Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaArtikelKelebihan Google Meet untuk Konferensi Video Lebih Aman

Kelebihan Google Meet untuk Konferensi Video Lebih Aman

Kelebihan Google meet didasarkan terhadap fitur-fitur dimilikinya sejak awal diluncurkan. Kelebihan Google sendiri memiliki layanan komunikasi video dengan beragam pilihan.

Sebelumnya, Google memiliki dua layanan komunikasi yaitu hangouts dan chat yang kemudian dikembangkan menjadi layanan yang dapat digunakan untuk video converence.

Sementara itu, hangouts sebagai pendahulunya telah resmi dihapus pada bulan Oktober 2019 yang lalu dan sudah tidak bisa digunakan lagi.

Seperti malu-malu, awalnya Google Meet diluncurkan secara diam-diam dan hanya diterbitkan untuk para pengguna iOS saja.

Sampai pada Februari 2017 layanan komunikasi video ini resmi diluncurkan untuk semua sistem operasi termasuk untuk Android.

Pada masa pendemi corona, Goole Meet menjadi salah satu layanan pertemuan virtual yang diminati banyak orang selain dari zoom dan skype.

Baca juga: Fitur Baru Di Google Meet yang Perlu Diketahui

Kelebihan Google Meet

Adanya layanan baru tentu membawa fitur-fitur dan keunggulan baru yang dapat membantu penggunanya baik perorangan atau bahkan perusahaan.

Lantas apa saja keunggulannya sehingga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan, berikut ini beberapa fitur dan kelebihannya.

1. Kapasitas Peserta dan Penonton Live

Kapasitas peserta biasanya menjadi salah satu tolak ukur penting bagi perusahaan atau komunitas untuk memilih layanan konferensi video online.

Hal ini tentu menjadi pertimbangan dari Google dalam menciptakan layannannya, yaitu seberapa banyak peserta dapat ditampung dalam satu pertemuan.

Dalam hal ini, Google meet memiliki kapasitas dasar peserta yang dapat ditampung sebanyak 25 orang, untuk selebihnya terdapat layanan khusus dengan pembagian tertentu.

Salah satu kelebihan Google Meet sendiri adalah mampu menampung maksimal 250 orang dalam satu rapat online dan membangikannya secara streaming kepada 100 ribu orang.

2. Kemudahan Penggunaan pada Sistem

Selanjutnya, dapat digunakan dalam sistem oprasi apapun dari mulai Dekstop, Android ataupun iOS.

Selain itu juga memiliki kemampuan terintegrasi antara layanan web dengan aplikasi yang digunakan melalui smartphone.

3. Penggunaan nomor dial-in

Penggunaan nomor dial-in ketika melakukan rapat online menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki layanan dari Google ini.

Terdapat dua jenis pengamanan untuk penggunaan nomor dial-in, yaitu pengamanan standar pada versi gratis dan perlindungan sandi pengguna pada versi G Suite Enterprise.

Namun, secara umum pengamanan yang ada dilakukan melalui sistem enkripsi terhadap semua pengguna yang melakukan panggilan.

4. Integrasi Google Calendar dan AI

Kelebihan Google Meet bagi perusahaan, instansi atau komunitas, sistem yang terintegrasi dengan Gogle calendar akan semakin memudahkan melakukan rapat online.

Karena dengan layanan ini, pengguna dapat melakukan panggilan rapat satu kali klik sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Kemudian sistem yang terintegrasi dengan kecanggihan Artificial Intelegence membuat Google meet mampu menghasilkan teks tertutup yang dapat dimanfaatkan saat rapat.

5. Berbagai Layar untuk Rapat

Penggunaan layanan pertemuan virtual tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan, pengguna individu dengan perusahaan dan atau komunitas tentu berbeda.

Dengan salah satu kelebihannyaini, semua kebutuhan yang sesuai dapat terpenuhi, seperti melalui layar pertemuan yang dapat menyajikan berbagai hal.

Penggunaan layar dapat disesuaikan untuk kebutuhan persentasi, berbagi dokumen ataupun spreadsheet.

Baca juga: Aplikasi Google Meet, Konferensi Rapat Online Gratis

Paket Layanan Google Meet

Jika Anda sebelumnya terbiasa menggunakan hangouts, tentunya semua fitur yang ada bisa dinikmati secara gratis.

Berbeda dengan fitur ini, terdapat paket yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari paket gratis hingga berbayar, berikut ini pilihannya.

1. Paket Gratis

Kelebihan Google Meet paket gratis cocok untuk para pengguna individu atau komunitas kecil. Kapasitas yang disediakan pada layanan gratis adalah 25 orang dalam 1 kali pertemuan.

2. Paket G-Suite Basic

Paket selanjutnya sebagai paket standar mengharuskan pengguna membayar untuk bisa mendapatkan kelebihannya yang cocok untuk pertemuan yang lebih besar.

Salah satu kelebihan menggunakan paket G-Suite Basic adalah kapasitas peserta yang mencapai 100 orang dengan mengeluarkan biaya bulanan sebesar 6 dollar AS.

3. Paket G-Suite

Kemudian paket G-Suite dengan kelebihan kapasitas peserta hingga 150 orang dalam satu pertemuan online.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan fitur ini sebesar 12 dollar AS atau sekitar Rp 186.000 per bulan, dan akan sesuai dengan kebutuhan rapat online besar.

4. Paket G-Suite Enterprise

Paket yang terakhir ini memberikan berbagai keleluasaan penggunanya untuk menikmati berbagai layanan dalam melakukan rapat online.

Seperti dari sisi kapasitas yang peserta yang mencapai 250 orang untuk berkomunikasi dan 100.000 orang penonton secara live streaming.

Selanjutnya kemampuan untuk menyimpan rekaman pertemuan ke dalam Google drive secara gratis serta fitur lainnya dengan leluasa.

Budget yang harus dikeluarkan untuk menikmati layanan ini sebesar 25 dollar AS atau kisaran Rp 388.000 per bulannya.

Itulah kelebihan Google meet yang dapat pengguna nikmati ketika melakukan pertemuan atau rapat secara virtual menggunakan layanan milik Google tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru