Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli, 500 Ribu Kuota Disiapkan

Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka
Kartu Pra kerja gelombang 4 dibuka akhir juli, 500 ribu kuota disiapkan. Foto:Ist/Net

Kartu pra kerja gelombang 4 dibuka akhir Juli 2020. Pemerintah menyiapkan kuota 500 ribu peserta pada pendaftaran batch 4 ini.

Seperti diketahui, program kartu pra kerja terhenti hampir 2 bulan lamanya. Terakhir, pendaftaran pra kerja gelombang 3 ditutup tanggal 30 Mei 2020.

Setelah itu, program andalan Jokowi tersebut tak kunjung dilanjutkan. Alasanya, pihak PMO Kartu Pra Kerja masih menunggu hasil evaluasi kartu pra keraj gelombang 1, 2 dan 3 yang dilakukan oleh lembaga pengawas dan komite pra kerja.

Namun, kabar baik kini datang. Kartu pra kerja gelombang 4 dibuka akhir Juli. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Susiwijono Moegiarso, Senin (13/7/2020) lalu.

Tak tanggung-tanggung, pada pendaftaran gelombang 4 ini, pemerintah menyiapkan kuota 500 ribu peserta yang akan diterima.

“Kita harap batch 4 ini bisa segera dibuka pada akhir Juli. Kuotanya, mudah-mudahan sampai 500 ribu peserta,” ujar Susiwijono.

Baca Juga: Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Dapatkan Insentif Rp3,5 Juta

Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka Juli, Ini yang Akan Diprioritaskan

Meski kartu pra kerja gelombang 4 dibuka akhir Juli, pemerintah bakal memprioritaskan kalangan tertentu yang akan diterima dalam program kartu pra kerja ini. Mereka adalah para pekerja masuk dalam daftar di Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker, Bambang Satrio Lelono mengatakan, beberapa kriteria lain akan diprioritaskan untuk menjadi peserta pra kerja gelombang 4.

Pihaknya akan memprioritaskan para pekerja yang terdampak Covid-19 yang terkena PHK. Maka dari itu, Kementerian Ketenagakerjaan akan melakukan kordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi dan BPJS Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, saat ini ada 3 juta pekerja yang di PHK lantaran perusahaan tempat bekerjanya terdampak Covid-19. Banyak juga pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.

Dari data tersebut, yang sudah lengkap data berdasarkan by name by addres sekitar 1,7 juta orang, sisanya masih di verifikasi ulang. Pihaknya meminta masyarakat sabar, karena rencananya kartu pra kerja gelombang 4 dibuka akhir Juli 2020.

Baca Juga: Login di www.prakerja.go.id untuk Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4

Bagaimana Cara Daftar Kartu Pra Kerja?

Bagi anda yang ingin ikut daftar kartu pra kerja, anda harus tahu dulu cara pendaftarannya. Daftar kartu pra kerja tak mesti pakai PC atau laptop, memakain smartphone juga bisa dilakukan. Berikut kami akan jelaskan bagaimana cara daftar kartu pra kerja agar kamu lolos:

1. Buat Akun Kartu Pra Kerja

Sebelum melakukan pendaftaran kartu pra kerja, langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah membuat akun kartu pra kerja. Akun pra kerja bisa dibuat dengan menggunakan alamat email. Caranya sebagai berikut ini:

– Masuk ke www.prakerja.go.id

– Kemudian klik Daftar Sekarang

– Masukan identitas lengkap diri sesuai KTP, masukan juga alamat email dan passwordnya

– Apabila sudah beres atau selesai, cek email untuk melakukan konfirmasi akun

– Jika konfirmasi akun berhasil, kamu mesti masuk lagi ke www.prakerja.go.id.

Kartu pra kerja gelombang 4 dibuka akhir Juli, berikut cara daftarnya.

2. Pendaftaraan Kartu Pra Kerja

– Pastikan dulu kamu telah memiliki akun pra kerja, lalu masuk ke www.prakerja.go.id

– Pillih login lalu masukan alamat email beserta passwordnya

– Lalu isi verifikasi KTP

– Kemudian masukan identitas diri sesuai dengan KTP

– Langkah selanjutnya, unggah foto KTP dan Foto selfie kamu yang sedang pegang KTP

– Langkah terakhir yakni verifikasi nomor telepon. Masukan nomor HP/telepon, lalu tunggu sampai ada SMS kode OTP. Sesudah menerima kode OTP, masukan kode tersebut ke kolom verifikasi nomor telepon.

3. Ikuti Tes Kompetensi

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya yang harus kamu ikuti yakni mengikuti tes kompetensi keahlian atau kemampuan dasar. Ada sebanyak 18 soal yang harus kamu isi atau jawab dalam waktu 25 menit. Jika sudah selesai, tunggu notifikasi atau pemberitahuan yang akan menyatakan kamu lolos atau tidaknya.

4. Ikuti Pelatihan

Jika kamu dinyatakan lolos dan berhak menjadi peserta kartu pra kerja, kamu harus mengikuti pelatihan keterampilan, agar insentif kartu pra kerja kamu cair. Selain dapat uang insentif, kamu juga berhak mendapat sertifikat pelatihan elektronik. Total insentif yang akan diterima yakni uang senilai total Rp3.550.000.

Rinciannya Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif peserta akan diberikan 4 bulan perbulannya Rp 600 ribu, dan Rp 150 ribu untuk 3 kali survei kebekerjaan.

Nah itulah informasi tentang kartu pra kerja. Kartu pra kerja gelombang 4 akan dibuka akhir April. Persiapkan diri kamu dari sekarang, agar berhasil dan dapatkan insentifnya. (Jujang/R8/HR Online)