Jalan Penghubung Dua Desa di Pangandaran Diperbaiki Secara Swadaya

perbaikan Jalan Penghubung Dua Desa di Pangandaran
Perbaikan jalan penghubung dua desa yaitu Harumandala dan Desa Campaka, Kabupaten Pangandaran, yang rusak parah secara swadaya oleh warga. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-  Jalan penghubung dua desa yaitu Harumandala dan Campaka, Kabupaten Pangandaran, yang rusak parah diperbaiki secara swadaya oleh warga.

Pantauan HR Online di lokasi, masyarakat ramai-ramai memperbaiki jalan rusak tersebut, tujuannya agar lebih mudah dilalui kendaraan. Terutama untuk kendaraan roda empat.

Terlebih, jalan penghubung dua desa ini sering dilewati kendaraan pengangkut pakan sapi, yang lokasi peternakannya tak jauh dari jalan rusak itu.

“Jalan yang rusak itu tepat berada di perbatasan antara Desa Harumandara dan Desa Campaka. Kebetulan, di sekitar daerah itu ada peternakan sapi. Sehingga, para peternak sapi beserta masyarakat sekitar berinisiatif,” kata Sekretaris Asosiasi Peternak Sapi Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran, Nurhidayat, Rabu (29/7/2020).

Nurhidayat berharap, dengan diperbaikinya jalan penghubung dua desa yang rusak itu, tidak lagi menghambat kebutuhan peternak sapi.

“Dan aktifitas masyarakat menjadi lancar, sehingga tidak terhambat lagi. Ya, meski perbaikan jalan hanya sampai pengerasan saja,” ucapnya kepada HR Online.

Nurhidayat mengungkapkan, sebenarnya jalan antar desa ini pernah ada wacana akan dicor oleh pihak Desa Campaka. Namun, sampai saat ini belum juga terealisasi.

“Untuk itu, saya berharap agar secepatnya jalan itu diperbaiki. Sehingga aktivitas dan perekonomian masyarakat lebih maju dan meningkat,” ungkapnya.

Menurutnya, jalan penghubung dua desa ini merupakan jalan hidup dan cukup ramai oleh kendaraan baik roda dua atau empat.

“Karena kendaraan pengangkut hasil produksi tani masyarakat, seperti mengangkut kelapa, gula dan lainnya juga lewat jalan ini. Mengingat perbaikan yang dilakukan masyarakat hanya sifatnya hanya sementara,” pungkasnya. (Enceng/R5/HR-Online)

Loading...