Disdik Ciamis Diminta Tidak Lalai Terapkan Protokol Kesehatan Saat PSB

Disdik Ciamis
Syarif Sutiarsa, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Syarif Sutiarsa, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis meminta Dinas Pendidikan atau Disdik Kabupaten Ciamis tidak lalai dalam menerapkan protokol kesehatan saat Penerimaan Siswa Baru (PSB).

“Kita ketahui bersama dalam waktu dekat ini, sekolah-sekolah di Ciamis sedang mempersiapkan Penerimaan Siswa Baru. Kami harapkan Dinas Pendidikan Ciamis harus terus memantau tiap sekolah dalam penerapan protokol kesehatannya,” ungkap Syarif kepada HR Online, Rabu (01/07/2020) .

Bukan hanya Dinas Pendidikan saja, menurut Syarif,  sekolah di Ciamis harus proaktif juga dalam menyikapi situasi saat ini.

Syarif menyebut sekolah setidaknya menyediakan wastafel cuci tangan ataupun yang berhubungan dengan protokol kesehatan .

“Walaupun sekarang masuk dalam adaptasi kebiasaan baru (AKB), bukan berarti kita lengah dalam penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Syarif menambahkan, dalam penerimaan siswa baru kali ini pastinya akan ada metode berbeda, yakni dengan menggunakan sistem online .

Sehingga, menurut Syarif, setiap sekolah harus benar-benar matang dalam menyosialisasikan cara anak-anak mendaftar ke sekolah yang mereka tuju.

“Memang orang tua siswa bisa datang ke sekolah untuk menanyakan mekanisme pendaftaran online , tapi ingat harus menjadi catatan juga sekolah harus menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Syarif menegatakan, apabila dalam adaptasi kebiasaan (AKB) ada kebijakan baru seperti dibukanya kembali sekolah, maka Pemerintah daerah melalui dinas teknis yaitu Disdik Ciamis harus ekstra dalam pengawasan aktivitas peserta didik. Karena itu, menurut Syarif, sekolah harus melakukan persiapan dari sekarang.

“Contohnya kebiasaan physical distancing  dan tidak berkerumun, itu harus benar-benar dirumuskan dari sekarang untuk menyambut apabila ada sebuah kebijakan sekolah harus dibuka kembali nantinya,” tandasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...