Cara Pasang Relay Lampu Mobil dengan 2 Teknik Pilihan

Cara Pasang Relay Lampu Mobil dengan 2 Teknik Pilihan
Ilustrasi cara pasang relay lampu mobil. Foto: istimewa.

Cara pasang relay lampu mobil bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang dilakukan berbeda dengan pasang relay lampu pada motor.

Relay merupakan komponen elektronika berupa saklar atau switch elektrik yang mampu beroperasi dengan bantuan arus listrik. Relay tidak hanya digunakan pada rangkaian elektronika saja, namun saat ini juga digunakan pada otomotif.

Penggunaan komponen ini pada otomotif sebagai saklar, dimana berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu. Relay lampu mobil sering digunakan saat sedang mengeluh head lamp atau lampu utama yang telah redup.

Sehingga dengan adanya relay pada mobil, membuat lampu menjadi lebih terang. Selain itu, relay pada mobil juga berfungsi untuk komponen kelistrikan lainnya seperti klakson dan komponen yang lain.

Adanya relay, mampu menambah daya arus listrik dari saklar yang dialirkan ke berbagai komponen yang membutuhkan daya listrik. Secara jelas, cara pasang relay lampu mobil bisa dilakukan lebih mudah.

Namun, fungsi yang dihasilkan mampu memberikan arus yang cukup besar dengan pengendalian arus listrik kecil. Hal inilah mengapa sebagian besar orang menggunakan tambahan relay untuk kendaraannya.

Cara Pasang Relay Lampu Mobil

Jika dilihat dari fungsinya, relay mampu memperkuat adanya arus listrik pada kendaraan. Sehingga kelistrikan yang ada akan bertambah daya meski dengan sistem pengapian yang kecil.

Relay pada mobil memang banyak dipasang untuk saklar menghidupkan dan mematikan. Namun, meski memiliki fungsi yang cukup baik, tidak semua orang bisa untuk memasang relay pada kendaraan.

Bagi anda yang kurang tahu bagaimana cara pasang relay lampu mobil, berikut ini ada langkah yang bisa dilakukan. Cara pasang relay pada mobil memang tidak sama seperti memasang pada motor. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk pemasangan relay pada mobil, yaitu:

1. Membeli Satu Set Lampu Relay

Cara memasang lampu relay yang pertama memang cukup mudah. Hanya saja, budget yang harus dikeluarkan cukup banyak.

Pada bagian ini, anda hanya perlu membeli satu set lampu relay mobil yang banyak dijual oleh toko onderdil otomotif atau bengkel. Ada beberapa pilihan set realy yang ada di pasaran.

Baca Juga : Cara Jumper Aki Mobil dengan Langkah yang Tepat dan Aman

Diantaranya satu set relay dengan 2 relay, 3 relay, bahkan hingga 4 relay. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari jumlah relay yang ada.

Jadi, sebaiknya anda memilih jumlah relay yang pas untuk digunakan. Harganya berkisar antara 100-300 ribu.

Cara pasangnya hanya cukup menghubungkan socket lampu pada socket terminal positif dan negatif pada accu. Jika sudah benar-benar terpasang dengan benar, lampu relay siap untuk dinyalakan.

2. Membuat Relay Lampu Mobil Sendiri

Cara pasang relay lampu mobil yang kedua yaitu dengan cara membuat relay lampu mobil sendiri. Meski cukup rumit, namun biayanya tidak terlalu mahal. Anda cukup menyiapkan uang 100 ribu saja, itu pun tidak habis.

Bagi anda yang suka akan dunia otomotif, memilih cara yang satu ini mungkin lebih menyenangkan. Pertama, sebaiknya anda membeli soket dan relay yang akan digunakan, barulah bisa merangkainya.

Meski budget yang dikeluarkan cukup sedikit, sebaiknya anda tetap harus bisa merangkainya dengan skema yang benar. Saat pemasangan, hubungkan relay lampu mobil dengan sekring terlebih dulu.

Kemudian lanjutkan menyambungnya pada ground mobil. Selain itu, anda juga harus menghubungkan kabel relay dengan saklar agar lampu mobil bisa menyala dengan terang.

Cara pasang relay lampu tambahan, sesuaikan dengan kodenya. Kode 30 untuk kabel positif accu sebaiknya beri tambahan sekring terlebih dulu. Kode 86 untuk kabel ground/massa/body mobil.

Kode 85 digunakan untuk kabel dari saklar lampu. Sedangkan kode 87 untuk kabel yang menuju pada lampu mobil (kabel keluaran).

Perhatikan dengan lebih teliti saat pemasangan relay dengan cara merangkai sendiri. Pastikan kode dengan pemasangan relay benar.

Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin Hanya Dikarenakan Tak Rutin Dalam Merawatnya

Keuntungan menggunakan relay lampu pada mobil, mampu membuatnya lebih awet. Sebab, arus yang melewati saklar lampu tidak lagi berlangsung karena melalui relay lampu.

Selain itu, menggunakan relay lampu mobil juga tidak memerlukan perawatan yang mahal. Menggunakan tambahan relay lampu pada mobil membuat lampu lebih menyala terang.

Hal ini dikarenakan arus yang mengalir pada lampu lebih cepat dan besar. Itulah mengapa cara pasang relay lampu mobil banyak dilirik para pemilik mobil. (R10/HR-Online)