HP Xiaomi Redmi K30 Ultra Segera Rilis, Simak Bocoran Spesifikasinya!

HP Xiaomi Redmi K30 Ultra
HP Xiaomi Redmi K30 Ultra. Foto Istimewa

HP Xiaomi Redmi K30 Ultra akan segera diluncurkan di pasar global dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya kode MIUI 12 yang telah mengungkapkan beberapa fitur di dalamnya.

Redmi merupakan salah satu sub merk Xiaomi yang telah sukses merilis beberapa smartphone K series. Smartphone tersebut diantaranya Redmi K30, Redmi K30 Pro, Redmi K30 5G Racing Edition, serta Redmi K30i.

Saat ini vendor kenamaan tersebut telah mempersiapkan kehadiran produk terbarunya yang masih masuk ke dalam keluarga K series. Smartphone tersebut bernama Redmi K30 Ultra.

HP Xiaomi Redmi K30 Ultra, Kelas Mid-Range atau High End?

Keberadaan smartphone Redmi K30 Ultra hadir dalam beberapa baris kode dengan versi terbaru MIUI 12 yang telah ditemukan oleh seorang anggota XDA Developers.

Perangkat ini hadir dengan codename “cezanne”. Dari MIUI 12 juga mengungkapkan beragam informasi menarik mengenai smartphone ini.

Salah satunya adalah hadirnya kamera utama 64 megapiksel pada bagian belakang dalam pengaturan quad-camera.

Sedangkan tiga kamera lainnya hingga kini masih menjadi misteri, karena belum ada informasi resmi mengenai hal tersebut.

Android Authority telah memperkirakan bahwa HP Xiaomi Redmi K30 Ultra akan masuk dalam kelas menengah atau mid-range dan bahkan bisa jadi masuk pada kelas high-end/atas.

Perkiraan ini berdasarkan bahwa sebelumnya Xiaomi telah berhasil merilis ponsel murah 5G yang menyasar pada konsumen kelas bawah.

Mengenal Xiaomi Redmi K30 Ultra

Sesuai dengan informasi yang ada, kemungkinan Redmi K30 Ultra lebih mirip dengan Redmi K30 Pro yang sebelumnya telah diluncurkan oleh Xiaomi di China pada bulan Maret lalu.

Akan tetapi, nampaknya akan ada perubahan yang dihadirkan dengan tujuan untuk menargetkan pelanggan yang berbeda.

Bocoran lain mengenai spesifikasi ponsel terbaru yang bakal dihadirkan oleh Xiaomi ini telah muncul di website populer pada Weibo.

Website ini seringkali membocorkan rahasia dari berbagai jenis ponsel yakni Digital Chat Station. Di dalam situs tersebut menyebutkan bahwa bahwa HP Xiaomi Redmi K30 Ultra akan ditenagai dengan prosesor MediaTek Dimensity 1000.

Dimana dengan layar LCD dan refresh rate hingga 1444Hz. Hingga saat ini belum ada penjelasan yang pasti mengenai Redmi K30 Ultra besutan Vendor asal China ini.

Bocoran Spesifikasi HP Redmi K30 Ultra

Sesuai dengan informasi sebelumnya, seorang anggota XDA menyatakan telah menemukan beberapa bocoran mengenai spesifikasi HP Redmi K30 Ultra.

Bocoran ini ditemukan dalam pengembangan sistem operasi khas produk Xiaomi yaitu MIUI. Dalam data ini menyebutkan beberapa spesifikasi yang hadir pada smartphone ini. Diantaranya akan mengusung kamera pop-up dengan resolusi 64MP.

Sebenarnya hal ini tidak asing lagi pada produk Xiaomi. Hal ini dikarenakan pada produk sebelumnya, Xiaomi telah menerapkan kamera po-up pada Redmi K30 Pro serta K30 Pro Zoom.

Seperti kita ketahui, Redmi merupakan smartphone yang telah memiliki tenaga MediaTek, salah satunya Redmi 10X series yang telah hadir dengan mengusung chipset Dimensity 820.

Akan tetapi, dengan adanya tambahan nama Ultra, maka cezanne atau disebut dengan HP Xiaomi Redmi K30 Ultra dapat menjadi smartphone premium.

Oleh karena itu, hendaknya Redmi K30 Ultra ini menggunakan chipset yang lebih bertenaga dalam memenuhi kebutuhannya.

Dalam hal ini, chipset yang lebih sesuai untuk perangkat tersebut adalah Dimensity 1000 atau Dimensity 1000+ yang lebih baru.

Perubahan pada Xiaomi Redmi K30 Ultra

Hal menarik dari smartphone yang bakal hadir ini, dinyatakan bahwa akan terjadi perubahan paling besar yang akan dibawanya.

Perubahan tersebut kemungkinan HP Xiaomi Redmi K30 Ultra sudah tidak menggunakan prosesor Snapdragon. Akan tetapi, kemungkinan besar akan menggunakan prosesor MediaTek SoC.

Hal ini berdasarkan adanya petunjuk bahwa Xiaomi sebelumnya telah merilis Redmi 10X serta 10X Pro yang menggunakan MediaTek Dimensity 820 5G SoC. Bukan menggunakan Snapdragon lagi.

Menurut klaim dari Digital Chat Station mengungkapkan bahwa smartphone ini akan memiliki pop up selfie camera dengan menggunakan kamera utama Sony IMX686 64 Megapiksel.

Hal ini kemungkinan akan dilengkapi dengan dukungan refresh rate tinggi yang didukung pengisian cepat 33 watt dari segi daya.

Hingga kini belum ada penjelasan resmi dari perusahaan Xiaomi mengenai spesifikasi HP Xiaomi Redmi K30 Ultra ini. Kita harapkan bocoran lain akan segera hadir memberi informasi yang lebih lengkap mengenai produk Xiaomi terbaru ini. (R10/HR-Online)