Kamar Mandi Kecil Minimalis, Desain Inspiratif Anti Pengap dan Suram

Kamar Mandi Kecil Minimalis, Desain Inspiratif Anti Pengap dan Suram
Contoh kamar mandi kecil minimalis. Foto Istimewa

Kamar mandi kecil minimalis yang nyaman pastinya menjadi idaman bagi setiap orang. Meskipun memang tidak mudah untuk menciptakan desain kamar mandi tersebut.

Jenis kamar mandi seperti ini memang sering diaplikasikan pada desain rumah minimalis. Tak dapat dipungkiri, ruang gerak yang ada di hunian mungil sangat terbatas.

Tetapi, meski tidak luas, bukan berarti ruangan seperti kamar mandi tidak bisa tampil nyaman dan mengesankan.

Kamar mandi yang kecil justru bisa terlihat lebih praktis. Sebab, kamar mandi akan lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga: Kamar Mandi Modern Sederhana Dengan Ukuran Kecil

Ide Desain Kamar Mandi Kecil Minimalis

Ruang kamar mandi ternyata dapat menjadi tempat yang rileks dan juga nyaman untuk penghuni rumah. Selain itu, salah satu ruang penting di rumah ini juga bisa terbebas dari kesan pengap dan suram.

Kenyamanan ini tentunya bisa anda wujudkan dengan mengaplikasikan desain kamar mandi yang pas. Berikut ini beberapa ide inspiratif yang bisa anda ikuti.

Menggunakan Tirai

Ketika anda memiliki ruang kamar mandi yang kecil, maka pemberian pembatas tidak disarankan. Apalagi pembatas seperti kaca di bagian shower.

Ini akan berakibat ruangan semakin sempit. Selain itu, ruang gerak anda juga menjadi terbatas. Salah satu cara untuk menyiasati kamar mandi kecil minimalis adalah dengan menggunakan tirai di bagian shower.

Anda bisa membuka tirai tersebut ketika tidak dipakai. Dengan demikian, akan memudahkan anda bergerak di kamar mandi yang kecil. Kamar mandi juga tidak terkesan pengap dan suram, justru akan terlihat lebih luas.

Kabinet yang Mengikuti Bentuk Ruangan

Anda bisa menyiasati ruang penyimpanan di kamar mandi dengan cara mudah berikut ini. Anda bisa membangun cabinet built-in di sisi kamar mandi.

Kabinet yang ada bisa dibagi menjadi dua tipe penyimpanan. Ada kabinet dengan rak terbuka untuk menyimpan barang-barang yang sering dipakai.

Rak terbuka ini bisa mempermudah anda menjangkau barang-barang yang dibutuhkan. Selanjutnya anda bisa membuat lemari kaca.

Lemari dengan pintu kaca ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan lainnya. Desain kamar mandi kecil minimalis seperti ini akan membuat ruangan terkesan luas dan tidak suram.

Menempatkan Wastafel Sudut

Kadangkala keberadaan meja wastafel bisa mengganggu jalur pergerakan anda di ruang kamar mandi. Salah satu tips terbaik adalah dengan menempatkannya di sudut ruangan.

Wastafel di sudut seberang kloset akan lebih baik bila dibandingkan dengan di seberang shower. Bisanya bukaan pintu kamar mandi akan menciptakan ketidaknyamanan saat berada di ruangan yang sempit.

Selain itu, anda juga bisa memilih meja wastafel tempel. Ini bisa memberikan kesan ruangan lebih lapang. Disamping bisa membuat kamar mandi lebih luas secara visual, meja yang menempel pada dinding juga bisa membebaskan ruang gerak anda.

Perabotan Berukuran Kecil dan Multifungsi

Kamar mandi kecil minimalis biasanya berukuran 2×3. Ukuran ini tentu saja sangat terbatas bagi sebuah kamar mandi.

Salah satu trik untuk menyiasati hal itu adalah dengan memilih berbagai perabotan kecil. Selain perabotan minimalis, perabotan multifungsi juga jadi pilihan tepat.

Anda dapat menggunakan kloset, tempat sampah, sampai wastafel yang memiliki ukuran kecil. Dengan begitu, kamar mandi anda tidak akan sesak dengan berbagai barang dan tetap nyaman.

Disamping mempertimbangkan penataan ruang yang tepat, anda juga harus memilih perabotan multifungsi. Bukan hanya itu saja, manfaatkan semaksimal mungkin area yang tersisa di kamar mandi kecil minimalis.

Pencahayaan Alami

Sebaiknya anda selalu memastikan agar kamar mandi anda mempunyai ventilasi dan juga pencahayaan alami yang baik. Khususnya di waktu siang hari.

Disamping itu, pakailah lampu yang cerah sebagai pencahayaan saat malam hari. Dengan demikian, ruangan akan terbebas dari pengap, lembab, dan juga kesan suram.

Selain pencahayaan alami, ventilasi udara juga sangat penting agar terhindar dari kepengapan. Salah satu cara yang bisa anda ikuti adalah dengan menggunakan bukaan berupa ventilasi atau kaca diatas plafon.

Bukaan ini juga menjadi sebuah sarana agar anda bisa menikmati view yang ada di area luar kamar mandi. Dengan begitu, anda bisa berelaksasi di kamar mandi kecil minimalis dengan nyaman. (R10/HR-Online)

Loading...