HP Realme dengan Fitur NFC, Teknologi Komunikasi Dengan Sistem RFID

HP Realme dengan Fitur NFC
Ilustrasi HP Realme dengan Fitur NFC. Foto Istimewa

HP Realme dengan fitur NFC merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang menginginkan kemudahan dalam pembayaran digital.

Fitur NFC sudah tidak asing lagi bagi para pengguna HP mid-range hingga pada HP flagship. NFC merupakan teknologi komunikasi yang dapat digunakan antar smartphone yang bekerja dengan sistem RFID (Radio Frequenscy Identification).

Banyak vendor yang telah menghadirkan fitur NFC pada produk-produk unggulan mereka, salah satunya adalah produk Realme.

Dengan adanya fitur Near Filed Communication (NFC), dapat memungkinkan adanya aplikasi pembayaran digital contactless.

Selain itu, fitur ini juga memiliki fungsi lain seperti memudahkan transfer data secara lebih cepat, tanpa harus menggunakan kabel, serta menghubungkan ponsel seperti Bluetooth.

HP Realme dengan Fitur NFC

Dulu smartphone dengan fitur NFC masih relatif eksklusif. Hanya terdapat beberapa merk yang mengusung fitur ini.

Pada umumnya smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC merupakan produk kelas premium. Namun saat ini terdapat beberapa jenis HP dengan harga terjangkau telah menyediakan fitur yang sangat bermanfaat ini.

Salah satunya adalah produk dari Realme yang telah mendukung adanya fitur NFC. Berikut ini beberapa HP Realme dengan fitur NFC yang direkomendasikan untuk anda:

Realme X2 Pro

Update Realme dengan fitur NFC yang pertama adalah Realme X2 Pro. Seri ini diharapkan menjadi smartphone flagship killer dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau.

Realme X2 Pro hadir dengan performa yang mengandalkan Snapdragon 855+ dengan RAM 12GB.

Selain itu, HP Realme dengan fitur NFC ini juga telah mengusung layar Super AMOLED ukuran 6,5 inci dan resolusi 1.080×2.400 piksel dengan refresh rate 90Hz.

Dari sektor fotografi, smartphone ini telah menggunakan empat kamera belakang dengan konfigurasi 64MP + 13MP + 8MP + 2MP.

Sedangkan untuk segi daya telah menanamkan baterai berkapasitas 4000mAh dengan SuperVOOC Flash Charger 50W.

Realme 6s

HP Realme dengan fitur NFC berikutnya adalah Realme 6s. Smartphone ini hadir dengan mengusung layar dengan refresh rate 90Hz yang memiliki dimensi 6,5 inci.

Selain itu, layar pada Realme 6s telah beresolusi full HD+ yang dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass.

Pada bagian atas kiri layar terdapat sebuah kamera punch-hole dengan resolusi 16MP. Selain itu, terdapat pula sensor sidik jari yang telah disematkan pada sisi kanan bodi yang menyatu dengan tombol power.

Chipset yang digunakan pun sangat bisa diandalkan yakni MediaTekHelio 690T Octa core yang memiliki clockspeed tertinggi hingga 2,5 Ghz.

Chipset ini telah dipasangkan dengan RAM 4GB serta penyimpanan internal 64GB. Smartphone ini juga telah dikonfigurasi dengan triple slot yang dapat digunakan untuk dua nano SIM plus tambahan untuk kartu microSD secara bersamaan.

Hal menarik lain dari Realme 6s adalah telah dilengkapi dengan fitur NFC yang sangat berguna bagi para penggunanya yang sering melakukan top-up e-money atau bisa sebagai metode pembayaran digital lainnya.

Realme 6s telah menggunakan baterai berkapasitas 4.300 mAh yang dilengkapi dengan Fast Charger 30W.

Manfaat Fitur NFC pada Smartphone

NFC saat ini telah menjadi fitur standar dari beberapa smartphone kelas mid-end serta high end. Fitur ini memungkinkan smartphone dapat terkoneksi dengan smartphone lain. Di bawah ini beberapa manfaat NFC pada smartphone:

Koneksi Ke Perangkat Lain

HP Realme dengan fitur NFC semakin dipermudah dalam menghubungkan dengan perangkat lain secara dua arah dalam menerima serta mengirim informasi.

Dengan adanya NFC, anda tidak bergantung dengan jaringan Wi-Fi ataupun LTE. Lain dengan Bluetooth yang mengharuskan anda melakukan pairing terlebih dahulu.

Dengan menggunakan NFC, anda tinggal tempel supaya dapat tersambung. Adanya koneksi NFC dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, diantaranya menghubungkan smartphone pada wireless router, headset, serta speaker yang telah dilengkapi fitur NFC.

Pembayaran Digital yang Praktis

Kehadiran NFC dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sangat praktis. Anda tinggal menempelkan smartphone pada alat tertentu. Selanjutnya NFC akan memberikan data yang diperlukan sehingga proses pembayaran dapat diproses secara cepat.

Mengisi E-Money

Pada sejumlah bank penerbit uang elektronik (e-money) telah mempunyai fitur top up melalui aplikasi mobile banking.

Dengan aplikasi mobile banking yang telah dilengkapi dengan fitur NFC, maka anda tidak perlu repot lagi untuk datang ke bank atau ATM untuk mengisi kartu tersebut.

Dengan menggunakan HP Realme dengan fitur NFC, maka anda dapat merasakan beragam kemudahan dalam aktivitas anda sehari-hari. Fitur komunikasi nirkabel dengan menggunakan medan magnetik ini dapat memberikan beragam manfaat yang memudahkan anda untuk melakukan banyak hal. (R10/HR-Online)