Warga Kawali Ciamis Antisipasi Kekurangan Pasokan Air untuk Sawah dan Kolam

Mengantisipasi kekurangan pasokan air untuk areal pesawahan dan kolam, Warga Dusun Indrayasa, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, gotong-royong memperbaiki saluran irigasi. Foto: Edji Darsono/HR.
Mengantisipasi kekurangan pasokan air untuk areal pesawahan dan kolam, Warga Dusun Indrayasa, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, gotong-royong memperbaiki saluran irigasi. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Mengantisipasi kekurangan pasokan air untuk areal pesawahan dan kolam dilakukan warga menjelang musim kemarau. Seperti halanya warga di Dusun Indrayasa, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, yang bergotong-royong memperbaiki saluran irigasi.

Salah seorang warga setempat, Ending, saat ditemui HR Online di lokasi tersebut, mengatakan, perbaikan saluran irigasi Citekak ini meliputi pelebaran saluran, dan pengerukan tanah yang menghambat jalannya aliran air.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias dalam kegiatan gotong-royong mengantisipasi kekurangan pasokan air dengan cara memperbaiki saluran irigasi. Mengingat sangat pentingnya kebutuhan pasokan air untuk mengairi tanaman padi mau pun kolam ikan,” tuturnya, Selasa (28/07/2020).

Menurutnya, gotong-royong dalam perbaikan saluran irigasi sangat diperlukan, karena hasilnya nanti akan dirasakan pula oleh warga maupun para petani.

“Dengan bergotong-royong, selain pekerjaan bisa cepat terselesaikan, masalah kekurangan pasokan air teratasi, dan silaturahmi antar warga maupun petani dapat terbangun” kata Ending.

Sementara itu, Andri, PPL di wilayah setempat, menambahkan, pihaknya selalu turun tangan  membantu wilayah binaannya di bidang pertanian. Salah satunya membantu pembenahan saluran irigasi yang berfungsi untuk mengairi sawah dan kolam.

“Saluran irigasi yang macet, tumpukan sampah, saluran yang menyempit, dan mengeruk tanah yang dianggap menghambat arus air, semuanya diperbaiki. Mudah-mudahan saja upaya antisipasi kekurangan pasokan air dengan cara perbaikan saluran irigasi Citekak ini, pasokan air menjadi normal dan lancar,” imbuhnya. (Dji/R3/HR-Online)