HP Kentang 2020 Bisa Tetap Gesit, Begini Cara Mengakalinya

HP kentang 2020 bisa tetap gesit meskipun memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Foto: Net/Ist.
HP kentang 2020 bisa tetap gesit meskipun memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Foto: Net/Ist.

HP kentang 2020 bisa tetap gesit meskipun memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Sebetulnya ada cara agar HP kentang bisa nyaman dipakai layaknya ponsel kekinian.

Dirangkum dari berbagai sumber, HP yang dibekali spesifikasi pas-pasan sering dijuluki “HP kentang”. Biasanya smartphone tersebut punya spesifikasi entry-level.

Smartphone entry-level ini dibekali RAM maksimal 2GB dengan memori internal 16GB. Meski begitu, bukan berarti HP kentang ini tidak layak untuk dibeli, atau tidak bisa dipakai secara normal.

Karena, smartphone yang masuk ke dalam kategori itu bisa digunakan dengan nyaman seperti halnya ponsel kekinian. Namun memang ada beberapa yang perlu diperhatikan penggunanya, terutama dalam segi pemakaian aplikasi.

Lantas, bagaimana agar HP dengan kategori tersebut bisa nyaman dipakai. Termasuk digunakan untuk bermain game online? Berikut ini beberapa tipsnya.

Tips Agar HP Kentang 2020 Bisa Tetap Gesit

Tidak Memasang Banyak Aplikasi

Tidak dianjurkan pengguna HP entry-level memasang banyak aplikasi. Contohnya ketika menggunakan aplikasi seperti WhatsApp. Pengguna HP kentang dianjurkan supaya tidak banyak mengikuti grup WhatsApp.

Selain itu, pengguna harus sering membersihkan video, gambar, atau menghapus histori percakapan dalam chat yang dianggap tidak penting.

Pemilik HP kentang juga disarankan agar memperhatikan aplikasi apa saja yang terpasang pada perangkatnya. Tujuannya agar ruang penyimpanan smartphone tidak penuh.

Hanya Pasang Aplikasi yang Dibutuhkan

Agar HP kentang 2020 bisa tetap gesit, pengguna disarankan hanya memasang aplikasi yang dibutuhkan, termasuk game.

Untuk game, pastikan memasang game yang tidak banyak memakan ruang penyimpanan, dan kuat dijalankan di ponsel entry-level.

Karena HP kentang memiliki spesifikasi yang terbatas, jadi intinya jangan memaksakan untuk memasang aplikasi yang berat-berat. Apalagi aplikasi tersebut jarang gunakan.

Rajin Membersihkan Memori HP

Supaya HP kentang bisa tetap gesit, dianjurkan pengguna untuk membiasakan membersihkan RAM dan memori penyimpanan ponsel.

Hal ini perlu rutin dilakukan supaya smartphone bisa tetap nyaman untuk menjalankan berbagai aplikasi yang kamu inginkan.

Pengguna HP kentang disarankan untuk selalu membersihkan cache dan temporary files agar RAM dan media penyimpanan lebih lega. Dengan begitu, maka aplikasi-aplikasi yang ingin digunakan bisa berjalan secara optimal.

Untuk membersihkan smartphone dari berbagai file yang tidak berguna, kamu tinggal masuk ke menu “Setting” yang ada di ponsel. Bisa juga memakai pembersih dari aplikasi bawaannya.

Aplikasi Pembersih Pihak Ketiga

Selain itu, pengguna HP kentang juga bisa pasang aplikasi pembersih dari pihak ketiga. Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store.

Aplikasi pembersih pihak ketiga itu di antaranya ada Files Go, AVG Cleaner, CCleaner, Phone Cleaner, dan sebagainya.

Ciri-ciri HP Kentang

HP kentang 2020 bisa tetap gesit dipakai menjalankan berbagai aplikasi. Beberapa tahun ke belakang istilah HP kentang jadi populer. Yaitu sejak banyak vendor ponsel baru bermunculan, dan menghadirkan berbagai jenis smartphone yang dibekali beragam spesifikasi.

Sebutan HP kentang juga cukup familiar bagai penggiat gadget atau para gamer. Lalu, ponsel yang seperti apa yang biasa dijuluki HP Kentang?

Spesifikasi Pas-pasan

Istilah HP kentang kabarnya adalah singkatan, yaitu “kena tanggung”. Artinya spesifikasi yang dibawa smartphone tersebut tanggung atau pas-pasan. Jadi dalam hal ini kemampuan HP tersebut sangat terbatas.

Misalnya dari segi prosesor yang digunakannya adalah prosesor kelas entry-level. Kemudian, ukuran media penyimpanannya juga kecil.

Smartphone dengan spesifikasi kurang mumpuni jika digunakan untuk bermain game terlalu berat. Bila dipaksakan bisa mengakibatkan kinerja perangkat menjadi lemot.

Terutama saat memainkan game berat yang sedang tenar sekarang, seperti PUBG, CS GO, Asphalt 9, dan game berat lainnya.

Baca Juga : Ini Kelebihan pada Smartphone Realme C2 Sebagai “The New Entry-level King”

Kapasitas Baterai Kecil

Selain hanya memiliki RAM 2GB, ROM 16GB, disebut HP kentang juga karena di segi daya baterai yang dibawanya kecil, yaitu di bawah 4.000 mAh.

Istilah HP kentang sebetulnya bisa saja untuk semua smartphone. Misalnya, smartphone flagship A memiliki spesifikasi tinggi, namun tanpa dibekali NFC.

Selain itu, istilah HP kentang juga dinilai subjektif. Jadi tak ada spesifikasi yang khusus untuk menentukan sebuah ponsel masuk ke dalam kategori tersebut.

Sebutan HP kentang muncul ketika ada smartphone yang dibekali spesifikasi ‘nanggung’ jika dibandingkan ponsel lain dengan harga sekelasnya.

Meski begitu, HP kentang 2020 bisa tetap gesit dan nyaman saat digunakan, termasuk dipakai bermain game. Yaitu dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...