Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita JabarDapat Penghargaan BKKBN Pusat, Jabar Terbaik dalam Pelayanan KB

Dapat Penghargaan BKKBN Pusat, Jabar Terbaik dalam Pelayanan KB

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Provinsi Jabar terbaik dalam pelayanan KB (Keluarga Berencana). Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya 2 penghargaan sekaligus dari BKKBN Pusat.

Pertama, Jawa Barat meraih juara 1 dalam kategori target pelayanan KB >75 ribu akseptor. Kedua meraih juara harapan 2 sebagai Provinsi terbaik dalam pelayanan KB sejuta akseptor pada Hari Keluarga Nasional ke 27.

Secara simbolis penghargaan tersebut diberikan kepada Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja melalui video conference di Gedung Sate, Bandung, Jumat (24/7/2020).

Dalam kesempatan itu, Setiawan menyatakan keberhasilan Jabar terbaik dalam pelayanan KB berkat kolaborasi dari semua pihak. Mulai dari Pemda, PKK hingga penyuluh keluarga berencana.  “Kolaborasi serta kerjasama adalah modal utama,” ungkapnya.

Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN Pusat menyatakan program KB mesti mendapat perhatian khusus. Supaya bisa menghadirkan keluarga yang berkualitas dan seimbangnya pertumbuhan penduduk. Target BKKBN Pusat pada 2024 mendatang, angka kesubururan total sebanyak 2,1 juta.

“Ada beberapa hal yang harus mendapatkan perhatian serius, yakni persentasi jumlah pasangan usia subur dengan memakai alat kontrasepsi,  targetkan kita 61 persen,” jelasnya.

Seluruh daerah diharapkan menyosialisasikan ‘dua anak sehat’, jarak kehamilan anak pertama dan kedua. Dikatakan Hasto, berbagai program BKKBN pusat akan berhasil ketika kaum milenial juga ikut mererapkannya.

“Dekati para milenial, didik sesuai dengan masanya. Untuk itu, kami dengan jingel baru, logo baru dan tag line baru itu merupakan karya para milenial,” tuturnya.

Dwi Listyawardani, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN menuturkan, penilaian berdasar pada sejumlah indikator telah dilakukan. Dua penghargaan yang menjadikan Jabar terbaik dalam pelayanan KB ini tercantum pada SK Kepala BKKBN Nomor 149/Kep/E1/2020 bertanggal 20 Juli 2020.

“Kamik ucapkan selamat atas kemenangan yang telah dicapai kepada yang terpilih. Semoga langkah kita dalam menyukseskan keluarga berencana terwujud dan berjalan dengan lancar. Demi terciptanya Indonesia maju,” pungkasnya. (R9/HR Online)

- Advertisment -