Cara Memperbaiki CDI Mati Sesuai Gejala yang Ditimbulkan

Cara Memperbaiki CDI Mati Sesuai Gejala yang Ditimbulkan
Ilustrasi Cara memperbaiki CDI mati. Foto: istimewa

Cara memperbaiki CDI mati bisa dilakukan sendiri dengan mengeceknya terlebih dulu. Bagi anda yang dekat dengan dunia otomotif, pasti sudah sering mendengar yang namanya CDI.

CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan komponen kelistrikan pada motor. CDI itu sendiri berfungsi mengatur waktu percikan api pada busi untuk melakukan proses pembakaran.

Pembakaran yang timbul akan membakar bahan bakar yang telah dipadatkan dengan piston. Bisa dikatakan bahwa CDI merupakan komponen penting yang ada pada motor.

Sehingga jika CDI mati, maka pengapian tidak akan terjadi sehingga tidak bisa untuk menghidupkan sepeda motor. Fungsinya yang penting membuat anda harus rajin-rajin cek kondisi CDI.

Sebenarnya CDI yang bermasalah bisa diketahui dari beberapa ciri-ciri yang akan ditimbulkan. Oleh karena itu, gunakan cara perbaiki CDI mati agar motor anda bisa kembali nyala.

Cara Memperbaiki CDI Mati Karena Terbakar

CDI (Capasitor Discharge Ignition) yang berfungsi pada pengapian motor tidak bisa disepelekan. Sebab, jika CDI mati, kendaraan anda juga tidak bisa berjalan.

Hal ini dikarenakan pengapian yang disalurkan pada bahan bakar tidak bisa dilakukan. Sesuai dengan namanya CDI mampu bekerja dengan menyimpan arus listrik dari generator yang lepas ke coil setelah memperoleh sinyal dari pulser.

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Gigi dengan Berbagai Posisi Jalan

Jika anda ingin mengetahui kondisi CDI, bisa gunakan voltmeter. Menggunakan alat ini, anda bisa mengetahui tegangan yang dimiliki komponen CDI pada sepeda motor.

Agar cara memperbaiki CDI mati bisa membuahkan hasil, alangkah baiknya jika mengenalinya secara detail. Gunakan valtometer untuk mengatasi CDI mati.

Setelah anda gunakan alat ini, sebaiknya lakukan kick starter untuk menghantar energi pada CDI. Bisa dilihat jika posisi voltase CDI berada di atas 200 volt, berarti masih aman.

Sedangkan jika voltase berada dibawah, berarti CDI dalam kondisi mati atau rusak. Setelah dilakukan pengecekan, barulah anda bisa simpulkan bagaimana cara yang bisa dilakukan pada CDI motor.

Jika CDI terbakar atau pengapian kecil, bisa diatasi dengan cara yang berbeda. Jika CDI mati terjadi pada anda, segera perbaiki dengan membongkar komponen CDI. Cara memperbaiki CDI mati diantaranya:

Ketahui Penyebabnya

Sebelum memperbaiki CDI yang mati, bisa lakukan pengecekan terlebih dulu. Jika motor yang anda kendarai mati mendadak, bisa diakibatkan komponen CDI terbakar.

Hal ini bisa disebabkan karena tegangan listrik yang tidak stabil. Hal ini juga bisa diakibatkan karena tegangan aki yang turun, sedangkan motor masih terus berjalan.

Selain itu, CDI yang terpasang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab motor mati mendadak sehingga keluar asap tebal. Hal ini juga bisa disebabkan karena posisi kabel dalam keadaan tak sama sehingga berakibat konsleting dan terbakar.

Memperbaiki CDI Mati Terbakar

Langkah selanjutnya setelah anda mengetahui apa penyebab CDI motor mati, barulah memperbaikinya. Saat CDI benar-benar terbakar, anda perlu melakukan perawatan dan pencegahan dari terjadinya kerusakan.

Baca Juga : Cara Membuat Knalpot Ngebas Halus dengan Tepat 

Jika anda merasa bingung, bisa minta bantuan pada ahli mekanik. Cara memperbaiki CDI mati cukup mudah asalkan anda sering melakukan perawatan dan pencegahan kerusakan secara rutin.

Jika CDI jelas terbakar, sebaiknya jangan dipaksakan, kecuali ahli mekanik yang melakukannya. Lakukan perawatan sederhana secara rutin dengan sering membersihkan busi.

Selain itu, cek secara rutin kabel kelistrikan yang memiliki tegangan tinggi agar tidak terjadi konsleting. Apabila CDI terbakar cukup serius, jangan sampai menyentuhnya bahkan memperbaikinya. Cara memperbaiki CDI mati dengan kondisi ini, paling tepat dengan segera membawanya ke bengkel.

Cara Mengatasi Pengapian Kecil

Faktor yang bisa timbul akibat busi yang kurang baik yaitu pengapian kecil. Kondisi seperti ini bisa disebabkan karena busi yang sudah aus sehingga berdampak pada kondisi CDI yang kurang maksimal.

Kondisi kabel tegangan tinggi pada busi yang kurang maksimal bisa berpengaruh pada nyala api yang dihasilkan. Sumber arus yang dihasilkan berasal dari baterai dan sistem pengapian.

Jika pengapian kecil, maka atasi dengan mengganti busi, baterai, dan part CDI yang harus ditangani ahlinya. Sebaiknya rawat dan cek CDI motor anda agar tidak berakibat buruk.

Gunakan cara memperbaiki CDI mati sesuai penyebabnya. Lakukan dengan pas agar CDI motor bisa berfungsi kembali. (R10/HR-Online)