Dalam Sehari, 5 Gempa Bumi Terjadi di Indonesia

Dalam Sehari, 5 Gempa Bumi Terjadi di Indonesia
Lima gempa bumi guncang Indonesia dalam sehari. Foto:Ilustrasi/Net

Gempa bumi di Indonesia terjadi lima kali dalam sehari. Sejak Selasa (7/7/2020) pagi gempa mengguncang pulau Jawa dan sekitarnya.

Sementara dua gempa lainnya terjadi di Enggano, Bengkulu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Namun kita patut bersyukur, gempa bumi ini tak satupun berpotensi tsunami.

Nah berikut ini catatan gempa bumi yang terjadi hari ini, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG:

Lima Gempa Bumi di Indonesia Hari Ini

1. Gempa di Donggala

Gempa bumi di Indonesia hari ini yang pertama terjadi di wilayah Donggala, Sulawesi Tengah pada pukul 03.31.58 WIB. Gempa tersebut berkekuatan 4 Skala Richter terjadi di 0.59 LS – 119.86 BT dengan kedalaman 4 Km.

Pusat gempa tersebut berada di darat, 7 km arah Timur Toaya, Donggala, Sulteng. Gempa tersebut dirasakan dalam skala III (MMI) di Donggala dan Palu.

Getaran gempa tersebut terasa nyata dalam rumah dan dan bergetar seperti ada ada truk yang lewat.

2. Gempa di Jepara

Gempa bumi kedua yang terjadi di Indonesia berada di Jepara. Gempa mengguncang Jepara sekitar pada pukul 05.54.44 WIB.

Gempa berkekuatan 6,1 skala richter itu sampai menggoyang sebagian besar pulau Jawa. Gempa berpusat di 6.12 LS – 110.55 BT atau berada di 53 km barat laut Jepara, Jateng.

Gempa tersebut berada di kedalaman 578 Km. Meski berpusat disebelah utara Jawa, namun gempa tersebut dirasakan sampai luar pulau Jawa, ykni Bali, Mataram dan Lampung.

Gempa bumi di Jepara ini merupakan yang paling besar getarannya dari lima gempa yang terjadi di Indonesia.

Di wilayah Yogyakarta, Mataram (Lombok), Purworejo, dan Kuta, gempa dirasakan dengan skala MMI III. Artinya getaran gempa tersebut terasa nyata dalam rumah dan dan bergetar seperti ada ada truk yang lewat.

Sementara di Denpasar, Bali, Malingping (Lebak), Kebumen dan Sumur, Banten, gempa dirasakan dalam skala II-III. Skala II ini artinya, gempa dirasakan beberapa orang, dan benda-benda ringan yang menggantung ikut bergoyang.

Gempa Jepara juga diraskan di Banjarnegara, Boyolali, Krui (Lampung), Pesisir Barat (Lampung), Cilacap, Pangandaran, Tanggamus (Lampung), Pekalongan dan Gianyar, dirasakan dalam skala II.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa Jepara bisa dirasakan di berbagai wilayah karena hiposenternya dalam sekali, sehingga guncangannya sangat luas sekali.

3. Gempa Bumi di Banten

Gempa bumi di Indonesia yang terjadi hari ini juga mengguncang Banten tepatnya pukul 11.44.14 WIB. Gempa Banten ini, berkekuatan 5,4 SR terjadi di 6.69 LS – 106.14 BT.

Pusat gempa sendiri berada di darat  sekitar 18 km Barat Daya Rangkas Bitung, Banten dengan kedalaman 82 Km.

Gempa ini dirasakan juga sampai ke beberapa wilayah di Jawa Barat, dan Lampung. Di Lebak, gempa bumi ini terasa dalam skala III-IV. Skala III ini artinya getaran gempa tersebut terasa nyata dalam rumah dan dan bergetar seperti ada ada truk yang lewat.

Sementara skala IV (MMI) ini artinya, gempa dirasakan oleh banyak orang baik didalam ataupun diluar rumah. Bahkan akibat skala IV (MMI) ini, gerabah bisa pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding ikut berbunyi.

Di tempat lainnya, seperti Rangkasbitung, Bayah, Cihara, Pandeglang, Cibeber, Banjarsari, Malingping, dan Sukabumi, gempa terasa dalam skala III (MMI).

Sementara itu, di Jakarta, Depok juga Bandung, gempa dirasakan dalam skala II-III. Skala II ini artinya, gempa dirasakan orang-orang, serta benda-benda ringan yang bergantung ikut bergoyang.

Sementara itu gempa Banten ini dirasakan dalam skala III di wilayah Tangerang Selatan dan Bakaheuni.

4. Gempa Bumi di Pangandaran

Lima gempa bumi yang terjadi di Indonesia hari ini juga terjadi dari wilayah Jawa Barat selatan, yakni Pangandaran. Gempa mengguncang wilayah ini pukul 12.17.52 WIB.

Gempa di Pangandaran, Jawa Barat cukup besar berkuatan 5 SR. Gempa Pangandaran berada di 9.42 LS – 107.27 BT 5.0 dengan kedalaman 10 Km. Untuk pusat gempa ada di laut atau 234 km Barat Daya Pangandaran.

5. Gempa di Enggano

Tak sampai disitu saja, gempa bumi juga terjadi di wilayah Enggano, Bengkulu, dengan kekuatan 5.2 SR. Gempa terjadi sekitar pukul 13.16.22 WIB.

Gempa dengan kedalaman 10 km ini terjadi di 7.47 LS – 103.02 BT. Sementara pusat gempa berada di Laut 250 km Tenggara Enggano, Bengkulu. Gempa Enggano ini dirasakan dalam skala I-II di Tanggamus, Provinsi Lampung.

Itulah 5 gempa bumi yang terjadi di Indonesia selama  satu hari ini. Tetap waspada dengan ancaman gempa ya sobat! (R8/HR Online)

Loading...