Idul Adha saat Pandemi, Warga Areston Ciamis Tetap Semangat Gelar Ibadah Qurban

Idul Adha saat pandemi tak menyurutkan warga untuk kembali melaksanakan ibadah qurban. Foto: Entang SR/HR.
Idul Adha saat pandemi tak menyurutkan warga untuk kembali melaksanakan ibadah qurban. Foto: Entang SR/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Idul Adha saat pandemi tak menyurutkan warga untuk kembali melaksanakan ibadah qurban. Seperti halnya warga di Blok Areston, Dusun Neglasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Jamal, salah seorang panitia qurban di wilayah Kecamatan Banjarsari, mengatakan, meskipun saat ini masih dalam masa pendemi Covid-19, namun penyembelihan hewan qurban tetap dilaksanakan warga.

“Idul Adha saat pandemi di tahun 2020 ini memang ada sedikit perbedaan. Para panitia qurban menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak saat proses qurban berlangsung,” katanya, kepada HR Online, Jum’at (31/07/2020).

Selain itu, lanjut Jamal, hewan yang dijadikan untuk qurban di tahun 2020 ini juga merupakan hasil iuran dari semua warga yang memang ingin berqurban. Selanjutnya proses penyembelihan hingga pembagiannya ditangani oleh panitia qurban.

Baca Juga : Penjualan Hewan Ternak di Ciamis Meningkat 100% Jelang Idul Adha

Seperti halnya tradisi qurban pada hari raya Idul Adha yang digelar warga di Blok Areston, Dusun Neglasari, Kecamatan Banjarsari.

Menurut Jamal,  meskipun warga Areston Banjarsari sedang bekerja di kota besar atau di luar Banjarsari, tetapi berminat untuk qurban. Maka pihak panitia pun siap menerimanya. Menginggat kegiatan qurban merupakan salah satu ibadah.

“Untuk kegiatan qurban di tahun yang akan datang, kita akan kembali menggelar hal tersebut. Karena, satu bulan sebelum qurban digelar sudah ada beberapa warga yang siap mendaftar untuk menjadi donatur qurban tahun 2021 mendatang,” pungkasnya. (Ntang/R3/HR-Online)