Gearbox Mobil Rusak, Diakibatkan Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi

Gearbox Mobil Rusak, Diakibatkan Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi
Ilustrasi Gearbox Mobil Rusak. Foto Istimewa

Gearbox mobil rusak membuat transmisi sejumlah daya melalui rotasi akan berfungsi tidak sempurna. Mobil merupakan salah satu jenis alat transportasi yang dapat mengangkut banyak penumpang.

Agar mobil bisa berfungsi dengan baik, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Anda juga perlu memperhatikan setiap komponen yang mempengaruhi kinerja mobil itu sendiri.

Setiap mobil memiliki proses transmisi daya yang cukup menarik dari mesin ke roda. Banyak komponen yang ikut berperan dalam proses ini, termasuk gearbox.

Gearbox memiliki fungsi penting dalam hal ini, tanpa kehadirannya transmisi tidak bisa berjalan dengan baik. Gearbox atau kotak persneleng mobil mampu melakukan transmisi daya secara terus menerus tanpa akhir dan tanpa gesekan.

Oleh sebab itu, gearbok mudah rusak atau aus. Gearbox mobil rusak salah satunya dikarenakan pengemudi yang melakukan kebiasaan buruk atau asal-asalan.

Sebenarnya mengemudi mobil perlu dilakukan latihan yang tepat. Anda juga perlu tahu apa saja komponen yang penting dan cara merawatnya.

Baca juga: Kapan Shockbreaker Motor Harus Diganti, Ketahui Gejalanya

Penyebab Gearbox Mobil Rusak

Jika mobil anda sudah tidak memiliki kenyamanan saat dikendarai, sebaiknya segera cek kondisinya. Setiap kerusakan pada komponen mobil biasanya ditandai dengan gejala yang bisa dirasakan pengemudi.

Segera periksa ke bengkel agar anda tahu bagian mana yang mengalami gangguan. Keamanan pada mobil dipengaruhi pada setiap komponennya.

Jika salah satu komponen rusak, dapat berakibat performa mobil berkurang. Begitu juga jika gearbox mobil rusak, sebaiknya segera diganti untuk menunjang keselamatan pengemudi.

Gearbox anda rusak bisa dikarenakan saat mengemudi anda melakukan hal sepele, namun justru dapat merusaknya. Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang tidak anda sadari yang dapat merusak mobil. Diantaranya:

Menginjak Rem Terus Menerus

Kebiasaan pertama yang dapat mengakibatkan gearbox rusak yaitu anda menginjak rem secara terus-menerus ke bawah. Aktivitas ini dapat berakibat menambahkan keausan pada bagian bantalan rem dan cakram.

Jika hal ini terjadi, anda akan mengeluarkan biaya untuk penggantian yang lebih sering. Solusi yang tepat untuk tidak menginjak rem terus-menerus yaitu dengan menggunakan gigi rendah.

Gunakan posisi gigi paling rendah dengan diikuti sedikit pengereman. Sebaiknya lepaskan pedal rem agar bisa mendingin. Gunakan rem sebaik mungkin dan gunakan bila itu diperlukan.

Baca juga: Ciri-Ciri Kiprok Rusak, Kenali Lebih Awal Sebelum Terlambat

Istirahatkan Tangan pada Bagian Roda Gigi

Kebiasaan berikutnya yang dapat membuat gearbox mobil rusak yaitu sering meletakkan tangan pada roda gigi. Posisi tangan yang baik saat mengemudi yaitu meletakkan kedua tangan pada pegangan kemudi.

Namun, masih banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk dengan meletakkan tangan pada posisi tongkat penyangga. Perlu diketahui bahwa hal ini dapat berdampak buruk pada transmisi daya mobil.

Gearstick berhubungan erat dengan garpu pemilih yang ditugaskan untuk melakukan kontak dengan kerah. Kontak antara gearstick dan kerah mampu berputar dalam waktu yang cepat dan singkat.

Jika kebiasaan tangan anda bertumpu pada tongkat penyangga beresiko memberikan tekanan pada garpu pemilih. Kebiasaan yang dilakukan tanpa sengaja justru dapat menimbulkan keausan sejak dini.

Sebaiknya anda hilangkan kebiasaan meletakkan tangan pada tongkat penyangga gigi agar meminimalisir resiko gearbox mobil rusak.

Flooring Akselerator dengan Gigi Tinggi

Kemajuan teknologi saat ini ikut berperan pada pembaruan teknologi otomotif. Kini banyak mobil keluaran terbaru yang dilengkapi dengan lampu indikator perpindahan gigi.

Lampu ini berfungsi memberi tahu apakah anda perlu menaikkan atau justru menurunkan gigi. Pada posisi putaran gigi rendah maupun tinggi menimbulkan kinerja mesin bekerja lebih keras.

Perlu diperhatikan ikon downshift atau persiapan merubah jika diperlukan. Tekanan keras yang terjadi bisa berakibat buruk.

Ubah ke posisi bawah dan biarkan roda gigi naik sebelum pergantian. Hal ini sangat penting ketika mobil berada di area mendaki bukit atau membawa beban berat.

Mobil Kelebihan Muatan

Mobil memang didesain untuk membawa beban yang berat. Namun, hal ini bukan berarti anda bisa memberikan muatan yang berlebihan pada mobil. Sebab, bobot muatan yang terlalu banyak mengakibatkan ketegangan pada rem, suspensi, dan drivertain mobil. 

Kebiasaan yang bisa berujung gearbox mobil rusak yaitu banyaknya muatan mobil itu sendiri. Sebaiknya anda berikan muatan yang wajar agar performa mobil bisa berjalan dengan baik. (R10/HR-Online)

Loading...