Desain Ruang Tamu Sempit Agar Terlihat Luas, Ini Rahasianya

Desain Ruang Tamu Sempit Agar Terlihat Luas, Ini Rahasianya
Desain Ruang Tamu Sempit. Foto Istimewa

Desain ruang tamu sempit tidak akan membuat anda kehabisan ide untuk membuatnya terkesan luas. Kebanyakan ide yang bisa dilakukan untuk memanipulasi ruang tamu agar lebih luas adalah memberikan efek tipuan mata.

Tujuannya adalah menampilkan ruang tamu yang tampak lebih luas. Di samping itu, strategi seperti ini bisa mengubah area yang tadinya terasa sesak dan sempit menjadi lebih nyaman serta terlihat lebih estetik.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Terbuka Tipe 36, Nyaman dan Inspiratif

Kunci dari ini semua adalah dengan memaksimalkan cahaya serta ruangan. Selain itu, anda juga bisa memperhatikan ukuran, penggunaan warna, dan beratnya.

Mungkin ini dapat menciptakan perbedaan pada ruang tamu anda. Tapi anda tak perlu khawatir, anda bisa mengubahnya agar memiliki kesan yang lebih luas.

Rahasia Desain Ruang Tamu Sempit yang Terkesan Luas

Sebenarnya membeli atau membangun rumah kecil tidak masalah. Terlebih lagi bagi anak muda yang tinggal sendiri atau anda yang baru saja memulai membina keluarga.

Mempunyai rumah yang kecil dengan sedikit ruangan tidak menjadi sebuah masalah bagi anda. Dengan kapasitas ruangan terbatas, rumah kecil dapat terlihat lebih besar. Asalkan anda tahu dan cermat dalam menata interior rumah kecil dengan tepat.

Cermin Sebagai Dekorasi Ruang Tamu

Para desainer sangat senang menjadikan cermin sebagai cara dalam menciptakan ilusi ruangan agar lebih luas. Anda bisa menempatkan cermin di lokasi yang strategis di berbagai tempat.

Tujuannya agar menciptakan desain ruang tamu sempit supaya tampak lebih besar. Ide yang paling umum digunakan bagi ruang tamu kecil yaitu menggantung cermin besar.

Baca juga: 5 Model Sofa Ruang Tamu Minimalis yang Pas Untuk Gaya Interior Rumah Anda

Tempatkan di lokasi sentral ruangan agar bisa menciptakan titik fokus. Cermin sendiri berguna untuk menambah suasana yang menyenangkan.

Anda bisa menempatkannya di balik sumber cahaya seperti lilin atau lampu. Bila memungkinkan, anda bisa memposisikan cermin di seberang jendela. Sehingga ini bisa mencerminkan pandangan dan memberikan ilusi jendela lain di ruang tamu anda.

Pemilihan Warna Netral untuk Ruang Tamu

Salah satu ide yang bisa anda terapkan bagi ruang tamu anda yang sempit adalah menggunakan warna netral pada beberapa bagian ruang tamu. Seperti dinding, plafon, lantai, dan pelapis furniture.

Palet warna beige atau off-white bisa menciptakan ruangan yang terkesan luas dengan ilusi menekan dinding. Berbagai macam warna lembut juga bisa membantu untuk memberikan penerangan desain ruang tamu sempit anda karena bisa memantulkan cahaya.

Pemilihan warna putih sangat tepat untuk ruang tamu anda. Sebab warna ini bisa memberikan cahaya yang menyebar merata ke semua ruangan.

Dengan demikian, ruangan tampak lebih luas. Selain itu, palet netral juga bisa menghadirkan kesan yang menyenangkan secara instan. Pemilihan desain semacam ini dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan dibandingkan dengan warna lainnya.

Menyimpan Barang yang Tidak Perlu

Bila anda mempunyai berbagai barang di ruang tamu, sebaiknya mulai sekarang anda menyortir barang tersebut. Khususnya barang yang dianggap tidak terlalu diperlukan.

Sebaiknya pilih barang-barang berdasarkan fungsinya serta visual untuk ruang tamu anda. Anda dapat menyimpan berbagai majalah sebagai penunjang estetika.

Sementara sisa barang lain seperti berkas yang tidak terpakai. Atau majalah lama yang terlihat rusak bisa disimpan di ruang penyimpanan atau gudang. Ini bisa membuat desain ruang tamu sempit terlihat luas.

Pakailah Meja Tamu Kecil

Anda sebaiknya menggunakan meja kecil yang ditempatkan di ruang tamu. Meja yang ukurannya kecil akan lebih mudah dipindahkan dari satu titik ke titik lain karena bobotnya ringan.

Disamping itu, meja yang kecil tidak memakan banyak tempat di ruang tamu. Sehingga anda dapat memanfaatkan bagian lain sebagai akses jalan atau fungsi lainnya.

Meskipun demikian, ada juga harus menyesuaikan dengan tingkat intensitas dan aktivitas anda saat di ruang tamu. Pilih meja yang ukurannya tidak terlalu kecil bagi ruangan yang intensitas kedatangan tamunya tinggi.

Penggunaan meja yang tidak terlalu kecil pada desain ruang tamu sempit akan berfungsi dengan baik ketika anda mengukur makanan kecil atau minuman untuk tamu anda.

Alihkan Perhatian ke Bagian Atas

Sebuah ruang tamu mempunyai dimensi horizontal secara sekaligus vertikal. Bila ruang tamu anda mempunyai langit-langit yang tinggi, anda bisa memanfaatkan ruang ekstra.

Caranya dengan menghiasnya menggunakan cara yang bisa menarik perhatian ke bagian atas. Gunakan jenis tirai atau gorden panjang sampai menyentuh lantai. Ini bisa menjadi kunci utamanya.

Ide lain anda bisa mengisi ruang vertikal dengan menggantungkan berbagai macam karya seni dari ukuran kecil sampai menengah. Teknik seperti ini akan menciptakan desain ruang tamu sempit terasa lebih besar dari yang sebenarnya. (R10/HR-Online)

Loading...