Konsep Dapur Terbuka Hadirkan Nuansa Lebih Nyaman Saat Memasak

Konsep Dapur Terbuka Hadirkan Nuansa Lebih Nyaman Saat Memasak
Contoh konsep dapur terbuka. Foto Istimewa

Konsep dapur terbuka seringkali dipilih bagi mereka yang memiliki hunian minimalis. Pemilihan konsep ini bukannya tanpa alasan.

Konsep seperti ini memang dapat membuat hunian akan terasa lebih luas dan juga terkesan lapang. Dengan begitu, aktivitas anda saat memasak akan terasa menyenangkan, nyaman, dan tidak sumpek.

Selama anda tahu bagaimana cara menata dapur terbuka yang ada di rumah anda. Dengan demikian, anda bisa membuat dapur menjadi tempat masak yang nyaman dan memiliki desain yang unik.

Bila anda memiliki budget yang terbatas, pemilihan dapur terbuka menjadi salah satu solusi yang sangat tepat. Anda bisa fokus pada desain dan memaksimalkan fungsi dapur yang dibutuhkan.

Baca Juga: Inspirasi Dapur Cantik dengan Kitchen Set Minimalis

Cara Menciptakan Konsep Dapur Terbuka yang Nyaman

Bila saat ini anda sedang bingung bagaimana cara untuk menata dapur yang menerapkan ide terbuka, berikut ini ada beberapa panduan yang bisa menginspirasi anda.

Anda tak perlu menguras tabungan. Hadirkan dapur terbuka sederhana di dalam hunian anda. Dengan begitu, tampilan dapur anda akan unik dan menarik perhatian meski minim budget.

Menggunakan Furniture Dapur Terbuka Multifungsi

Ketika anda memilih furniture yang akan digunakan di dapur terbuka, anda akan lebih baik mengutamakan kedua hal ini. Kualitas dan fungsi maksimalnya.

Bukan hanya berguna dalam menghemat pengeluaran, akan tetapi saat anda memilih furniture multifungsi, maka ini akan lebih bersahabat untuk tabungan anda.

Sebab, memilih furniture multifungsi untuk konsep dapur terbuka sangat menguntungkan. Selain berguna saat memasak di dapur, juga bisa dipakai untuk kebutuhan lain seperti sebagai ruang penyimpanan.

Misalnya saja furniture meja dapur dengan rak penyimpanan. Furniture ini juga bisa beralih fungsi sebagai meja makan kecil yang sangat manis.

Memperhatikan Posisi Dapur

Dapur yang mengusung konsep open kitchen bebas untuk anda tempatkan dimana saja. Akan tetapi, biasanya orang akan memilih dapur yang dekat dengan ruang keluarga atau ruang tamu.

Penempatan dapur yang ada di sekitar area tersebut biasanya tidak dibatasi dengan sekat permanen atau tembok. Hal ini bertujuan agar dapur dengan ruangan lain bisa terkesan menyatu.

Memasang Penghisap Asap

Biasanya dapur terbuka yang berhubungan dengan ruangan lain membuat asapnya lebih rentan menyebar. Sehingga ruangan lainnya akan pengap dan menimbulkan berbagai aroma dari dapur.

Oleh sebab itu, bila anda menerapkan konsep dapur terbuka di dalam rumah, anda harus memasang cooker hood atau alat penghisap asap.

Perangkat ini bisa menyerap asap yang dihasilkan saat proses memasak di dapur. Dengan demikian, dapur serta ruangan lain di dalam rumah bebas bau asap.

Membuat Dapur Terbuka di Belakang Rumah

Biasanya dapur menjadi area paling belakang dari sebuah rumah. Tak jarang, dapur bisa langsung berhadapan atau menyatu dengan halaman belakang.

Anda dapat menerapkan dapur di area terbuka yang menyatu dengan halaman belakang. Ini pasti bisa menciptakan pengalaman memasak yang lebih segar.

Desain dapur luar yang ada di belakang rumah ini cocok untuk anda yang punya rumah dengan lahan sempit.

Bahkan konsep dapur terbuka seperti ini membuat anda bebas berkreasi. Anda bisa menempatkan meja makan di halaman belakang.

Berikan tambahan dekorasi berbagai pot bunga serta taplak meja. Dengan begitu, meski di rumah, anda akan seperti sedang piknik di kebun.

Menerapkan Teknik DIY dengan Bahan Bermutu

Ini menjadi kesempatan bagi anda untuk mempraktekkan seperti apa keahlian DIY anda. Dengan desain dapur terbuka yang diusung, anda bisa berkreasi sebebas mungkin.

Lain dari rak dengan bentuk kabinet yang tertutup. Atau memerlukan presisi serta teknik pembuatan furniture yang cukup rumit.

Konsep dapur terbuka hanya perlu mengutamakan penempatan rak dinding. Rak tersebut bisa terbuat dari papan kayu dan disangga dengan besi siku. 

Menempatkan Rak Secara Vertikal

Dapur yang terbuka lebih mengutamakan penampilan yang cenderung luas dan lapang. Khususnya bagi area langit-langit dapur.

Agar bisa menarik perhatian dan memberikan ilusi ruangan vertikal yang cukup luas, anda bisa memasang rak dinding dengan gaya industrial.

Desain rak ini cocok ditempatkan di area vertikal yang ada di ruang dapur. Rak ini bisa menambah ruang penyimpanan.

Selain itu, konsep dapur terbuka seperti ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Tanpa harus menguras biaya berlebih. (R10/HR-Online)