Galuh Virtual, Website Milik Pemkab Ciamis Akhirnya Di-Launching

launching website Galuh Virtual
Dinas Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, resmi me-launching website Galuh Virtual, di Aula Disbudpora Ciamis, Senin (06/7/2020). Foto : Fahmi Albartiansyah/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, resmi me-launching website Galuh Virtual, di Aula Disbudpora Ciamis, Senin (06/7/2020).

Kepala Disbudpora Ciamis, Erwan Darmawan, mengatakan, website tersebut merupakan upaya untuk mengangkat potensi budaya yang berada di Ciamis.

“Kami hari ini resmi menginformasikan bahwa website Galuh Virtual sudah bisa diakses. Di dalam website tersebut berisi tentang kebudayaan, potensi pariwisata, dan kuliner,” katanya. 

Erwan menambahkan, dalam upaya mensosialisasikan website kepada para wisatawan, pihaknya akan mengirim pesan singkat (SMS) broadcast ketika masuk ke Ciamis.

Selain itu, menginformasikan kepada wisatawan, bahwa mereka sudah masuk di wilayah Tatar Galuh.

Berita Terkait : Aplikasi Galuh Virtual, Inovasi Disbudpora Ciamis Angkat Potensi Budaya Tatar Galuh

“Setiap akses jalan yang ada di Ciamis akan dipasang provider message. Sehingga, memudahkan wisatawan ketika sudah masuk ke Ciamis, yang akan selalu ada broadcast setiap jam libur saja, Sabtu maupun Minggu,” ucapnya.

Erwan menambahkan, saat masyarakat mendapatkan sebuah informasi melalui SMS, maka penerima bisa meng-klik linknya, dan otomatis akan masuk ke website tersebut.

Diakuinya, bahwa konten Galuh Virtual ini sudah mulai disempurnakan. Dari mulai situs budaya yang ada di Ciamis sampai foto-foto Ciamis tempo dulu. “Ketika dipilih akan langsung diantarkan oleh GPS,”ucapnya. 

Erwan berharap, dengan adanya website tersebut selain sebagai pusat informasi sektor budaya juga sesuai visi bupati, tentunya untuk menggali budaya lokal. Yaitu, sebagai penunjang pariwisata daerah.

“Kami akan terus sempurnakan aplikasi ini. Sehingga, masyarakat luar akan lebih mengenal budaya yang ada di Kabupaten Ciamis,” tandasnya. 

Kehadiran website Galuh Virtual dalam upaya mengangkat potensi yang ada di Tatar Galuh, diapresiasi oleh Asda 1 Kabupaten Ciamis, Ika.

“Inovasi seperti ini harus dilakukan di semua sektor pemerintah, dalam memanfaatkan sebuah teknologi,” katanya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Loading...