Kamar Loteng Minimalis Anti Gerah yang Menginspirasi

Kamar Loteng Minimalis Anti Gerah yang Menginspirasi
Contoh Kamar Loteng Minimalis. Foto Istimewa

Kamar loteng minimalis menjadi salah satu inspirasi yang unik bila anda menginginkan sebuah kamar yang lain dari biasanya. Apakah saat ini loteng yang ada di rumah anda kosong?

Mengapa anda tidak mencoba menyulapnya menjadi sebuah kamar yang nyaman? Meskipun letaknya di atas dan dekat dengan atap, tetapi anda tetap bisa menciptakan kamar yang anti gerah dan nyaman.

Jadi, jangan biarkan loteng rumah hanya jadi gudang atau sarang tikus. Anda bisa mendesain kamar loteng dengan maksimal.

Tips Menciptakan Kamar Loteng Minimalis yang Nyaman

Saat anda mengubah loteng rumah menjadi sebuah kamar, dengan begitu fungsionalitas rumah juga akan semakin bertambah. Selain itu, anda juga bisa punya bentuk kamar yang unik.

Bentuk atap kamar akan memiliki tampilan yang mengerucut dan khas. Inilah yang jarang ditemui. Dengan begitu, akan semakin menambah estetika sebuah rumah.

Ketika anda ingin mendesain loteng menjadi sebuah kamar, pastinya memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Anda harus mengubah lantai loteng terlebih dahulu.

Sebab, tadinya alas kamar itu adalah langit-langit. Pastikan lantai kamar memiliki pondasi yang kuat. Perhatikan pula kenyamanan dan ventilasi udaranya agar tidak gerah dan pengap.

Baca Juga: Model Loteng Rumah Minimalis dan Fungsional Bikin Betah Penghuninya

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti ketika anda ingin menciptakan kamar loteng minimalis.

Atap dan Ventilasi

Pertama, anda harus memperhatikan ketinggian atap rumah ketika ingin membuat kamar loteng. Pastikan agar langit-langit atap loteng mempunyai batas kemiringan 50%.

Ini adalah ukuran standar saat anda ada di loteng dengan posisi berdiri. Selanjutnya perhatikan pula masalah ventilasi udaranya.

Kamar yang dibuat di bagian loteng akan memiliki udara yang panas. Ini karena lokasinya berada di bagian atas sebuah rumah.

Maka dari itu, untuk menyiasatinya anda bisa menggunakan genteng atap dengan bahan dasar alumunium foil. Sehingga bisa memantulkan kembali radiasi sinar matahari. Suhu ruangan juga akan lebih sejuk walaupun ketika siang hari udara panas.

Jendela Kamar

Karena bagian atas rumah punya udara yang panas, agar tidak gerah anda bisa membuat kamar dengan ventilasi yang baik di kamar loteng minimalis yang anda buat.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat jendela di kamar ini. Disamping berfungsi sebagai ventilasi udara, jendela juga dapat berfungsi sebagai sumber cahaya yang alami.

Pemilihan Tempat Tidur

Bila tinggi plafon loteng tidak terlalu tinggi, maka ukuran kamar juga tidak terlalu besar. Anda bisa mengakali hal tersebut dengan memilih tempat tidur yang tepat.

Anda bisa pilih tempat tidur tanpa ranjang. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan karpet untuk alas tempat tidur.

Tetapi bila anda ingin menggunakan ranjang, anda bisa pilih ranjang yang tidak terlalu tinggi agar kamar anda masih terkesan luas dan langit-langit kamar masih tetap tinggi.

Furniture Kamar

Posisi kamar yang berada di atas akan membuat anda kesulitan menempatkan berbagai furniture dengan ukuran besar. Disamping sulit saat ingin membawanya, anda juga akan kesulitan menatanya.

Penempatan furniture yang berukuran besar juga bisa membuat kamar loteng minimalis terasa sesak. Padahal anda ingin menciptakan kamar yang luas bukan?

Akan lebih baik bila anda menggunakan furniture dengan ukuran kecil dan multifungsi. Seperti kabinet susun yang bisa dipakai untuk menyimpan berbagai macam barang di kamar anda.

Pemilihan Warna Cat

Anda sudah percaya bukan bahwa loteng rumah dengan ukuran yang mungil pun bisa disulap menjadi kamar yang nyaman dan anti gerah. Salah satu trik yang bisa anda terapkan adalah dengan menggunakan cat dinding yang tepat.

Anda juga bisa memilih pelapis lantai dengan warna putih. Kemudian menyesuaikan furniture yang akan ditempatkan dengan luas ruangan kamar tidur.

Warna putih akan memberikan kesan yang terang, bersih, dan luas. Dengan demikian, kamar loteng minimalis di rumah anda tidak terkesan sesak.

Pencahayaan

Selain menggunakan jendela yang besar di kamar, anda juga bisa memberikan pencahayaan berupa lampu kamar. Anda bisa memilih lampu kamar yang memiliki nyala terang, namun tetap menghadirkan kesan sejuk.

Ini bertujuan agar kamar anda tidak panas dan anda tidak merasa gerah di dalamnya. Lampu kamar yang tepat juga bisa menerangi anda saat malam hari.

Agar kamar anda semakin sejuk, anda juga bisa menempatkan tempat tidur di dekat jendela. Ini supaya anda bisa mendapatkan angin segar dari luar.

Mulai sekarang, anda bisa memanfaatkan loteng rumah sebagai sebuah kamar yang nyaman. Ciptakan kreasi kamar loteng minimalis di rumah anda dengan mengikuti berbagai tips yang sudah disebutkan tadi. (R10/HR-Online)

Loading...