Facebook Messenger Room Permudah Video Conference Secara Aman

Facebook Messsenger Room
Ilustrasi Facebook Messenger Room. Foto Istimewa

Facebook Messenger Room akhirnya telah resmi dirilis setelah adanya pengumuman dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pada waktu yang lalu.

Fitur ini merupakan salah satu layanan terbaru yakni panggilan video dari Facebook. Dengan hadirnya layanan ini, tentunya siap bersaing dengan layanan sejenis yang telah lebih dulu hadir.

Aplikasi tersebut diantaranya Skype, Google Meet, serta Zoom. Dilansir dari The Verge yang menyatakan bahwa layanan Messenger Room ini mempunyai fitur yang lebih dibandingkan dengan panggilan video yang ada saat ini pada Messenger.

Facebook Messenger Room Permudah Video Conference Secara Aman

Pada akhir bulan April lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah resmi memperkenalkan adanya layanan video yang bernama Messeger Rooms.

Aplikasi ini memungkinkan 50 orang untuk bertatap muka secara bersamaan pada sebuah ruangan virtual. Dengan hadirnya aplikasi ini, maka para pengguna Facebook di Indonesia pun juga dapat menikmatinya.

Fitur Messenger Rooms telah hadir pada Facebook versi dekstop serta aplikasi Messenger. Aplikasi ini dapat anda akses secara mudah melalui tombol “create new room” yang terdapat pada tab “Messenger” pada Facebook versi Web.

Baca Juga: Aplikasi Collab Buatan Facebook Serupa dengan TikTok

Kelebihan Facebook Messenger Room

Messenger Room merupakan aplikasi instan messanging. Dalam fitur ini, para pengguna dapat membuat sesi video conference serta mengundang peserta hingga 50 orang.

Selain itu, anda dapat melibatkan orang yang tidak memiliki akun Facebook sekalipun. Dalam sebuah tulisan blog resmi Facebook Messenger yang ditulis oleh Stan Chudnovsky yang merupakan Vice President of Facebook Messenger.

Dalam blog tersebut menyatakan bahwa Messenger Room merupakan salah satu jawaban bagi para pengguna yang akan mengadakan group video chat secara lebih mudah.

Baik antar sesama pengguna akun Facebook ataupun bukan pengguna Facebook. Anda dapat memulai serta membagikan room pada Facebook melalui news feed, events, serta groups.

Kelebihan lain yang dapat anda peroleh dengan menggunakan fitur terbaru dari Facebook ini adalah telah terdapat beberapa fitur pelengkap. Fitur-fitur tersebut sebenarnya hampir sama dengan platform video conference lain seperti Zoom, Skype, Google Meet, dan lain sebagainya.

Terdapat fitur virtual background, efek filter untuk wajah, juga AR bagi anda yang ingin tampil secara lucu. Fitur lain adalah share screen, lock room, dan lain sebagainya.

Cara Akses Facebook Messenger Room

Siapa saja dapat menggunakan fitur terbaru dari Facebook satu ini. Bahkan mereka yang bukan pengguna akun Facebook pun dapat memanfaatkannya.

Akan tetapi, bagi yang bukan pengguna Facebook serta aplikasi mesengger, tidak dapat berlaku sebagai host atau pihak yang membuat room maupun pengundang peserta. Para peserta tersebut hanya dapat bergabung sebagai partisipan saja.

Maka apabila anda ingin memiliki room serta dapat mengundang teman-teman pada video conference, anda harus memiliki akun Facebook serta memiliki aplikasi messengger terlebih dahulu pada ponsel atau Android anda.

Namun dikarenakan fitur ini masih tergolong baru, maka anda harus memiliki aplikasi Messenger versi terbaru yang dapat anda update melalui Play Store pada Android atau iPhone. Sedangkan bagi para pengguna computer dekstop, dapat melakukan update pada Microsoft Store serta Mac App Store.

Baca Juga: Aplikasi Facebook Gaming Sebagai Fitur Monetisasi

Penggunaan Facebook Messenger Room

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Messenger yang selanjutnya akan muncul prompt untuk mencoba fitur baru ini.

Jika tidak ada, maka anda dapat klik tombol “people” yang terdapat pada bar bagian bawah. Selanjutnya klik menu “create a room“.

Dan sinilah akan muncul halaman room anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anda dapat mengundang hingga 50 orang peserta. Di sini anda juga dapat mengedit siapa saja yang dapat bergabung dalam video conference.

Terdapat dua pilihan fitur yang dapat anda gunakan untuk mengajak siapa saja yang bergabung dalam Messenger Room tersebut, yakni “people with the link” serta “only people on Facebook“. 

Selain itu, anda juga dapat mengontrol room dengan mengunci room agar tidak ada lagi peserta baru yang dapat bergabung. Dalam menggunakan fitur Facebook Messenger Room, anda tidak perlu khawatir mengenai privasi serta keamanannya. Hal ini dikarenakan Facebook menjamin keamanan serta privasi pengguna. (R10/HR Online)