Kelompok Perikanan Marga Putra di Kalipucang Pangandaran Produksi Dedak Halus

Kelompok Perikanan Marga Putra memproduksi dedak untuk pakan ternak. Foto: Entang SR/HR.
Kelompok Perikanan Marga Putra memproduksi dedak untuk pakan ternak. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kelompok Perikanan Marga Putra memproduksi dedak untuk pakan ternak. Kelompok perikanan tersebut berada di Desa Banjarharja, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Ketua Kelompok Perikanan Marga Putra, Homsin, saat ditemui HR Online, mengatakan, usaha tersebut merupakan terobosan baru yang dilakukan kelompoknya. Tujuannya untuk mengatasi perekonomian di masa pendemi Covid-19.

“Membuat terobosan serta inovasi baru ini merupakan salah satu pekerjaan sampingan untuk para anggota kelompok. Karena, dedak lembut yang diproduksi ini bisa dijual kepada warga yang membutuhkan untuk pakan ternak. Baik ayam, burung, sapi, dan lainnya,” terang Homsin, Rabu (29/07/2020).

Baca Juga : Kelompok Tani di Pangandaran Dapat Bantuan 20 Mesin Perontok Padi

Kelompok ini memproduksi dedak halus dengan memanfaatkan kulit padi, atau merang yang diproses dengan cara digiling hingga halus. Setiap harinya bisa memproduksi dedak halus antara 6 kwintal sampai 8 kwintal.

Kemudian setelah jadi, dijual kepada warga, juga ke Pasar Kalipucang dan Pasar Pangandaran. Untuk 1 kilogram dedak halus dijual ke pasaran dengan harga antara Rp 1.200-Rp 1.700.

Kelompok perikanan ini sudah berdiri selama 3 tahun, para anggotanya berharap adanya bantuan dari Pemerintah Pangandaran. Terutama permodalan untuk penguatan pengembangan usaha. (Nntang/R3/HR-Online)