Kampung Cahaya Meriahkan HUT RI ke-75 di Kota Banjar

Kampung Cahaya meriahkan HUT RI ke-75 di Lingkungan Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Foto: Istimewa.
Kampung Cahaya meriahkan HUT RI ke-75 di Lingkungan Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Foto: Istimewa.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Kampung Cahaya meriahkan HUT RI ke-75 di Kota Banjar, Jawa Barat. Kampung Cahaya sengaja diciptakan oleh warga di Lingkungan Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, dalam rangka menyambut gebyar kemerdekaan RI ke-75.

Warga di lingkungan terebut menghiasi jalan kampung dengan ribuan lampu warna-warni. Bahkan, mereka juga membuat replika menara Eiffel setinggi 20 meter dengan hiasan pernak-pernik lampu berwarna. Suasana malam di lingkungan itu pun nampak meriah dan indah.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Abdurrohman, mengatakan, Kampung Cahaya merupakan hasil kreatifitas pemuda dan warga setempat.

Kampung Cahaya meriahkan HUT RI ke-75 di Lingkungan Awiluar, selain membuat kampung tersebut terlihat semarak saat malam hari, juga diharapkan warganya semakin bersinar. Baik dalam segi kehidupannya, dan juga maju perekonomiannya.

“Kami berharap kreatifitas Kampung Cahaya ini bisa memotivasi warga masyarakat, dan membawa kemajuan warga di lingkungan Situbatu,” harap Abdurrohman, kepada HR Online, Kamis (30/07/2020) malam.

Sementara itu, Lurah Situbatu, Budi Kuswandani, mengatakan, pihaknya sangat menyambut positif kreatifitas yang dilakukan oleh warganya, dalam menyambut HUT RI ke-75 tahun ini.

Menurutnya, pihak pemerintah kelurahan tetap berusaha mengajak warga untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Meskipun, gebyar tersebut dilakukan dengan partisipasi menghias lingkungan dan beberapa agenda sederhana, karena situasi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Kami tentu memberikan apresiasi atas kreatifitas dan kekompakan yang dilakukan warga dengan menciptakan Kampung Cahaya. Mudah-mudahan kekompakan warga kami tetap terpelihara dengan baik,” kata Budi, via sambungan telepon.

Kampung Cayaha Meriahkan HUT RI Ikut Kontes Tingkat Provinsi

Budi juga mengatakan, sebagai bentuk apresiasi kreatifitas warga, pihak pemerintah kelurahan bermaksud mengadakan kegiatan yang meminimalisir kerumunan warga. Seperti penilaian semarak Agustusan antar RW, penilaian Poskamling, dan penilaian tertib Buku Admisistrasi RT/RW.

“Saat ini kami juga sedang fokus untuk mempersiapkan lomba pelaksana terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Tingkat Provinsi Jawa Barat. Lomba tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2020 mendatang,” terangnya.

Dalam perlombaan tingkat provinsi itu, nantinya Kelurahan Situbatu akan mewakili Kota Banjar bersaing dengan Kota Sukabumi, Cimahi, dan Kota Bandung.

“Untuk tempat perlombaannya di Aula Kelurahan Situbatu. Do’akan saja semoga kami mendapatkan prestasi terbaik di tingkat provinsi,” harap Budi. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Loading...