Desain Ruangan Keluarga Minimalis yang Cozy Cocok Buat Hunian Mungil

Desain ruangan keluarga minimalis
Ilustrasi Desain ruangan keluarga minimalis. Foto: Istimewa

Desain ruangan keluarga minimalis memang sangat cocok bila diterapkan pada hunian mungil milik anda. Seperti yang diketahui, ruang keluarga menjadi tempat semua anggota keluarga anda berkumpul, melakukan aktivitas bersama, dan saling berinteraksi.

Sebagai salah satu ruangan di dalam rumah yang berfungsi untuk bertemu antar anggota keluarga, menjadikan keberadaan ruang keluarga sebagai poin penting yang tak dapat diabaikan.

Ruang keluarga menjadi pusat dari sebuah hunian. Setiap anggota keluarga akan bertemu dan berkomunikasi di ruang keluarga. Dengan demikian, keharmonisan keluarga bisa terbentuk.

Menciptakan Desain Ruangan Keluarga Minimalis

Posisi ruang keluarga harus dipertimbangkan dengan baik ketika anda mendesain rumah tinggal. Posisikan ruang keluarga yang mudah dijangkau bagi setiap penghuni rumah.

Hal ini bertujuan agar tercipta ruang keluarga yang baik. Bila anda masih bingung, berikut ini ada beberapa inspirasi yang bisa anda ikuti.

Khususnya ketika anda ingin menciptakan ruang keluarga minimalis bagi hunian yang mungil agar terkesan cozy.

Menentukan Skema Warna yang Tepat

Ketika anda mendesain ruang keluarga dengan tema minimalis, maka elemen warna yang berada di dalam ruangan sangat penting untuk diperhatikan.

Agar anda bisa menciptakan desain interior ruang keluarga yang tidak keluar dari nuansa minimalis, sebaiknya anda utamakan memilih warna terang yang sifatnya netral.

Misalnya anda bisa memilih warna coklat muda, putih, abu-abu muda, sampai warna putih gading. Ini merupakan contoh skema warna yang dapat menjadi panduan ketika memilih warna dalam desain ruangan keluarga minimalis yang nyaman.

Gunakan Perabot yang Benar-Benar Diperlukan

Ketika memilih furniture atau perabot seperti apa untuk mengisi ruang keluarga di rumah anda, pastikan anda pilih perabot yang benar-benar diperlukan.

Pilih furniture dan perabot yang punya gaya desain minimalis. Sehingga atmosfer minimalis di dalam ruang keluarga anda bisa didapatkan dengan sempurna.

Hindari memilih perabot yang terlalu banyak detail agar tidak merusak komposisi dari ruang minimalis milik anda.

Gunakan Pencahayaan yang Maksimal

Pengaturan pencahayaan untuk desain minimalis di ruang keluarga sangatlah penting. Hindari memilih lampu dengan konsep, bentuk, serta detail yang rumit. Seperti lampu gantung kristal atau chandelier.

Akan lebih baik bila dalam melakukan desain ruangan keluarga minimalis, anda memilih lampu yang sederhana. Tetapi memiliki nyala bola lampu yang cukup agar memberikan penerangan terbaik.

Pencahayaan yang terlalu redup tidak baik untuk ruang keluarga. Khususnya yang menerapkan konsep minimalis.

Jangan Berikan Pola yang terlalu Ramai

Bila anda merupakan salah seorang penggemar pola, sebaiknya tahan sedikit keinginan anda. Terutama saat mengimplementasikan pola pada interior ruang keluarga bila anda menerapkan desain minimalis.

Hal ini bertujuan supaya konsep minimalis bisa terasa lebih maksimal. Hadirnya pola khususnya yang ramai bisa menghilangkan kesan modern dan minimalis di dalam ruang keluarga anda.

Bila anda khawatir desain ruang keluarga yang minimalis terasa kaku tanpa adanya pola, maka anda bisa mengimplementasikan sedikit pola di dalam elemen dekorasi.

Seperti pada bantal sofa atau karpet yang dapat menjadi solusi alternatifnya. Dengan demikian, desain ruangan keluarga minimalis bisa tercipta dengan baik.

Mengutamakan Dekorasi Personal

Di dalam desain ruang keluarga yang mengusung konsep minimalis, sebaiknya anda mengutamakan dekorasi personal. Meski memang ruang keluarga tidak lengkap tanpa hadirnya dekorasi.

Tetapi jika berlebihan, justru bisa membuat desain ruang keluarga tersebut akan kehilangan nuansa minimalisnya. Maka dari itu, akan lebih baik bila anda fokus pada beberapa dekorasi yang memiliki sifat personal.

Anda bisa membuat desain ruang keluarga minimalis terasa tetap homey dan minimalis. Seperti dengan penerapan dekorasi berupa kolase bingkai foto keluarga.

Koleksi barang kesayangan atau hasil kerajinan tangan pribadi. Ini bisa menjadi contoh dekorasi desain ruangan keluarga minimalis untuk hunian mungil anda.

Gunakan Perabot Multifungsi

Akhir-akhir ini konsep hunian sederhana memang cukup populer. Sebab diharapkan bisa menjadi solusi untuk rumah perkotaan agar tetap nyaman.

Bila anda ingin menciptakan ruang keluarga yang hangat, sebaiknya hindari pemberian furniture dengan nuansa klasik. Seperti furniture yang punya banyak ukiran atau aksen.

Perhatikan ukuran furniture serta alokasi ruangan yang tersedia. Sebab jika itu tidak dilakukan, maka ruang keluarga anda akan hilang kesan minimalisnya.

Pilih saja perabot multifungsi. Perabot multifungsi ini dapat diandalkan untuk menciptakan desain ruangan keluarga minimalis. Selain tidak memakan tempat, ruang keluarga juga akan terasa nyaman. (R10/HR-Online)