Selasa, Mei 17, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Menggunakan Aplikasi Zoom, Permudah Video Conference

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom, Permudah Video Conference

Cara menggunakan aplikasi zoom untuk rapat online atau konferensi video jarak jauh tidak terlalu sulit. Di tengah pandemi Corona ini, pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bekerja atau melakukan kegiatan apapun dari rumah atau sering dikenal dengan Work From Home.

Salah satu aplikasi yang dapat mendukung produktivitas pada saat WFH khususnya dalam kegiatan rapat yang dilakukan secara online adalah aplikasi Zoom. Aplikasi Zoom Meeting telah menjadi pelopor hadirnya konferensi jarak jauh selama pandemi Corona yang melanda di seluruh dunia.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Selama Pandemi Corona

Istilah video conference saat ini cukup familiar di telinga masyarakat. Berbagai instansi yang saat ini harus melakukan kegiatan dari rumah, telah banyak yang menggunakan video conference.

Hal ini bertujuan untuk dapat tetap terhubung dengan rekan kerja atau anggota lain. Terdapat berbagai jenis media yang dapat digunakan untuk melaksanakan meeting atau video conference, salah satunya adalah aplikasi Zoom.

Aplikasi ini telah digunakan oleh beberapa perusahaan atau instansi untuk tetap dapat memonitor para karyawannya saat melakukan kegiatan WFH.

Pengertian Aplikasi Zoom

Sebelum kita membahas mengenai cara menggunakan aplikasi Zoom, sebaiknya kita ketahui lebih dulu mengenai pengertian dari aplikasi Zoom.

Zoom merupakan salah satu layanan konferensi video yang berbasis cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan anda untuk dapat bertemu dengan orang lain via virtual, baik dengan video call, suara, ataupun bahkan dengan memakai keduanya.

Baca juga: Aplikasi Zoom untuk Laptop, Memperlancar WFH Selama Pandemi Corona

Hal menarik dengan memanfaatkan aplikasi ini, anda dapat merekam kegiatan konferensi video tersebut yang dapat anda lihat lagi nantinya.

Mengetahui Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Cara menggunakan aplikasi ini tergolong cukup mudah. Hal ini dikarenakan aplikasi Zoom dapat digunakan melalui ponsel maupun pada komputer atau PC. Selain itu, aplikasi Zoom dapat anda gunakan secara gratis pada perangkat anda.

Berikut ini beberapa tips dalam menggunakan aplikasi Zoom untuk mendukung kegiatan WFH anda. Langkah pertama yang harus anda tempuh sebelum dapat menggunakan aplikasi Zoom adalah dengan mendownloadnya pada perangkat anda.

Untuk perangkat Windows, buka browser internet seperti Opera, Mozilla, Chrome dan lain sebagainya. Selanjutnya buka https://zoom.us/download dan pilih aplikasi Zoom sesuai dengan kebutuhan. Kemudian klik “download”.

Untuk dapat mendownload aplikasi Zoom pada perangkat Android anda, langkah yang harus anda lakukan adalah dengan membuka Playstore pada smartphone anda. Selanjutnya ketik “Zoom Cloud Meeting”.

Hal ini dapat diterapkan pada versi terbarunya 4.6 yang telah update mulai tanggal 2 Maret 2020. Kemudian klik “download” dan “instal”. Tunggu beberapa saat dan aplikasi Zoom dapat anda gunakan pada smartphone anda.

Cara menggunakan aplikasi Zoom selanjutnya, setelah berhasil terinstall, maka anda diharuskan untuk membuat akun dengan mendaftar menggunakan alamat email.

Masukkan nama depan dan belakang, selanjutnya pilih “I Agrre to the TOS”. Kemudian pilih Sign Up. Langkah berikutnya, anda dapat membuka email yang telah berhasil anda daftarkan untuk mengaktifkan akun anda.

Baca juga: Fitur di Aplikasi Zoom yang Memudahkan Pertemuan Online

Di sini anda dapat pilih “Activate Account” dan masukkan kata sandi yang anda gunakan. Lalu undang rekan kerja yang akan anda ajak dalam konferensi video dengan memasukkan alamat email mereka. Selanjutnya masukkan kode Captcha, pilih invite dan simpan URL rapat. Pilih “Start Meeting Now”.

Fitur Utama Aplikasi Zoom

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom untuk konferensi video jarak jauh, maka anda juga perlu mengetahui beberapa fitur penting yang terdapat dalam aplikasi ini. Beberapa fitur-fitur penting aplikasi Zoom antara lain:

Pertemuan Rapat One-On-One

Para host dapat melakukan pertemuan persatuan tanpa batas. Selain itu, anda juga dapat dengan mudah melakukan manage terhadap user yang akan bergabung pada konferensi meeting yang anda selenggarakan.

Konferensi Rapat Group Video

Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat mengundang 500 peserta pada rapat besar dengan membeli add-on. Sedangkan untuk paket gratis, memungkinkan anda untuk menyelenggarakan rapat hingga 40 menit dengan peserta 100 orang saja.

Fitur Recording Video Call

Dengan fitur ini, anda dapat melakukan recording atau merekam kegiatan video call. Hal ini sangat bermanfaat bagi para pengguna dimana nantinya video dapat diupload atau diedit sebelum dipublikasikan ke umum.

Aplikasi Zoom adalah aplikasi yang sangat bermanfaat saat adanya pandemi Corona saat ini. Dengan mengetahui cara menggunakan aplikasi Zoom, maka semakin mempermudah anda untuk berinteraksi langsung dengan rekan kerja tanpa harus bertemu satu sama lain. (R10/HR-Online)

- Advertisment -