El Ibnu Vokalis Elkasih Pindah Agama, Ternyata Ini Alasannya

El Ibnu Vokalis Elkasih
El Ibnu Vokalis Elkasih sebelum stroke dan setelah stroke. Foto: Ist/Net

El Ibnu vokalis Elkasih pindah agama. Semula pemilik nama lengkap Noventino Budi Lesmana ini beragama Islam, namun sejak 4 tahun lalu El Ibnu memeluk agama Kristen.

Sebelum pindah agama pada tahun 2016, vokalis Elkasih ini terserang penyakit stroke tahun 2015. Dunianya pun jungkir balik. El Ibnu yang dikenal sebagai musisi sekaligus vokalis pelantun ‘Kau Tigakan Cintaku’ ini dalam sekejap harus hidup di atas kursi roda.

Stroke yang menyerangnya membuat El Ibnu lumpuh dan tidak bisa berbicara dengan lancar. Bukan itu saja, istri yang dicintainya pun menggugat dan membawa kedua anak perempuan mereka.

Saat berpisah dengan sang istri, El Ibnu dirawat oleh ibunya. Namun ibunya pun kerap sakit-sakitan dan punya penyakit gula.

Pria yang juga akrab dipanggil El Nino ini juga sempat dirawat oleh seorang asisten yang telaten memenuhi kebutuhannya. Namun kini ia tinggal di Panti Jompo Pinel di daerah Bintaro, Jakarta Selatan.

Alasan El Ibnu Vokalis Elkasih Pindah Agama

El Ibnu dibaptis dan resmi memeluk agama Kristen pada tahun 2016. Pada tahun yang sama dirinya pun digugat cerai oleh sang istri. Usai ditinggalkan istri dan kedua anak perempuannya, El Ibnu kemudian memilih pindah agama.

Baca Juga: Kisah El Ibnu, Mantan Vokalis Elkasih yang Stroke Hingga Pindah Agama

Cobaan bertubi-tubi yang dialaminya membuat El Ibnu putus asa. Pada sebuah wawancara, El Ibnu bahkan mengaku sering berusaha bunuh diri.

El Ibnu mengaku hidupnya sudah hancur berantakan sejak stroke lalu ditinggal sang istri. Dia marah pada takdir, termasuk pada Tuhan.

“Mau bunuh diri juga nggak bisa, karena aku tidak bisa bergerak, karena stroke,” ungkapnya.

Saat itu, di tengah keputusasaannya, El Ibnu memutuskan untuk membuat hidupnya makin hancur. “Aku mikir gimana caranya biar bisa hancurin hidup dunia akhirat,” katanya.

Saat itulah El Ibnu vokalis Elkasih ini memutuskan untuk pindah agama dengan tujuan untuk membuat Tuhan marah. Dia menganggap meninggalkan ajaran agama yang dianutnya saat itu akan membuat Tuhan murka.

Tepat pada 4 Desember 2016, El Ibnu tanpa berpikir panjang mendaftarkan diri untuk dibaptis di GBI. “Saat itu diantar kakak angkatku,” tuturnya.

Sesudah dibaptis dan pindah keyakinan, dia masih merasa putus asa. Keinginannya untuk menghancurkan diri sendiri masih menggebu-gebu.

Apalagi saat dirinya pindah agama, keluarganya terutama kakak El Ibnu marah besar. “Kakak aku ngamuk saat itu. Kalau Mama no problem,” ungkapnya.

El Ibnu vokalis Elkasih ini menuturkan, ayahnya pemeluk agama Kristen, saat menikah dengan ibunya, barulah ayah El Ibnu menjadi muslim.

“Hal itu mungkin yang membuat Mama tidak marah. Dia tahu akan ada anaknya yang ikut Papa,” lanjutnya.

El Ibnu juga menganggap keluarganya tak berhak marah, karena sang ayah pun dulu adalah penganut Kristen.

“Aku tantang kakakku, kutawarin golok, ‘penggal gue mas! Lo tahu Papa Kristen, kok protes?’ saat itu kakakku langsung diam,” sambungnya.

Meski awalnya masih belum merasa lega dan diamuk oleh kakak-kakaknya, kini El Ibnu mengaku sudah merasa damai dengan pilihannya.

Perjalanan Karir Sebagai Musisi

El Ibnu vokalis Elkasih ini dikenal sebagai musisi bertalenta. Selain sebagai vokalis, dia pun banyak menulis lagu untuk bandnya Elkasih.

Lagu hits ‘Kau Tigakan Cintaku’ juga ditulis oleh El Ibnu dan hits pada tahun 2008. Selain itu, ada juga lagu lainnya yang ditulis El Ibnu, yakni ‘Pesan dari Surga’, dan ‘Pergilah Cinta’. Namun saat ini El Ibnu tidak mendapat royalti dari lagu-lagu yang ditulisnya tersebut.

Pada tahun 2015, saat El Ibnu hendak manggung dan menghibur penggemarnya di Maroko, El Ibnu terserang stroke pertamanya.

Kondisi kesehatannya makin menurun, apalagi setelah pada tahun 2016 dia terserang stroke untuk ketiga kalinya. Sejak saat itu El Ibnu lumpuh dan hidup di atas kursi rodanya sampai akhirnya tinggal di Panti Jompo.

Beruntung banyak yang peduli terhadap El Ibnu. Salah satunya datang dari Tya Ariestya yang mengunjunginya di Panti Jompo. Tya juga mengajak follower Instagramnya untuk membantu El Ibnu lewat donasi di KitaBisa.

Ruri vokalis Repvblik bersama Kiki The Potter juga mengunjungi El Ibnu dan berjanji akan membantunya mendapatkan royalti dari lagu-lagunya.

Kisah hidup El Ibnu vokalis Elkasih ini memang mengharukan. Berbagai cobaan menderanya dan membuatnya putus asa, namun semoga tetap semangat dan tabah ya! (Ndu/R7/HR-Online)