Hutan Pasarean Ciamis, Mitosnya Dijaga Oleh Sosok ‘Maung’

Hutan Pasarean Ciamis
Hutan Pasarean di Panawangan, Ciamis ini diyakini dijaga oleh sosok Maung. Foto : Dadang/HR-Online

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sebuah hutan keramat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki cerita yang menyeramkan. Ada mitos, di Hutan Pasarean Ciamis ini dijaga oleh sosok ‘maung’ atau harimau. Barang siapa yang menebang pohon sembarangan, atau mengambil sesuatu di hutan itu, maka sosok ‘maung’ akan mendatanginya.

Maung tersebut akan meminta orang itu mengembalikan barang yang telah diambilnya. Namun bila tidak dilakukan maka orang tersebut akan mendapatkan musibah yang tak diduga-duga sebelumnya. Percaya atau tidak, namun mitos ini sudah bertahan sejak lama hingga saat ini.

Hutan Pasarean Handap atau bawah, terletak di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan. Di lokasi hutan terdapat makam salah satu tokoh bernama Pangeran Undakan Kalangan Sari. Hutan itu telah ditetapkan menjadi Situs Cagar Budaya dan hutan lindung.

Penduduk di sekitar Hutan Pasarean Ciamis telah meyakini akan mitos itu. Penduduk disana tak ada yang berani untuk menebang atau mengambil ranting pohon sekalipun. Sehingga hutan ini tetap terjaga dengan baik. Aneka pohon berusia ratusan tahun masih kokoh berdiri. Bila masuk ke hutan ini, suasana sejuk dan sunyi akan sangat terasa.

“Sejak zaman orang tua dulu, larangan atau pamali ini sudah ada dan ditaati oleh penduduk disini. Memang dulu orang yang bandel, yang mengambil pohon disini nyata didatangi oleh sosok maung itu. Karena sekarang tidak ada yang berani, jadi kejadian itu tidak ada,” ujar Amil Desa Nagarapageuh, Samin Setiaman, Minggu (12/10/2020).

Pantauan HR Online, kondisi Hutan Pasarean Ciamis ini rimbung dengan pohon besar. Terdapat tangga panjang dan tinggi untuk akses masuk. Ada beberapa pohon besar yang tumbang dibiarkan lapuk begitu saja. Bila masuk sendirian, anda akan mendapatkan sensasi horor untuk uji nyali.

“Disini banyak pohon tumbang, tapi dibiarkan begitu saja. Sebetulnya kan kalau dimanfaatkan bisa digunakan untuk kayu bakat. Tapi kan tidak begitu, jadi sesuatu yang berasal dari alam akan kembali ke alam. Warga disini intinya tak berani mengambil apapun,” tegas dia.

Adanya Mitos, Hutan Pasarean Ciamis Tetap Lestari

Berkat cerita mitos turun temurun ini, Hutan Pasarean tetap lestari dan terjaga keasriannya. Puluhan pohon dengan diameter raksasa masih berdiri, tinggi menjulang di tengah hutan. Terjaganya hutan tentunya memelihara cadangan sumber mata air. Sampai saat ini warga sekitar hutan mengaku tak pernah kekurangan air bersih.

“Hutan terjaga, sumber mata air terpelihara untuk sekarang sampai untuk anak cucu kita di masa depan. Jadi kita sudah mendapat warisan dari orang tua dulu, sekarang giliran kita yang mewariskan kepada anak cucu. Warga disini tetap taat menjaga hutan ini,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Loading...