Gejala Kista Ovarium Wajib Dikenali Sejak Dini oleh Kaum Perempuan

gejala kista ovarium
Ilustrasi gejala kista ovarium. Foto: Istimewa

Gejala kista ovarium terkadang tidak disadari oleh kebanyakan kaum perempuan. Apalagi tanda gangguan kista ovarium kadang muncul dan kadang pula hilang dengan sendirinya sehingga sering disepelekan.

Kista ovarium merupakan jenis tumor jinak yang menyerang bagian ovarium atau indung telur wanita. Seperti dikutip Wikipedia, gangguan ini merupakan jenis penyakit yang banyak ditemukan.

Kista itu sendiri berbentuk seperti anggur atau kantung kecil (kistik) yang berisi cairan kental. Kista ini diselimuti selaput jaringan yang terpisah dengan jaringan normal lainnya.

Mengenal gejala kista ovarium sejak dini sangat penting. Hal ini agar tumor tidak berkembang liar dan menyebar ke vagina atau di sekitar vulva. Apalagi kista mudah diangkat melalui pembedahan dan tidak berbahaya.

Pada dasarnya, ada dua jenis kista ovarium yang juga perlu diketahui. Yaitu kista non-neoplastik dan jenis kista ovarium neoplastik. Kista non-neoplastik termasuk jenis tumor jinak yang umumnya akan mengempis sendiri.

Sedangkan jenis kista neoplastik bersifat lebih ganas dan bisa tumbuh dan berkembang. Untuk mengatasinya harus melalui operasi pembedahan. Namun dokter akan memeriksa dan memastikan sebelum dilakukan pengangkatan.

Mengenal Gejala Kista Ovarium

Kista ovarium umumnya terjadi dengan disertai adanya suatu gejala meskipun tidak menyakitkan. Berikut ini sejumlah gejalanya yang wajib Anda tahu, khususnya kaum wanita.

Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Salah satu gejala yang biasanya menyertai adanya kista jenis ini yaitu ketika datangnya siklus menstruasi yang tidak teratur. Gejala endometriosis ini juga terjadi dengan diikuti terjadinya pendarahan menstruasi berlebihan dan timbulnya rasa nyeri yang sangat.

Sakit Saat Buang Air

Gejala kista ovarium lainnya adalah timbulnya rasa sakit saat buang air. Juga seperti ingin sering buang air kecil ataupun besar. Gejala  ini biasanya diikuti sulit atau sedikit keluarnya air kencing atau feses.

Nyeri pada Panggul

Timbulnya rasa nyeri pada bagian panggul sebelum atau sesudah siklus menstruasi juga perlu diwaspadai. Bahkan ada yang mengatakan gejala ini memperlihatkan kondisi yang sudah parah sehingga perlu segera ke dokter.

TCL

Nyeri di Bagian Punggung

Nyeri di sekitar punggung juga bisa merupakan gejala kista ovarium. Rasa sakit punggung ini kadang merembet hingga ke pangkal paha, khususnya saat berjalan. Karena itu saat gejala ini muncul segera konsultasikan ke dokter.

Payudara Terasa Nyeri

Meskipun agak jauh letaknya dengan ovarium, nyeri pada bagian payudara juga perlu diwaspadai. Nyeri ini bisa karena memang kista ovarium. Namun juga bisa karena adanya kista atau gangguan penyakit lain pada payudara.

Perut Kembung

Gejala kista ovarium selanjutnya adalah terjadinya kembung pada perut. Perut seperti terasa bengkak atau kenyang meskipun tidak makan. Meskipun kondisi ini termasuk gejala umum pada beberapa penyakit, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk memastikannya.

Perut Mual dan Muntah

Selain kembung, perut yang sering terasa mual atau diikuti muntah juga perlu diwaspadai. Khususnya di perut bagian bawah. Gejala ini bisa muncul akibat terjadinya tekanan dari kista ovarium yang membuat pencernaan terganggu.

Kepala Sangat Pusing

Serangan kista ovarium juga bisa memicu terjadinya sakit kepala. Bahkan tak sedikit kasus wanita yang pingsan akibat sakit yang sangat. Segera periksakan ke dokter karena kondisi ini bisa karena pecahnya kista ovarium.

Itulah sejumlah gejala kista ovarium yang sebaiknya dikenali dan diwaspadai. Gangguan pada ovarium umumnya menimbulkan gejala pada organ tubuh di sekitarnya. Segera periksakan ke dokter jika Anda merasakan tanda di atas sebelum terlambat. (R11/HR-Online)

Loading...