Dapur Kecil Tapi Rapi, Begini Siasat Jitu untuk Menatanya

Dapur Kecil Tapi Rapi, Begini Siasat Jitu untuk Menatanya
Contoh dapur kecil tapi rapi. Foto Istimewa

Dapur kecil tapi rapi menjadi sebuah hal yang diidam-idamkan bagi pemilik hunian minimalis. Namun masalah yang sering muncul adalah bagaimana cara menata dapur kecil tersebut.

Berbagai peralatan memasak yang jumlahnya tidak sedikit. Hal ini tentu memberikan dampak terhadap penampilan dapur yang kurang rapi bila penataannya tidak tepat.

Nyatanya banyak ibu rumah tangga yang mengeluh atas keterbatasan dapur. Baik dari segi ruang maupun fungsi dapur tersebut.

Kesalahan ini memang umum terjadi. Sebab desain dapur kecil memang jarang mengedepankan kebutuhan pengguna dapur secara total.

Baca Juga: Desain Dapur Sederhana Unik dan Murah Bisa Jadi Impian

Cara Menciptakan Ruang Dapur Kecil Tapi Rapi

Bila anda menggunakan jasa desainer interior bagi rumah idaman anda. Akan lebih baik bila anda meluangkan waktu bersama dalam mencari desain dapur minimalis yang paling ideal.

Desainer dengan kreatifitas tinggi pasti akan bertanya banyak tentang fungsi dapur sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan. Dengan begitu, dalam berinteraksi di dapur akan lebih nyaman.

Desain dapur kecil di rumah anda akan berfungsi dengan maksimal dan dapat menciptakan kesan yang rapi. Anda pun akan semakin betah memasak di dapur tersebut.

Lantas, apa saja hal-hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin menciptakan dapur yang rapi meski ukurannya kecil. Berikut ini tips dalam menyiasatinya agar lebih mudah.

Memilih Peralatan Sesuai Ukuran Dapur

Anda mungkin berpikir, untuk menyimpan begitu banyak perabotan. Anda pun akan bersemangat dengan membeli perabotan yang besar. Padahal, disini anda akan menciptakan desain dapur kecil tapi rapi.

Sedangkan ukuran perabotan yang tidak sesuai dengan luas ruangan dapur bisa membuatnya terasa sesak. Padahal sebenarnya anda bisa menciptakan sebuah dapur yang rapi dengan meminimalisir perabotan berukuran besar.

Daripada anda memilih perabot dapur dengan ukuran yang berlebihan, akan lebih baik bila anda memilih perabotan yang kecil. Anda juga bisa memilih perabotan yang dilengkapi dengan laci supaya anda bisa menggunakannya dalam berbagai macam kebutuhan.

Memilih Furniture yang Multifungsi

Salah satu solusi dalam menghadapi masalah keterbatasan ruang dapur yang kecil adalah dengan pemilihan furniture yang tepat. Dalam hal ini, furniture multifungsi bisa jadi solusi terbaik bagi anda.

Anda bisa membeli lemari panjang yang telah menyediakan space untuk kompor dan oven. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ruang dapur kecil tapi rapi. Selain itu, dapur anda juga akan compact tanpa perlu meninggalkan fungsi penting yang ada di dapur tersebut.

Memaksimalkan Dinding Dapur

Dinding dapur menjadi sebuah area yang harus anda memanfaatkan dengan maksimal. Ini harus dilakukan bila anda ingin menambah ruang ekstra pada area ini.

Caranya anda bisa pasang sebuah lemari kecil. Lemari atau rak gantung bisa jadi solusi alternatif untuk ruang dapur anda.

Di samping itu, gantungan unik pada bagian dinding juga ide bagus. Sebab ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan panci, pisau, gelas, dan lain sebagainya.

Jangan Lupakan Ventilasi

Untuk menciptakan desain dapur kecil tapi rapi, anda harus memperhatikan ventilasi udara. Jangan karena anda terlalu fokus pada furniture dan perabotan. Sehingga anda lupa akan pentingnya ventilasi dapur.

Ventilasi udara di dapur sangat bermanfaat. Seperti menghilangkan masalah kepulan asap, minyak yang menempel sampai bau khas yang dihasilkan dari dapur saat proses memasak.

Oleh sebab itu, jangan sampai anda lupa merancang ventilasi terbaik di dapur anda. Seperti pemasangan hood penyedot asap yang sesuai kapasitas memasak anda sehari-hari.

Solusi Keterbatasan Tempat Penyimpanan

Masalah yang satu ini memang sering dialami pemilik dapur kecil. Maka dari itu, anda bisa melakukan berbagai macam trik seperti memanfaatkan sudut ruangan dapur dengan laci.

Anda bisa memasang kabinet segitiga agar bisa menghemat ruang dan menciptakan dapur kecil tapi rapi. Anda juga bisa mencari celah rahasia yang bisa dipakai untuk menggantungkan bumbu dapur dan alat masak lain.

Selain itu, anda juga bisa buat kabinet dapur yang menyentuh langit-langit. Agar bisa menghadirkan tempat penyimpanan yang bisa menampung seluruh kebutuhan dapur anda.

Pencahayaan yang Baik

Cahaya terang di dapur penting sekali dalam mendukung kegiatan memasak. Sebab, memasak memerlukan ketelitian yang ekstra.

Adapun berbagai area pencahayaan yang harus diperhatikan adalah area memasak, countertop, serta area memanggang.

Dengan memperhatikan semua hal tersebut, maka desain dapur kecil tapi rapi tetap bisa tercipta dengan baik. Anda bisa dengan nyaman memasak di dapur meski ruangannya kecil. (R10/HR-Online)