HUT ke-70, IGTKI Banjar Gelar Bintek BDR

HUT ke-70, IGTKI Banjar Gelar Bintek BDR
Ketua IGTKI Kota Banjar, Imas Rosita, saat kegiatan bintek BDR bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banjar, dan Plt. PAUDDikmas Kota Banjar. Foto: Iwan Hendra/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Kegiatan dalam mengisi Hari Ulang Tahun atau HUT IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) yang ke-70 di masa pendemi Covid-19 seperti sekarang, digelar tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. baik kegiatan di tingkat kota maupun provinsi.

Ketua IGTKI Kota Banjar, Imas Rosita, mengatakan, dalam memeriahkan HUT IGTKI tahun ini, kegiatan yang dilaksanakan di antaranya lomba literasi dari berbagai Taman Kanak-kanan (TK) se-Jawa Barat, di Gedung Sabuga Bandung. Namun, semua kegiata yang sudah dipersiapkan dari dulu itu harus dipangkas karena kondisi pandemi.

“Padahal kami sudah mempersiapkan beberapa kegiatan untuk dipentaskan dalam kegiatan literasi itu, namun tidak jadi karena wabah Corona,” ungkapnya, kepada Koran HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (02/07/2020).

Meski begitu, lanjut Imas, pihaknya tetap merasa senang lantaran penjilidan buku sebanyak 1.000 buku dari berbagai TK se-Jawa Barat yang bekerjasama dengan IGTKI Provinsi dengan salah satu penerbit, masih bisa dilakukan. Meskipun hasil yang masuk baru 850 buku dari berbagai TK se-Jawa Barat.

“Penjilidan buku masih bisa dilakukan, namun ya itu tadi, karena terhalang masa pandemi maka buku belum bisa dicetak dan terbit. Mungkin menunggu dulu masa pandemi yang tidak tahu kapan berakhirnya,” kata Imas.

Upacara HUT IGTKI Digelar Lewat Daring

Walaupun demikian, lanjut Imas, kegiatan pada hari H-nya, IGTKI Provinsi menyiarkan upacara peringatan HUT IGTKI melalui aplikasi di smartphone. Upacara tersebut dihadiri sekitar 1.350 undangan. Sedangkan, yang hadir dari TK se-Jawa Barat hanya 800 undangan.

“Siaran itu melalui aplikasi Zoom, dan setiap TK se-Jawa Barat, termasuk TK di Kota Banjar sendiri melihat acara tersebut. Tapi karena masa pandemi, jadi yang datang cuma sekitar 800 peserta. Meskipun begitu, acara ulang tahun tersebut terbilang sukses,” katanya.

Imas juga mengatakan, karena masih dalam masa pandemi, kegiatan dalam moment HUT IGTKI di daerah, termasuk IGTKI Kota Banjar, tidak akan melaksanakan gebyar seperti biasanya.

Hal itu sebagai bentuk ketaatan pihaknya terhadap peraturan yang telah ditetapkan pemerintah, dan merupakan salah satu aturan dari protokol kesehatan di Kota Banjar.

“Intinya dalam peringatan HUT IGTKI yang ke-70 ini, kami berharap agar IGTKI yang mewadahi TK di Indonesia tetap ada, dan bisa lebih solid lagi,” ungkapnya.

IGTKI Banjar Gelar Bintek BDR

Imas menambahkan, untuk pembelajaran di masa pandemi ini, IGTKI Kota Banjar melalui Dirjen Kemendikbud, melaksanakan Bintek BDR (Bimbingan Teknik Belajar di Rumah) selama tiga hari, yakni dari tanggal 2-4 Juli 2020.

Kegiatan bintek BDR dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banjar, dan Plt. PAUDDikmas Kota Banjar. Kegiatan tersebut sebagai aplikasi dari bagaimana berdamai dengan situasi seperti saat ini, atau pembelajaran di masa pandemi.

“Ini merupakan imbas dari Covid-19 terhadap pembelajaran setingkat TK, RA, PAUD dan sederajat. Kegiatan bintek dilakukan hanya mengambil 10 TK terdekat saja, sesuai dengan protokol kesehatan yang tidak boleh adanya kerumunan massa,” terang Imas.

Diharapkan 10 TK tersebut mampu memberikan hasil dari binteknya ke TK lainnya se-Kota Banjar. Agar BDR (Belajar di Rumah) bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan kebijakan yang sudah ditetapkan di masa pandemi. (HND/Koran HR)

Loading...