sebaiknya rawat kendaraan anda dari partikel besar hingga kecil sekalipun. Salah satunya rantai motor yang memiliki peran vital pada kendaraan.

Rantai yang kotor dapat berakibat merusak performa kendaraan. Gunakan cara membersihkan rantai motor yang tepat dan efisien. Jika rantai bersih, anda akan nyaman saat berkendara.(R10/HR-Online)

Loading...