Gejala Maag Akut yang Wajib Dikenali Sebelum Menjadi Kronis

Gejala Maag Akut
Ilustrasi Gejala Maag Akut. Foto: Ist/Net

Tidak mudah mengenal gejala maag akut yang biasanya datang secara mendadak dan cepat. Mengenal keluhan penyakit maag akut sangat penting agar bisa segera diobati sebelum menjadi kronis yang berbahaya.

Maag akut atau gastritis akut merupakan salah satu jenis penyakit maag yang ditandai terjadinya inflamasi akut pada lambung. Penyakit ini umumnya terbatas pada bagian muklosa dan sering tanpa diketahui penyebabnya.

Gejala maag akut biasanya dirasakan secara mendadak. Bahkan kondisi tubuh akan semakin menurun dalam waktu yang cepat sehingga disebut akut. Hal ini berbeda dengan jenis maag kronis yang prosesnya berlangsung lama.

Gangguan pencernaan ini umumnya terjadi karena pola makan yang tak teratur ataupun mengonsumsi kuliner yang tidak steril. Inflamasi ini merupakan hasil reaksi tubuh karena adanya infeksi dari mikroorganisme atau benda asing pada lambung.

Kenali Gejala Maag Akut Ini

Maag akut adalah suatu kondisi gangguan lambung yang menyerang sistem pencernaan. Berikut ini sejumlah tanda dan gejala maag akut yang sebaiknya dikenali dengan baik agar tidak menjadi kronis.

Muntah dan Mual

Muntah dan mual merupakan pertanda umum orang yang mengalami sakit maag akut maupun kronis. Yang dimulai dari telat makan atau makan makanan tidak sehat hingga timbul rasa mual. Biasanya akan berlanjut dengan terjadinya muntah.

Sakit Perut

Tanda atau gejala maag akut lainnya adalah rasa nyeri pada bagian perut. Hal ini disebabkan timbulnya gastritis yakni suatu peristiwa bertambahnya asam lambung di bagian perut. Hingga menimbulkan perut terasa sangat nyeri.

Orang yang mengalami gejala penyakit ini bervariasi. Ada yang mampu menahan sakit perut dengan baik. Ada yang tidak bisa menahan sakit perut parah hingga ia tak bisa melaksanakan aktivitas apa pun.

Perut Terasa Penuh

Selesai makan sangat normal jika kita merasa kenyang. Namun perut terasa seperti penuh atau kenyang berbeda dengan kenyangnya orang yang mengidap sakit maag akut.

Orang yang mengidap sakit maag akan merasakan perut kembung penuh sehabis makan walau sedikit. Hal ini terjadi disebabkan banyaknya gas dan asam lambung yang terdapat dalam perut.

Perut Terasa Kembung

Perut kembung menjadi ciri khas dan gejala maag akut. Ini sama prosesnya seperti orang yang mengalami sakit perut. Yang diawali dari produksi asam lambung yang meningkat dalam pencernaan tubuh.

Dampaknya timbul rasa kembung pada perut karena dipenuhi gas. Asam pada lambung yang menyerang pencernaan dapat juga naik ke organ tubuh manusia yang berada di atasnya, seperti dada dan ulu hati serta kerongkongan.

Meredakan Gejala Maag Akut

Nyeri dan sakit pada maag akut yang dialami setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengalami gangguan sistem pencernaan dengan ringan, perut terasa sakit, gampang kenyang setiap makan, nafsu makan menurun, dan gejala lain.

Untuk mengatasi dan meredakan gejala maag akut ada cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan minum obat maag kronis agar sakitnya tidak semakin kronis dan meluas.

Namun jika kondisi tidak membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Selain untuk mengobati sakit yang ada, pemeriksaan dokter akan bisa memastikan tidak adanya penyakit lain yang berbahaya.

Lantas kapan sebaiknya memeriksakan ke dokter? Beberapa gejala maag akut yang harus ditangani secara medis oleh dokter jika perut terasa nyeri yang berlangsung seminggu lebih dan sakit perut membuat sulit tidur dan mengganggu aktivitas.

Bagi orang yang menderita sakit maag akut maka dokter akan memeriksa atau melakukan pengujian lewat serangkaian tes. Tes itu untuk mengetahui penyebab maag lewat nafas atau feses, dan tes darah.

Selain berobat ke dokter, untuk mengatasi dan meredakan gejala maag akut dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Konsumsi makanan sehat agar aman bagi lambung. Selain itu lakukan perawatan diri di rumah, dan senantiasa menjaga kebersihan. (R11/HR-Online)