Jenis Kain untuk Gamis Berkualitas dan Nyaman untuk Dikenakan

Jenis Kain untuk Gamis Berkualitas dan Nyaman untuk Dikenakan
Jenis Kain untuk Gamis. Foto Istimewa

Jenis kain untuk gamis beragam serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum membeli busana, alangkah baiknya jika mengetahui dulu jenis kain sebagai bahan dasarnya.

Banyaknya jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan pakaian, membuat bingung saat memilihnya. Sama seperti memilih baju lainnya, membeli gamis tidak boleh sembarangan.

Gamis merupakan busana wanita muslim yang memiliki desain panjang dan longgar. Sehingga memilih gamis harus disesuaikan dengan bahannya agar tetap nyaman saat dikenakan.

Desain gamis menutup seluruh badan, sehingga perlu memperhatikan jenis kain yang  nyaman digunakan. Apalagi saat ini dunia teknologi semakin maju.

Berbelanja bisa melalui toko online yang banyak beredar. Bagi anda yang biasa berlangganan via online, perlu lebih teliti dan jeli dalam pemilihan gamis. Membeli gamis via online tidak seperti membelinya secara offline.

Jangan biarkan baju yang anda beli tidak sesuai dengan kriteria. Oleh karena itu, mengetahui bahan pembuatan gamis akan sangat membantu mendapatkan gamis berkualitas.

Rekomendasi Jenis Kain untuk Gamis

Mengetahui bahan kain untuk pembuatan baju atau membelinya di online shop merupakan cara yang tepat. Masih banyak orang merasa kecewa saat membeli pakaian di online shop.

Terkadang deskripsi, foto, dan harga tidak sesuai dengan yang diinginkan. Apalagi untuk membeli gamis, anda butuh ketelitian. Namun, beda halnya jika anda mengetahui jenis bahan untuk pembuatan gamis.

Baca juga: Gamis Bahan Wollycrepe, Teksturnya Khas sebagai Kain Pilihan

Anda akan lebih mudah menentukan pilihan gamis yang diinginkan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi jenis kain untuk gamis, diantaranya:

Katun Toyobo

Saat ini permintaan gamis semakin banyak. Oleh sebab itu, pembuatannya semakin beragam dengan bahan berbeda. Salah satu rekomendasi bahan untuk gamis yaitu katun toyobo.

Belakangan ini gamis berbahan katun toyobo sangat digemari. Jenis kain yang satu ini memiliki karakter yang adem, nyaman di kulit, dan memiliki daya serap keringat cukup bagus.

Jenis Kain untuk Gamis Berkualitas
Kain Katun Toyobo

Jika dibanding dengan kain katun biasa, bahan ini lebih halus dan licin. Serat kain katun toyobo lebih rapat dan lembut. Sehingga sangat tepat jika dijadikan bahan pembuatan gamis dan hijab.

Ada dua macam jenis kain toyobo yang beredar di pasaran, yaitu toyobo original dan fodu. Jenis kain toyobo fodu memiliki karakteristik sama, namun lebih mengkilap dilihat dari jauh.

Balotelli

Jenis kain untuk gamis berikutnya yaitu balotelli. Kain yang satu ini memiliki serat yang sangat rapat sehingga tak akan menerawang ketika dipakai. Teksturnya juga kasar dengan garis yang memanjang atau bentuknya segiempat, lemas, serta jatuh.

Kain Balotelli

Meski bahannya tebal, namun kain ini ringan saat dipakai. Bahan balotelli sangat tepat digunakan untuk gamis atau abaya. Sehingga saat mengenakan gamis bahan balotelli, membuat pemakainya terlihat lebih elegan.

Baca juga: Model Gamis Batik Kombinasi Kain Polos Digunakan untuk Acara Formal

Kain ini memiliki beberapa tingkatan kualitas. Kualitas premium dimiliki balotelli ar-raihan atau grade A+, disusul grade A, lalu grade B dengan kualitas paling rendah. Dari segi warna, kain balotelli memiliki banyak warna pilihan.

Wollycrepe

Jenis crepe yang banyak digunakan untuk bahan gamis yaitu wollycrepe. Jenis kain untuk gamis ini memiliki tekstur lebih halus dan lembut dibanding jenis crepe lainnya.

Gamis diciptakan untuk menutup aurat sehingga tidak boleh dipilih bahan yang terawang. Begitu juga jenis ini memiliki kerapatan sehingga tidak terawang.

Kain Wollycrepe

Kelebihan yang dimiliki bahan ini yaitu seratnya lembut, terasa dingin, sehingga mampu menyerap keringat. Bahan wollycrepe warna terang biasanya ditambahkan furing untuk melapisi di dalamnya.

Bahan stretch mekaniknya jika ditarik akan kembali seperti semula sehingga tidak akan melar. Kelebihan yang lain, kain wolycrepe juga mudah dibentuk dan banyak pilihan warna yang soft.

Wolfis

Kain wolfis dibuat dari bahan polyester memberikan kesan dingin dan nyaman di kulit. Jenis kain untuk gamis ini mirip seperti balotelly. Namun, kenyataannya tekstur keduanya berbeda.

Kain Wolfis

Tekstur wolfis lebih lembut, lemas, dan tanpa motif yang khas di bagian permukaan. Sebagian besar wanita muslim lebih memilih gamis bahan wolfis karena kualitasnya bagus. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Mengetahui jenis kain untuk gamis mempermudah anda memilih busana yang berkualitas. Apalagi jika membelinya melalui online shop, anda akan merasa puas dan tidak tertipu. (R10/HR-Online)

Loading...