Konsep Dapur Tipe 36, Pilihan Tepat untuk Keluarga Modern

Konsep Dapur Tipe 36 Pilihan Tepat untuk Keluarga Modern
Konsep Dapur Tipe 36. Foto Istimewa

Konsep dapur tipe 36 sering menjadi pilihan bagi keluarga modern yang memiliki rumah minimalis. Seperti yang diketahui, saat ini harga tanah cenderung mahal.

Dengan begitu, banyak keluarga kecil yang lebih memilih rumah tipe 36. Meski demikian, ukuran rumah yang kecil tak berarti menjadi penghalang bagi anda.

Terutama bisa memiliki dapur minimalis yang tren dan kekinian. Sebab, pada kenyataannya sudah banyak tipe dapur minimalis yang dapat membuat para ibu rumah tangga terpesona.

Desain dapur minimalis pada rumah yang mengusung tipe 36 ternyata bisa membuat penampilan dapur terlihat simpel. Selain itu, dapur juga terlihat lebih modern dan elegan.

Ketika anda ingin menciptakan dapur seperti ini, maka dibutuhkan penataan ruang sebagai kunci utamanya.

Anda bukan cuma perlu mempertimbangkan pemilihan model furniture saja. Akan tetapi, anda juga perlu memikirkan seperti apa peletakan dengan tepat. Supaya dapur anda yang kecil tidak terasa sesak.

Menciptakan Konsep Dapur Tipe 36 di Rumah Anda

Meski memang proses ini gampang-gampang susah, akan tetapi menciptakan desain dapur yang menggunakan konsep minimalis pada rumah tipe 36 sangat menarik.

Sebab, ini bisa membuat anda merasa semakin betah memasak di dapur. Di bawah ini ada beberapa inspirasi dapur yang bisa anda terapkan pada rumah tipe 36 yang anda miliki.

Dapur Model Letter L

Anda bisa memilih menggunakan model dapur letter L dalam mengatasi sempitnya ruangan. Desain dapur seperti ini bisa menampilkan permukaan meja dapur yang ada di atas kabinet dan terbagi dalam dua bagian.

Baca Juga: Rumah Minimalis Type 36 dengan Konsep dan Desain Modern

Sisi meja dapur yang satu ada kompor. Sementara sisi meja yang lainnya ada tempat untuk mencuci piring, Salah satu hal unik dari kedua sisi tersebut adalah bisa anda gunakan sebagai tempat menyiapkan hidangan lezat.

Anda bisa menerapkan konsep dapur tipe 36 ini. Gunakan kitchen set yang memiliki model vertikal tinggi. Sehingga anda bisa menyimpan semua peralatan memasak dan peralatan makan anda.

Selain itu, anda juga masih bisa menambahkan rak dinding agar dapat meletakkan pajangan hiasan. Atau mungkin berbagai bumbu dapur yang sering dipakai.

Hal ini bisa membuat anda lebih mudah dalam proses memasak. Selain itu, dapur yang kecil juga tetap terlihat rapi, modern, dan tidak sempit.

Dapur Sudut yang Terlihat Anggun

Salah satu contoh desain dapur yang mengusung konsep minimalis untuk rumah tipe 36 adalah dapur sudut. Anda tak perlu terlalu ribet dalam mendesainnya.

Baca Juga: Dapur Minimalis dengan Wastafel Berbagai Gaya yang Menarik

Anda hanya menggunakan seperangkat panel kabinet di bagian bawah. Anda bisa memilih berbagai macam warna yang cantik. Padukan warna dasar dengan countertop dengan motif kayu.

Berbagai pilihan warna tersebut, bisa membuat penampilan konsep dapur tipe 36 anda semakin anggun. Sebab, semua ruangan akan menerapkan berbagai warna cerah yang dominan.

Poin fokusnya berada di bagian sudut. Dimana akan ada rak susun bertingkat yang mengisi ruang tersebut nantinya.

Dapur Menghadap Jendela atau Letter U

Anda bisa mencoba untuk menciptakan desain dapur minimalis. Dimana salah satu sisinya berbatasan secara langsung dengan jendela dan menghadap ke taman.

Baca Juga: Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas, Hemat Budget

Umumnya, desain dapur minimalis seperti ini memiliki bentuk letter U. Sirkulasi udara yang ada di dapur akan lebih baik.

Sebab, aroma masakan atau asap yang menyengat bisa langsung keluar lewat jendela dapur. Disamping itu, konsep dapur tipe 36 ini membuat anda lebih mudah saat memasak. Sebab, semua sisi dapur ada di dekat anda.

Dapur yang Menyatu dengan Ruang Makan

Sebaiknya jangan buat desain dapur anda tertutup. Akan lebih baik bila anda menggabungkan desain dapur dengan ruangan lain, misalnya ruang makan.

Dengan tidak adanya sekat antara dapur dan ruang makan ini, bisa menciptakan ilusi ruang yang luas. Agar tampilannya tidak terkesan monoton, anda bisa memadukannya dengan unsur kayu. Seperti meja makan kayu, kursi kayu, dan lantai dengan motif kayu.

Dapur di Bawah Tangga

Bila anda memiliki rumah tingkat, maka anda bisa menerapkan konsep dapur tipe 36 dengan posisi di bawah tangga. Ini bisa jadi solusi tepat dalam menghemat ruangan.

Mungkin bila anda hanya menggunakan area bawah tanah saja tidak cukup. Apalagi bila anda ingin meletakkan kompor dan tempat cuci piring.

Oleh sebab itu, anda bisa menyiasati hal tersebut dengan menambah mini bar di bagian depan kompor. Mini bar tersebut bisa dijadikan sebagai tempat cuci piring.

Dengan demikian, dapur sempit dan minimalis tetap akan terkesan luas. Anda pun bisa menciptakan konsep dapur tipe 36 yang nyaman dan bikin betah masak di dapur. (R10/HR-Online)