Desain Rumah Industrial Hadirkan Kesan Alami yang Hangat pada Hunian

Desain Rumah Industrial Hadirkan Kesan Alami yang Hangat Pada Hunian
Desain rumah industrial. Foto Istimewa

Desain rumah industrial bisa menjadi salah satu inspirasi interior desain hunian yang dapat anda pilih. Gaya ini identik dengan interior pabrik industri di abad ke-19.

Namun seiring berjalannya waktu, desain rumah seperti ini sudah tidak dipakai lagi. Meski demikian, desain interior industrial cukup menarik perhatian pecinta seni interior.

Mereka berharap rumah industrial ini bisa menciptakan kehangatan melalui material yang umumnya selalu ada di rumah dengan gaya industrial.

Seperti besi, kayu, dan tembok tanpa finishing cat. Semuanya bisa menciptakan nuansa yang alami yang tidak ditemukan pada desain rumah lainnya.

Inspirasi Desain Rumah Industrial

Rumah yang mengusung gaya industrial punya kepribadian yang cukup unik. Walaupun akan terkesan tua, namun rumah ini bisa membawa kehangatan untuk orang yang menghuninya.

Agar bisa menerapkan gaya tersebut, anda harus memahami lebih dalam. Apa yang menjadikan rumah industrial terlihat berbeda dengan rumah gaya lainnya.

Baca juga: Desain Rumah Apung, Memberikan Kesan Tenang dan Dinamis

Berikut ini adalah beberapa inspirasi yang bisa anda terapkan di dalam rumah industrial.

Paduan Kayu dan Logam Metal

Bila anda ingin menerapkan desain rumah industrial, anda bisa memadukan antara kayu dan logam atau metal. Interaksi tekstur kayu yang memiliki permukaan kasar dan logam atau metal yang berkilau.

Lengkap dengan sedikit warna hitam, warna emas, atau tembaga. Ini semua menjadi salah satu ciri khusus desain industrial.

Paduan logam dan kayu bisa memberikan efek yang tidak terduga di dalam setiap ruangan yang ada di rumah anda. Aksen krom pada kaki meja, lengkap dengan kayu rustic yang khas.

Akan menghadirkan visualisasi perabotan industrial yang harus dimiliki bila anda menginginkan suasana atraktif dan unik ala industrial.

Bata Ekspos yang Khas pada Dinding Rumah

Hal penting yang menjadi ciri khas dari desain rumah industrial adalah adanya bata ekspos pada dinding. Batu bata biasanya menjadi material bangunan yang penggunaannya paling sering diterapkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan dinding sebuah rumah.

Setelah ditata, umumnya dinding dilapisi semen dan cat tembok. Tetapi untuk gaya industrial, batu bata dibiarkan begitu saja tanpa semen dan juga cat. Justru ini akan menghadirkan sentuhan warna baru ke dalam dinding rumah anda.

Dinding dengan menggunakan bata ekspos dapat dibiarkan menerapkan warna asli batu bata yaitu warna orange. Atau bisa juga diberikan cat tambahan. Adanya kesan unfinish akan memberikan kekuatan gaya dari rumah industrial tersebut.

Baca juga: Desain Rumah dengan Bata Ekspos Untuk Tampilan yang Lebih Menarik

Tidak semua dinding rumah diaplikasikan sepenuhnya menggunakan bata expose. Anda bisa memilih sisi dinding ruangan mana yang akan dibangun dengan menggunakan bata ekspos.

Trik ini dapat diaplikasikan jika pada mulanya rumah anda bukan menerapkan gaya industrial. Sentuhan kecil dari unsur desain rumah industrial bisa memberikan dampak yang besar terhadap gaya rumah anda.

Ruang Terbuka Tanpa Sekat

Salah satu ciri rumah yang mengusung konsep industrial adalah dengan terdapatnya ruang terbuka. Ruang terbuka tanpa sekat menjadi salah satu cara untuk memberikan kesan luas yang tidak terbatas.

Bila umumnya, langit-langit rumah akan diberi tambahan lapisan seperti plafon. Untuk rumah industrial, umumnya langit-langit tidak diberi lapisan tambahan.

Ini akan menunjukkan aksen rumah industrial yang khas dengan cara memperlihatkan pipa udara maupun pipa air yang jelas. Penyangga atap rumah juga dapat dijadikan sebagai salah satu dekorasi tambahan dalam konsep industrial ini.

Bukan hanya itu saja, desain rumah industrial juga membebaskan anda untuk membiarkan lampu gantung terlihat menjuntai panjang kabelnya. Anda bisa memandang jauh ke atas langit-langit dan bersantai di kursi malas.

Bila anda tidak terlalu suka dengan model langit-langit yang terbuka, anda dapat memanfaatkan jendela yang memiliki ukuran sangat besar. Pastikan anda tak ragu untuk mencobanya.

Jendela ini akan menghadirkan suasana luas dan hangat pada ruangan. Pakailah frame jendela yang terbuat dari besi atau material kayu yang sudah tua. Atau kayu yang pernah dipakai.

Sesekali anda bisa memasang sekat yang terbuka agar bisa memisahkan ruangan tanpa membuatnya terasa sesak. Desain rumah industrial ini begitu menginspirasi. Tentu sayang jika dilewatkan. (R10/HR-Online)

Loading...