Cara Tracking Telkom 4 dan Palapa D dengan Mudah

Cara Tracking Telkom 4
Ilustrasi Cara Tracking Telkom 4 . Foto : net/ist

Untuk orang awam cara tracking Telkom 4 di parabola besar sangat dibutuhkan. Berbeda halnya dengan para teknisi parabola, yang sudah tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari satelit Telkom 4.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari satelit dengan nama lain “Merah Putih”. Jika salah dalam mencari atau memutar parabola, akan berakibat fatal seperti sinyal yang hilang.

Pasalnya, untuk parabola ini posisi atau arah harus benar-benar pas. Geser sedikit saja, pasti ada channel televisi yang sinyal tidak terlalu besar atau panteng akan hilang.

Baca Juga : Transponder Terbaru Telkom 4 Semua Channel, Ini Daftarnya

Oleh karena itu, bagi orang awam sangat dibutuhkan cara untuk mencari satelit Telkom 4 dengan baik, sehingga bisa menghasilkan sinyal besar.

Cara Tracking Telkom 4 yang Benar

Satelit Merah Putih ini adalah sebagai pengganti dari Telkom 1 yang sudah pensiun. Telkom 4 sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 lalu.

Sebelum Telkom 4 mengorbit, sebagai pengganti sementara dari Telkom 1 adalah Telkom 3S. Untuk arah atau posisi orbit geostasioner antara Telkom 1 dan 3S tentu berbeda.

Telkom 3S berada di orbit 118 °E, sedangkan Telkom 1 dan 4 menempati posisi pada orbit 108.0 °E (Bujur Timur).

Tugas dari satelit Telkom 3 sendiri sebenarnya bukan untuk keperluan siaran TV satelit. Namun, karena satelit Merah Putih belum meluncur, maka sementara channel televisi yang tadinya di Telkom 1 pindah ke Telkom 3S.

Karena berbeda orbit geostasioner, maka untuk mendapatkan siaran televisi di Telkom 3S arah parabola harus diubah.

Baca Juga : Channel Terbaru Telkom 4, Baik Siaran TV Gratisan Maupun Berbayar

Setelah Telkom 4 mengorbit, maka yang tadinya di satelit Telkom 3S harus diubah arahnya kembali. Untuk mengubah arah tersebut diperlukan cara tracking Telkom 4.

Tidak semua orang bisa mengembalikan kembali posisi ke Telkom 4 dari Telkom 3S. Selain itu, jika salah arah atau posisi tidak benar, maka berpengaruh juga terhadap channel lain termasuk di Palapa D.

Saat ini, Telkom 4 sudah beroperasi penuh. Bahkan, yang tadinya slot di satelit Merah Putih kosong, kini terisi penuh.

Hal itu disebabkan karena dikabarkan satelit Palapa D sebentar lagi tidak akan beroperasi kembali. Sedangkan, pengganti dari Palapa D yakni Nusantara Dua gagal mengorbit.

Untuk itu, hampir semua channel yang ada di Palapa D migrasi ke satelit Telkom 4. Seperti Indosiar, SCTV, TVRI, Kompas TV, TVOne dan lain sebagainya.

Cara Tracking Telkom 4 Menggunakan Positioner

Positioner sendiri biasanya dipasang pada parabola yang fungsinya untuk menggerakkan arah secara otomatis. Dengan adanya alat tersebut, sangat memudahkan pengguna parabola.

Ada beberapa langkah untuk meng-lock atau mengunci channel yang ada di satelit Telkom, jika menggunakan positioner.

Langkah pertama yaitu, menambahkan transponder atau frekuensi yang ada di Telkom 4 ke receiver parabola. Seperti transponder Trans 7 yakni 3720 H 32727 atau 3875 H 6000.

Baca Juga : Frekuensi TVRI Terbaru di Satelit Palapa D dan Telkom 4 Parabola

Sebelum merubah arah, frekuensi transponder dan symbol rate serta polarity Trans 7 tersebut dimasukkan ke receiver parabola.

Setelah itu, langkah cara tracking Telkom 4 dengan menggunakan positioner selanjutnya adalah, untuk mengubah atau menggerakkan parabola, gunakan remote actuator.

Gerakkan secara perlahan-lahan sambil melihat layar televisi sampai signal quality yang didapat sangat besar.

Langkah terakhir jika sinyal sudah didapat, maka lakukan blind scan atau “pencarian buta” pada receiver, sehingga semua channel yang ada di Telkom 4 bisa didapat.

Cara Manual

Biasanya, pada parabola terdapat dua LNB, yaitu satu untuk satelit Palapa dan satunya lagi Telkom. Namun pada saar Telkom 1 tidak berfungsi dan digantikan Telkom 3S, maka arah parabola atau bisa juga settingan receiver diubah.

Untuk cara tracking Telkom 4 yang digabungkan dengan Palapa D dan asli arahnya di Telkom 3S, maka Anda hanya tinggal mengubah posisi dari parabola itu.

Sebab, jarak antara LNB antara Telkom 3S dengan Palapa D, itu hampir sama 5 derajat dengan jarak antara Telkom 4 dengan Palapa D.

Jadi, bagi yang sudah pernah tracking Telkom 3S-Palapa D dengan mengubah arah tiang fokus yang bentuknya seperti cangkul, maka tinggal membalikkan tiang tersebut.

Caranya, memutar tiang fokus tersebut sampai 180 derajat, seperti posisi Telkom 1-Palapa D. Namun dengan catatan, settingan pada receiver parabola tidak diubah.

Seperti satelit Telkom 3S yang berada di Port 1/LNB 1, untuk yang 22KHz tetap ON. Sedangkan untuk pengaturan Palapa D pada Port 2/LNB 2, untuk 22KHz tetap OFF.

Cara tracking Telkom 4 lainnya yakni dengan tidak memutar LNB atau tiang cangkul. Cuma, yang diubah adalah pada pengaturan di receiver, untuk kembali settingan awal.

Jika sebelumnya pada Telkom 3S di Port 1/LNB 1 untuk 22KHz tetap ON, serta Palapa D pada Port 2/LNB 2 untuk 22KHz OFF, maka harus diubah.

Caranya, diubah sebaliknya, jadi yang Palapa D menjadi Port 1 dengan 22KHz ON, serta satelit Telkom 4 Port 2 menjadi OFF.

Setelah mengubah pengaturan pada receiver, maka langkah selanjutnya adalah menggerakkan atau menggeser arah dari parabola tersebut.

Saat menggerakkan arah parabola lakukan dengan perlahan-lahan, sambil memantau intensitas sinyal di layar televisi.

Apabila channel yang sebagai acuan sudah terkunci, maka lakukan blind scan untuk mendapatkan semua channel baik di Palapa D atau Telkom 4.

Dengan panduan cara tracking Telkom 4 di atas, maka untuk Anda yang masih awam bisa mencoba atau mempraktekkannya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...