Fitur Baru Aplikasi Telegram, Ada File Sharing Hingga 2GB

Fitur baru aplikasi Telegram. Foto : Istimewa.
Fitur baru aplikasi Telegram. Foto : Istimewa.

Fitur baru aplikasi Telegram kembali dihadirkan dan sudah bisa di update bulan ini. Update melalui versi 6.3, maka pengguna akan mendapatkan berbagai fitur tambahan yang menarik.

Aplikasi komunikasi yang digemari pengguna smartphone saat ini salah satunya aplikasi Telegram. Sampai April 2020, aplikasi tersebut sudah diunduh 400 juta pengguna bulanan.

Telegram sekarang berada di antara 10 teratas aplikasi yang paling banyak diunduh, dan paling banyak digunakan di dunia.

Dikutip dari laman Telegram, dalam fitur baru tersebut menghadirkan Video Profil, Berbagi Berkas 2GB, Pembaruan Pengguna Stiker, dan lainnya. Berikut ini ulasan mengenai fitur terbaru yang dihadirkan Telegram.

Fitur Baru Aplikasi Telegram

Peningkatan Batas dalam Mengirim Berkas

Fitur mengirim berkas atau berbagi pesan pada Telegram memang bukan hal baru. Kini Telegram menghadirkan peningkatan batas kapasitas mengirim berkas dalam sekali pengiriman file.

Kalau selama ini pengguna hanya bisa mengirimkan berkas atau pesan sebesar 1,5GB, sekarang jumlahnya ditambah sepertiga lebih besar lagi dari kapasitas maksimalnya 2GB.

Dengan kapasitas yang lebih besar, sepertinya aplikasi Telegram ingin lebih unggul dibandingkan dengan para pesaingnya.

Video Profil

Fitur baru aplikasi Telegram berikutnya adalah Video Profil. Pasang video untuk profil Anda supaa lebih terlihat ekspresif.

Anda juga bisa menambahkan efek, pilih, dan kunci pada bingkai yang tepat sebagai tampilan statis untuk Video Profil Anda.

Namun sebelumnya Anda harus mengganti foto profil dengan menekan “Tetapkan Utama”. Begitu pula ketika ingin mengganti lagi video profil Anda, lakukan hal yang sama.

Pembaruan Fitur Kecantikan

Fitur baru aplikasi Telegram lainnya yang dihadirkan adalah Fitur Kecantikan. Rupanya aplikasi Telegram juga tidak mau kalah oleh aplikasi serupa lainnya dalam hal video maupun foto.

Dengan adanya Fitur Kecantikan pada aplikasi Telegram, maka Anda pun dapat memberi filter atau mencerahkan. Bahkan bisa menghaluskan kulit. Untuk menghasilkan kualitas foto lebih bagus, Anda bisa menghilangkan spot kasar yang ada dalam foto.

Baca Juga : Keunggulan Aplikasi Telegram yang Tak Dimiliki WhatsApp, Apa Saja?

Pembaruan Pengguna Sekitar

Fitur pembaruan pengguna sekitar menjadi salah satu fitur baru aplikasi Telegram yang dihadirkan bulan ini. Dengan fitur ini, Anda bisa mencari tahu seberapa dekat jarak antara Anda dengan pengguna Telegram lain saat menghubungi Anda melalui fitur Pengguna Sekitar.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pilihan stiker ucapan saat membuka chattingan dari halaman fitur Pengguna Sekitar.

Thumbnail Mini dan Statistik Grup

Fitur baru aplikasi Telegram yang satu ini disebut sebagai pratinjau, yang mana Anda bisa melihat kiriman video dan foto dari teman Anda. Sebelumnya di bagian ini hanya memberitahukan kalau sebuah file media sudah terkirim dalam ruang obrolan.

Tampilan thumbnail mini ini untuk cuplikan media dalam daftar obrolan, notifikasi dan pencarian pesan.

Kemudian, fitur Statistik Grup berfungsi untuk mengecek statistik pada grup besar Anda dengan lebih rinci.

Filtered Messages

Fitur baru aplikasi Telegaram berikutnya adalah Filtered Messages. Atur privasi Anda pada Pengaturan Privasi dan Keamanan. Ini berfungsi untuk menyembunyikan obrolan dari pengguna asing ke dalam Arsip. Anda juga bisa senyapkan obrolan secara otomatis.

Potong dan Putar Video di Editor Media

Fitur baru aplikasi Telegram yang satu ini untuk mendengarkan musik dengan pemutar yang telah dirancang ulang.

Dengan fitur ini Anda bisa menikmati efek animasi lebih halus ketika ukuran kotak pada input teks berubah. Kirim emoji bola dan lihat apa yang terjadi, apakah Anda bisa mencetak gol atau tidak.

Untuk informasi tambahan mengenai fitur pembaruan tersebut di atas, Anda bisa mendapatkannya lebih lengkap di https://telegram.org/blog/profil. (Eva/R3/HR-Online)