Kelabang Berkaki Panjang, Musuh Alami Kecoa Paling Ampuh

Kelabang Berkaki Panjang
Kelabang Berkaki Panjang yang merupakan musuh alami kecoa. Foto: Net/Ist

Kelabang berkaki panjang seringkali menjadi korban dari paranoid manusia. Kelabang berkaki ini seringkali dibunuh meskipun sebenarnya cukup membantu.

Pada habitatnya hewan ini merupakan musuh alami kecoa dan pada dasarnya tidak berbahaya untuk manusia, meskipun memiliki kelenjar racun.

Racun yang dimilikinya tidak mematikan, seperti racun yang ada pada kaki depannya saja tidak kuat untuk melukai kulit manusia.

Hanya saja, tidak semua jenis lipan ini bisa membantu manusia, karena banyak spesies dan ada sebagian yang berbahaya.

Namun, karena banyak orang tidak mengetahui satu spesies ini, sehingga keberadaannya dianggap berbahaya juga karena bentuknya yang menakutkan.

Baca juga: Anjing Spesies Baru di Papua Mirip Rubah dan Tak Bisa Menggonggong

Spesies Kelabang Berkaki Panjang

Dalam bahasa ilmiah spesies lipan jenis ini bernama Scutigeromorpha, adalah salah satu tingkat ordo pada klasifikasi ilmiah kelabang.

Pada umumnya, spesies jenis ini memiliki kaki berjumlah 30 atau 15 pasang dan berukuran lebih panjang dari jenis yang lainnya.

Scutigeromorpha masih terbagi menjadi tiga lagi, hanya saja yang menjadi musuh alami kecoa adalah jenis kelabang rumah atau Scutigera Coleoptrata.

Ukuran tubuhnya kecil yaitu maksimum 6 cm dan bisa hidup maksimum 5 tahun.  selama itu Ia mengalami masa berkembang biak sepanjang tahun pada musim semi dengan cara bertelur.

Hewan yang sering berada di sekitaran rumah ini merupakan jenis makhluk nokturnal atau yang hidup di malam hari.

Makanan utamanya adalah hewan yang berada di tanah dan hewan yang berada di tempat lembab, oleh karenanya kecoa merupakan musuh alaminya.

Baca juga: Larva Ikan Mola Alexandrini, Larva Super Kecil dari Seekor Ikan Raksasa

Musuh Alami Kecoa dan Hama Kecil

Kelabang berkaki panjang merupakan pemburu yang cekatan dalam medan apapun, baik lantai ataupun pada dinding rumah.

Karena tubuhnya yang kecil dan ringan ditambah kakinya yang panjang membuatnya bisa bergerak dengan cepat hingga kecepatan 40 cm per detik.

Salah satu keahlian lainnya yang membuatnya bisa bergerak cepat adalah mampu mengatur gerak serta panjang kakinya, sehingga meskipun cepat mereka tidak pernah tersangkut.

Kecepatan ini tentunya melebihi kecoa, oleh karena itu hewan ini sangat ampuh mengusir dan mengurangi kecoa di rumah.

Selain itu, kelabang berkaki panjang juga memangsa hama kecil lainnya seperti rayap, kutu kertas dan banyak lagi, oleh karena itu dianjurkan untuk tidak membunuhnya ketika ditemukan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...