Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Cara Memilih Ban Motor yang Tepat Sesuai Kebutuhan Kendaraan
Ilustrasi Cara Memilih Ban Motor. Foto : Istimewa

Cara memilih ban motor terlihat sepele, hanya butuh pergi ke bengkel penjual ban dan dipasang. Namun, kenyataannya itu salah. Memilih ban motor berkualitas tidak segampang itu.

Jika anda memilih ban motor dengan asal, dapat berakibat boros dan berbahaya. Agar hal ini tidak terjadi pada anda, sebaiknya pilih ban motor yang berkualitas sesuai kebutuhan.

Jika jalan yang ada di daerah anda masih rusak, hindari pemilihan ban tipe soft compound. Sebab, jenis ini khusus dipakai di area beraspal. Jika anda salah memilihnya, akan berakibat pada kestabilan saat berkendara.

Sebenarnya hingga saat ini masih belum banyak orang yang memilih ban motor dengan teliti. Kebanyakan dari pemilik sepeda motor membeli ban dengan mudah tanpa memilih mengetahui ciri yang baik.

Padahal ban motor memiliki peranan yang sangat penting untuk bisa berjalan. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan pemilihan ban motor secara tepat.

Cara Memilih Ban Motor dengan Baik dan Benar

Ban motor adalah salah satu komponen kendaraan yang memiliki fungsi untuk berjalannya sebuah kendaraan. Karena fungsinya yang penting, maka dibutuhkan cara memilih ban yang baik dan benar.

Keselamatan berkendara juga bisa dipengaruhi dari performa ban motor itu sendiri. Meski memilih ban motor terlihat mudah, namun jika dilakukan tidak tepat berakibat buruk.

Tidak jarang pengendara motor yang mengalami kecelakaan saat melakukan pengereman. Bahkan kebanyakan orang mengalami kecelakaan dikarenakan kesalahan dalam pemilihan ban.

Ban motor yang tidak sesuai kebutuhan, memberikan tidak kenyamanan saat berkendara. Sebelum mengganti ban motor anda, alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa cara memilih ban motor untuk harian. Diantaranya:

Pilih Tipe ban Motor

Cara memilih pertama untuk ban yang benar yaitu sesuaikan dengan tipe untuk kendaraan anda. Pilih ban bertipe basah atau kering.

Kedua tipe ini memiliki fungsi yang baik, yaitu bisa digunakan untuk jalanan basah atau kering. Ciri-ciri yang dapat dilihat yaitu terdapat alur yang tidak banyak dengan traksis sangat bagus.

Bagi anda yang berada di daerah iklim tropis, jenis ban ini adalah pilihan yang tepat. Ketahui bagaimana cara membedakannya, bisa melihat dari spesifikasi ban. Akan terlihat pada kemasan ban dengan tulisan tipe wet, dry, atau wet dry.

Memilih ban basah memiliki daya cengkeraman cukup kuat ketika melalui jalanan penuh genangan air. Ban tersebut juga memiliki grip yang tinggi pada area kering.

Hindari pemilihan ban kering agar tidak mudah tergelincir saat pengereman dilakukan. Pastikan cermati cara memilih ban motor ini.

Pilih Ukuran

Pemilihan ukuran ban motor untuk kendaraan perlu diperhatikan. Ukuran ban bervariasi, tergantung dari pelek motor itu sendiri. Standar ukuran ban motor yaitu 70/90 dan 80/90 untuk jenis motor injeksi.

Sedangkan ukuran ban untuk motor matic 80/90 dan 90/90. Sesuaikan ukuran ban motor anda agar memudahkan anda saat berkendara.

Pemilihan ukuran ban yang sesuai mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Semua ukuran ban disesuaikan untuk kondisi motor tertentu. Hal ini berasal dari pabrik ban motor itu sendiri.

Pilih Ban dengan Permukaan Telapak Sedang

Perlu diketahui, cara memilih ban motor bisa dipengaruhi dari permukaan telapaknya. Ban dengan telapak kecil tidak mampu menyedot tenaga dan mesin.

Sebab, bidang yang melakukan pergeseran dengan permukaan jalan relatif sedikit. Sebenarnya jenis yang satu ini memiliki banyak manfaat.

Bahan bakar irit, motor lincah, namun ban seperti ini mudah tergelincir atau rentan pecah. Sebaiknya pilih ban motor dengan telapak berukuran sedang.

Jika anda kesulitan dalam memilih, bisa sesuaikan dengan mengikuti standar pabrik saja. Selain tidak boros, ban dengan permukaan sedang mampu memberikan kestabilan yang bagus dan aman.

Maka dari itu, pastikan anda tak menganggap sepele cara memilih ban motor yang satu ini. Pasalnya, demi kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

Koreksi Tahun Pembuatan

Cara memilih ban yang baik juga bisa dilihat dari tahun pembuatannya. Lihat pada kode ban yang tertera. Misal tertulis 1014, berarti minggu ke-10 tahun 14. Memperhatikan detail dari ban untuk motor mempengaruhi kualitas dan keawetannya.

Gunakan cara memilih ban motor berkualitas agar sesuai dengan keperluan anda. Jika ban motor dipilih dengan baik dan tepat, saat digunakan akan lebih nyaman dan aman. (R10/HR-Online)

Loading...