Jenis Sayuran untuk Bayi 6 Bulan dengan Nutrisi yang Terbaik

sayuran untuk bayi 6 bulan
Ilustrasi sayuran untuk bayi 6 bulan. Foto: Istimewa

Memilih jenis sayuran untuk bayi 6 bulan yang terbaik bisa jadi cukup membuat bingung para orang tua. Apalagi bayi memiliki sistem pencernaan yang masih sangat lemah sehingga perlu selektif memilih sayuran untuk bayi.

Sayuran adalah makanan yang wajib diberikan kepada bayi dan anak-anak. Dalam sayuran terkandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Manfaatnya akan menjauhkannya dari risiko penyakit berat seperti penyakit jantung dan kanker.

Untuk itu sebagai orang tua sudah seharusnya membiasakan anak-anak untuk makan sayuran untuk bayi 6 bulan selepas masa ASI eksklusif. Anda bisa mengenalkan jenis sayuran sebelum mengenalkan buah-buahan untuk bayi 6 bulan.

Tujuannya agar sumber nutrisi sayuran yang rasanya hambar dapat terekam dalam memori bayi. Apabila bayi dikenalkan rasa buah yang manis terlebih dahulu, biasanya akan menolak untuk memakan sayur yang diberikan belakangan.

Jenis Sayuran untuk Bayi 6 Bulan yang Umum Diberikan

Buat Anda yang ingin memberikan makanan terbaik untuk buah hati Anda, pilih sayuran yang kaya nutrisi. Nah, berikut ini beberapa jenis sayuran untuk bayi 6 bulan yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Sayuran Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya dengan kalsium dan asam folat. Di dalam 100 gram brokoli yang sudah dimasak mengandung 88 miligram kalsium dan 56 mikrogram asam folat.

Namun karena teksturnya yang agak keras sebaiknya saat memasak brokoli harus benar-benar sampai lunak. Sayuran ini juga harus dilumatkan ketika disajikan pada bayi.

Sayur Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran untuk bayi 6 bulan yang sangat baik. Sayuran ini tinggi dengan kandungan vitamin A dalam bentuk betakaroten, yaitu 1872 mikrogram/100 gram.

Selain itu, bayam juga banyak mengandung vitamin B, C, asam folat, mineral kalsium, mangan, fosfor dan zat besi. Karena itu bayam sangat penting untuk pembentukan otak bayi.

Sayuran Seledri

Seledri umum digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan, misalnya untuk membuat sup. Namun Anda bisa menjadikan sayuran untuk bayi ini sebagai campuran pada bubur atau nasi tim.

Meskipun biasa digunakan sebagai penambah cita rasa masakan, dalam seledri terkandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Dalam 100 gram seledri terkandung 50 mg kalsium dan 40 mg fosfor yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

Labu Siam

Labu siam merupakan jenis sayuran untuk bayi 6 bulan yang tinggi akan fosfor dan kalsium. Sayuran ini juga bisa dijadikan sebagai variasi makanan yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan gigi dan tulang anak.

Sayuran ini diketahui mengandung vitamin C, B kompleks, asam folat, niacin, ribolavin, thiamin, dan asam pantotenat. Labu juga kaya dengan kandungan zat besi, fosfor, seng, dan mangan yang penting untuk pertumbuhan bayi.

Buah Tomat

Tomat juga termasuk sayuran untuk bayi yang baik. Buah ini kaya vitamin C, yaitu 40 mg dalam 100 gram tomat. Tomat juga mengandung zat likopen yang bersifat antioksidan yang penting untuk imunitas tubuh.

Anda bisa mencampurkan buah sayuran ini dalam jus untuk bayi Anda. Anda juga bisa mencampurkan dengan sayuran lain di atas agar memberikan rasa yang lebih enak dan untuk variasi menu makan bayi.

Itulah beberapa pilihan sayuran untuk bayi 6 bulan yang sangat penting diberikan setelah bayi mulai dikurangi asupan ASI eksklusifnya. Memberikan variasi sayuran akan melengkapi kebutuhan bayi terhadap nutrisi. (R11/HR-Online)