Miliki 60 Kolam Ikan, Kelompok Mina Rahayu Banjar Panen Lele Bantuan Pemerintah

Miliki 60 Kolam Ikan, Kelompok Mina Rahayu Banjar Panen Lele Bantuan Pemerintah
Kolam ikan yang digunakan untuk pembibitan lele milik Kelompok Perikanan Mina Rahayu di Lingkungan Jelat, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto: Hendra Irawan/HR

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Kelompok Perikanan Mina Rahayu yang berada di Lingkungan Jelat, tepatnya di RT. 02, RW. 04, Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, saat ini sudah memiliki sekitar 60 kolam ikan.

Kolam-kolam tersebut digunakan untuk pembibitan ikan lele bantuan pemerintah.

Ketua Kelompok Perikanan Mina Rahayu, Nono Sutanda, mengatakan, saat ini kelompoknya beranggotakan sekitar 42 orang.

Mereka kebanyakan warga lingkungan RW setempat, namun ada juga beberapa warga dari luar.

“Allhamdulillah, lele jenis priangan bantuan dari pemerintah itu sekarang sudah bisa panen sebanyak tiga kali. Kemarin juga kami mendapatkan kembali bibit ikan mujaer sebanyak 25 ribu bibit,” terang Nono, kepada Koran HR melalui telepon selulernya, Selasa (07/07/2020).

Ia juga mengatakan, sebanyak 25 ribu bibit ikan mujaer dengan ukuran sebesar jarum itu nantinya akan disebar kepada seluruh anggota kelompoknya untuk diternakan.

Sebelumnya, Kelompok Perikanan Mina Rahayu juga sudah menerima bibit ikan gurame dari pemerintah. Pihaknya berharap kelompoknya ini bisa menjadi salah satu paguyuban perikanan terbesar di Kota Banjar.

Nono menambahkan, kelompoknya memiliki kolam ikan yang dibangun di atas tanah seluas 7.000 meter persegi. Tanah tersebut milik H. Nana Surja. Dari tanah seluas itu, 100 meter perseginya merupakan tanah yang diwakafkan kepada warga RW. 04 untuk pembangunan sarana peribadatan, dan pembelajaran. (HND/Koran HR)