Cara Mengendarai Motor Gigi dengan Berbagai Posisi Jalan

Cara Mengendarai Motor Gigi dengan Berbagai Posisi Jalan
Ilustrasi cara mengendarai motor gigi. Foto : istimewa

Cara mengendarai motor gigi tidak terlalu sulit meski bagi pemula. Motor manual akan lebih banyak menggunakan trik saat ingin mengendarainya. Apalagi bagi pemula yang belum pernah sama sekali mengendarai sepeda motor.

Sistem transmisi dengan gigi ini pasti akan membuat anda merasa bingung. Tidak seperti motor bebek atau matik, jenis kendaraan yang satu ini memerlukan wawasan yang cukup banyak.

Namun, bagi anda yang ingin belajar mengendarainya, tidak ada salahnya untuk mencoba. Cara mengendarai motor gigi perlu ketelitian yang cermat. Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap transmisi perpindahan gigi.

Mengendarai motor manual lebih sedikit menguntungkan bagi anda yang memakainya. Anda bisa ketahui dan rasakan saat koordinasi terjadi antara gas dan kopling.

Jika gas dan kopling dalam keadaan berkoordinasi, sebaiknya berikan sedikit pergerakan agar tidak mati. Anda perlu melakukan pelepasan buka tutup gas agar tidak berpengaruh pada  pengegasan listrik.

Gas dan kopling bisa terkontrol dengan catatan anda harus membuka dan menutup gas ketika pengoperan gigi. Sehingga memberikan kemungkinan besar pengendara akan melakukan penutupan gas saat terjadi pengereman.

Inilah mengapa penting belajar mengendarai motor gigi agar bisa mengetahui berapa kontrol gas yang tepat. Sehingga saat anda sudah bisa mengendarai motor bergigi, bisa juga mengaplikasikan pada motor matik.

Cara Mengendarai Motor Gigi

Tipe motor yang saat ini banyak diminati yaitu jenis skuter atau matik. Namun, sebaiknya belajar motor dimulai dari motor manual atau bergigi terlebih dahulu.

Biasanya orang yang sudah bisa mengendarai motor manual dipastikan mampu mengendarai motor matik. Sedangkan orang yang bisa mengendarai motor matik belum tentu bisa mengendarai motor manual.

Ada cara belajar motor gigi dengan mudah. Cara mengendarai motor gigi yang perlu diingat adalah cara pergantian persenelengnya. Saat ingin memasukkan gear gigi 1, dilakukan dengan menginjak tuas perseneleng depan.

Anda bisa menambah oper gigi lebih naik menjadi 2 dan seterusnya. Caranya injak tuas perseneleng belakang atau menaikkan perseneleng depan.

Saat pengoperan gigi bawah dari 4 ke 3 dan seterusnya juga dilakukan sebaliknya. Injak saja perseneleng depan ke arah bawah.

Berikut ini ada cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan motor gigi. Hal ini dimulai bagi anda yang belum pernah mengendarai motor bergigi sebelumnya.

Motor dalam Keadaan Berhenti

Saat pertama kali ingin mencoba cara mengendarai motor gigi, pasti anda gugup. Maka dari itu, cara ini dilakukan sejak awal motor belum berjalan. Motor dalam keadaan berhenti, sebaiknya nyalakan motor.

Jangan tergesa-gesa untuk mengegasnya. Lakukan pemasukan gigi 1 dan lakukan pengegasan secara perlahan. Jika gas sudah terasa mulus, tambahkan rentang gigi. Hindari penambahan gigi saat mesin menjerit atau pengegasan terlalu besar.

Motor dalam Keadaan Berjalan

Pindah gigi sebelum rentangnya habis. Misal gigi 2 memiliki rentang 20-40km/h, maka segera pindah pada gigi 3 sebelum habis. Hal ini juga bisa membuat bahan bakar kendaraan anda lebih irit.

Sebaiknya lakukan perpindahan gigi saat melepas gas. Cara ini memungkinkan perpindahan gigi yang mulus saat menaikkan gigi. Lakukan secara cepat pengoperan gigi saat pelepasan gas agar tidak menyentak.

Posisi Mengerem

Pengereman dalam cara mengendarai motor gigi bisa dilakukan dengan melepas gas, kemudian tekan pedal rem belakang. Lakukan pengereman dengan memadukan kedua rem, baik depan maupun belakang.

Namun, untuk pengereman mendadak, tekan rem belakang hingga kandas agar tidak terjadi motor jatuh atau ngebuang ke belakang. Saat motor sudah berhenti, turunkan gigi hingga posisi netral.

Posisi Belokan

Saat belajar mengendarai motor gigi pada belokan, harus lebih berhati-hati. Sebaiknya lepas gas rem perlahan, setelah berada di tikungan langsung gas kembali. Saat proses berlangsung, anda bisa menurunkan gigi bila perlu.

Posisi Jalan Menanjak

Berbeda dengan jalan menikung, saat berada di posisi tanjakan anda perlu tips yang tepat. Pada posisi tanjakan bisa gunakan kecepatan kira-kira 20 km/h dalam posisi gigi 2.

Sedangkan pada tanjakan curam, sebaiknya motor pada posisi gigi 1 dengan kecepatan 10-20 km/h. Jika dalam keadaan tanjakan panjang, gunakan gigi 3 hingga tanjakan habis dan lanjutkan masuk gigi 4. Cara mengendarai motor gigi sebenarnya mudah, namun perlu berhati-hati. (R10/HR-Online)

Loading...